Pada tahun 1973, Volkswagen meluncurkan generasi pertama passat. Pada awalnya, itu hanya menunjukkan sedan dengan empat pintu dan liftback dengan tiga dan lima pintu. Satu tahun kemudian, versi station wagon muncul. Dari sudut pandang mekanis itu seperti Audi 80, tetapi dengan lencana yang berbeda dan bukan pilihan yang sama. Itu dimaksudkan untuk menjadi mobil bagi massa, sama seperti nama pembuat mobil yang disarankan: Volkswagen (mobil orang). Stasiun Wagon Passat menerima overhang belakang yang lebih panjang untuk mengakomodasi batang yang lebih besar. Di A.S. Mobil itu dikenal sebagai Dasher Volkswagen. Itu hanya memiliki satu mesin yang tersedia, unit 1,5 liter. Dua tahun kemudian, mesin suntik bahan bakar 1,6 liter diperkenalkan. Transmisi yang tersedia adalah manual 4-kecepatan atau otomatis 3-kecepatan. Fitur interiornya terbatas. Baik penguncian pusat, jendela daya atau pendingin udara tersedia. Pada saat itu, sebagian besar mobil Amerika sudah memiliki AC dan mesin yang lebih besar. Yang mengatakan, passat sangat hemat bahan bakar. Pada akhir 70-an, ia menerima unit diesel 1,5 liter, yang sangat lambat dengan waktu akselerasi 0-100 kpj (0-62 mph) 19,4 detik. Pada tahun 1978, passat menerima facelift dan tidak sampai tahun 1982 ketika generasi baru untuk passat diperkenalkan. Untuk standar hari ini, passat generasi pertama lebih kecil bahkan untuk segmen kompak, tetapi dijual sebagai gerobak stasiun berukuran sedang.