Agar memenuhi syarat sebagai mobil balap untuk kategori tertentu, mobil harus diproduksi dalam jumlah unit tertentu. Inilah sebabnya mengapa Maserati menghasilkan versi seri versi balap dari Maserati MC12. Sementara beberapa produsen mobil membangun model seri dan kemudian memodifikasi mereka untuk mematuhi peraturan FIA, Maserati bekerja sebaliknya. Dengan menggunakan bahan-bahan utama dari kakaknya Ferrari Enzo, itu membangun mobil balap. Dan kemudian itu mengubahnya menjadi hukum jalan dan menjual semua 25 unit dari tahun 2004 sebelum yang pertama keluar dari jalur perakitan. 25 unit lainnya dibangun pada tahun berikutnya. Maserati MC12 adalah laba-laba ekor panjang dua kursi. Itu memiliki pengaturan balap khas dengan hardtop yang dapat dilepas untuk versi jalan. Itu ditenagai oleh mesin V12 Ferrari Enzo. Seluruh bodywork terbuat dari serat karbon dan itu hanya tersedia dalam satu livery: putih dengan garis-garis biru. Long Coupe yang tidak biasa dirancang dan selesai di terowongan angin Giugiaro, dengan tudung di belakang kabin karena mobil menampilkan pengaturan mesin tengah belakang. Transmisi tersebut melalui gearbox enam kecepatan berurutan. Atapnya dilepas, dan itu bisa mengubah mobil dari coupe ke roadster. Karena mobil itu dibangun untuk balap, ia memiliki sasis tubular dengan arsitektur bingkai ruang yang kompleks dan tidak diperlukan bala bantuan lebih lanjut untuk bodywork. Di dalam kabin, ada kombinasi trim kulit dan serat karbon, yang membuat mobil tidak hanya terlihat mewah tetapi juga sporty.