Pada akhir tahun 90-an, Volvo mulai mengubah nama mobilnya dari angka menjadi kombinasi huruf dan angka, dan begitulah v90 berumur pendek muncul di pasaran. Volvo kehilangan tanah di pasaran, dan kendaraannya yang tampak boxy tidak lagi dalam tren. Carmaker memutuskan untuk melakukan sesuatu tentang itu dan, setelah gagal bergabung dengan Renault pada tahun 1993, ia melanjutkan dan mencoba bangkit kembali dengan kakinya sendiri. V90 adalah gerobak stasiun 960 yang rebadged. Itu diperkenalkan pada tahun 1997, dan itu bertahan hanya setahun di pasar sebelum dipotong dari jalur perakitan. Papan nama kembali hanya pada 2016. Manajer merek Swedia sudah melihat pergeseran di pasar menuju kendaraan dengan garis lancar, cairan. Itu adalah awal dari era biodesign, dan Volvo masih terjebak di akhir 70-an dengan kendaraan berbentuk terjepit. Dengan seri 850, yang diganti namanya sebagai S / V70, desainer Volvo memperkenalkan tepi bulat dan garis-garis yang lebih halus. Pembuat mobil menerapkan perawatan yang sama ke 960, tetapi terlalu rumit untuk membuat panel tubuh melengkung pada struktur yang dirancang dekade yang lalu untuk seri 740/760. Di dalam, ada peningkatan yang lebih besar. Dengan desain dasbor barunya yang terinspirasi oleh model 850, V90 menampilkan posting mengemudi yang kompak dengan cluster instrumen yang menampilkan speedometer, tachometer, dan dua alat pengukur. Stack pusat terintegrasi menampung ventilasi dan pemutar kaset stereo. Berkat bangku belakang lipat, bagasi bisa ditingkatkan. Di bawah kap, Volvo V90 bergantung pada mesin bensin 3.0 liter dipasangkan ke manual 5-speed standar. Transmisi otomatis 4-percepatan ada pada daftar opsi.