Honda tidak terlalu ingin membuat stasiun baru-wagon, tetapi mencoba sesuatu yang berbeda: kendaraan rekreasi tinggi. Nama segmen pasar crossover tidak ditemukan pada tahun 1998 ketika Honda memperkenalkan HR-V, sebuah kendaraan yang dibangun di atas platform kendaraan kecil. Itu memperluas wheelbase-nya, menempatkan tubuh yang berbeda di atasnya, dan model baru siap untuk mencapai pasar. Keberhasilannya instan karena biaya operasional yang rendah, posisi tempat duduk yang tinggi, dan opsi 4x4. Pada awalnya, itu hanya tersedia dalam versi 3 pintu. Pada tahun 2002, Honda memperkenalkan versi yang segar. Desainer Honda membayangkan bentuk yang menarik untuk lampu depan, dengan bentuk semi-melingkar kembar di bagian bawah, yang memotong jalan mereka melalui bagian atas bumper. Ada lubang kecil di antara mereka untuk coo mesin, tetapi gril yang lebih besar sedang berlangsung, bagian bawah bumper, antara dua lampu kabut baru. Untuk rumah kaca, Honda mencoba campuran antara gerobak stasiun dan hatchback. Dengan kaca depan yang disapu dan apung, ekor vertikal, hasilnya baik dan membentuk interior yang luas. Di belakang, lampu belakang yang dipasang secara vertikal menyerupai yang dipasang di Honda CR-V. Versi tiga pintu lebih pendek sebanyak 110 mm (4.3 ") daripada saudara perempuannya. Di dalam, sisi vertikal mobil dan pintu tipis dan panel interior meninggalkan ruang yang cukup untuk lima penumpang dewasa, tetapi sebagian besar versi menawarkan empat kursi sejak itu Hanya ada dua sabuk pengaman di belakang. Bangku belakang lipat dan memiringkan bisa meningkatkan area bagasi saat dibutuhkan. Di bawah kap, Honda menawarkan HR-V dengan pilihan dua mesin. Keduanya adalah 1,6 liter Perpindahan tetapi memberikan daya output yang berbeda. Crossover Jepang menampilkan penggerak roda depan atau sistem all-wheel-drive.