Volkswagen datang dengan kekuatan penuh pada pertunjukan Motor Geneva 2009 dengan generasi kelima dari rentang polo, tersedia sebagai hatchback 3 atau 5 pintu. Polo memulai hidupnya sebagai Audi 50 yang lebih terjangkau, kembali pada tahun 70-an, dan itu adalah kendaraan yang sangat penting dalam kisaran Volkswagen. Itu berhasil berdiri bangga terhadap pesaing Prancis dan Italia terutama berkat mesin diesel yang lebih berevolusi yang terbukti sangat hemat bahan bakar. Untuk generasi kelima, Polo memperkenalkan bahasa desain baru yang diterjemahkan kemudian pada saudara-saudaranya yang lebih besar di keluarga pembuat mobil Jerman. Itu adalah langkah penting dari sudut pandang desain dengan garis-garis sudut dan fasia depan yang tampak sporty. Lampu miring dan gril lebar di sisi bawah bumper menginspirasi tampilan sporty, bahkan untuk versi lima pintu. Satu-satunya ide yang dibawa dari generasi keempat adalah jendela sisi ketiga yang dipasang di belakang pintu belakang untuk cahaya interior yang lebih baik dan bintik-bintik-bintik yang lebih kecil. Di dalam, polo menawarkan kursi ember di depan dengan konsol tengah di antara mereka yang memakai tongkat roda gigi dan rem tangan. Dasbornya khas untuk Volkswagen, dengan tepi bulat, bahan lunak, dan tumpukan pusat untuk sistem infotainment dan unit kontrol iklim. Di cluster instrumen, desainer POLO memasang tampilan TFT antara speedometer dan tachometer dan menghapus level bahan bakar dan pengukur suhu pendingin. Di belakang, bangku split-lipat (60:40) dipasang sebagai standar. Ini menawarkan ruang kaki yang memadai untuk penghuni berukuran rata-rata. Di bawah tenda, Volkswagen memasang berbagai mesin yang luar biasa, dipasangkan dengan transmisi manual 5- atau 6-percepatan. Carmaker menjatuhkan gearbox otomatis berbasis torsi dan beralih ke yang kopling ganda 7-speed.