Itu adalah Saab 9-5 terakhir yang dirancang di bawah manajemen GM. Itu adalah lagu angsa dari mantan kemuliaan otomotif Swedia yang didasarkan pada teknologi penerbangan. Diumumkan pada bulan September 2009 di Frankfurt Motor Show. Krisis ekonomi dunia meningkat dan masa depan merek-merek Eropa yang dimiliki oleh General Motors tidak jelas. Pada Januari 2010, Spyker membeli Saab tetapi kurangnya likuiditas menutup pabrik. Hanya 11.280 unit dibangun. Styling disederhanakan, dalam mode lama desain spesifik SAAB dengan ujung yang terjatuh dan miring. Platform diambil dari GM. Ini adalah platform yang sama yang digunakan oleh GM pada Opel Insignia, Buick Lacrosse, atau Chevrolet Malibu. Gril depan memiliki tema pesawat yang sama. Lampu depan mengikuti tema Saab yang sama yang digunakan pada Saab 900 N. 1994. Di belakang, light-bar LED melintasi belakang, menghubungkan lampu belakang. Itu adalah fitur yang tidak biasa untuk mobil 2009. Di dalam, ada kontrol Saab spesifik dan tombol panel malam klasiknya mematikan semua lampu dan memanggil dan hanya menyisakan speedometer. Tampilan head-up diambil dari industri penerbangan. GM sudah memiliki fitur itu pada beberapa model, dan itu adalah pilihan untuk 9-5. Ada beberapa opsi mesin, dengan empat atau enam silinder. Inline-Four adalah penggerak roda depan sementara V6 all-wheel-drive. 9-5 ditawarkan dengan pilihan manual 6 kecepatan atau otomatis 6-kecepatan.