Harga Honda CRF250 Rally 2021 Jadi Rp 87,5 Juta, Ternyata Fitur dan Performa Meningkat!
Ary · 2 Mar, 2021 19:00
0
0
Honda CRF250 Rally 2021 alami penyegaran. Model teranyar yang ditampilkan PT Astra Honda Motor (AHM) hari ini (2/3), tak sekadar menyajikan desain baru. Pasalnya, ada peningkatan juga dari sisi performa dan fitur sebagai pembeda dengan generasi pendahulu.
Panel meter lebih besar dan informatif
Performa Honda CRF250 Rally 2021 meningkat dari versi sebelumnya.
Lebih mahal, Harga Honda CRF250 Rally kini Rp 87,5 juta.
Mengenai fasad memang tak ada perubahan signifikan. Bagian muka motor adventure ini masih mengandalkan penerangan unik, dual asymmetry headlight LED berpadu windscreen menjulang. Begitu pula dengan perlengkapan hand guard, bodi samping hingga ke buritan.
Lantas kelir bak skema tricolor. Hanya saja inilah satu-satunya pilihan yang ditawarkan pabrikan pada CRF250 Rally terbaru. Sementara varian lain berwarna hitam (Extreme Black) menghilang dari etalase produk. Artinya, hanya ada satu opsi saja untuk calon peminat.
Hal menarik justru terlihat dari area kokpit. Panel meter yang berlindung di balik windscreen itu sekarang memiliki ukuran lebih besar. Font maupun angka digital yang mengisi di dalamnya pun turut diperbesar. Otomatis, memudahkan pengendara kala melihat indikator seperti odometer, spidometer, takometer, penunjuk waktu maupun kapasitas bahan bakar. Bahkan, ada tambahan fitur lagi yaitu catatan rata-rata konsumsi BBM dan transmisi.
Kenyataannya, ubahan juga menyasar ke area rancang bangun. Di atas kertas, spesifikasi Honda CRF250 Rally 2021 berbeda dengan CRF250 Rally lama. Meski punya jarak sumbu roda yang sama (1.455 mm), model anyar terlihat lebih bongsor.
Jelas ada keterpautan antar keduanya dari segi dimensi. Meski begitu, CRF250 Rally baru justru lebih ramah untuk pengendara. Penyetelan joknya dibuat lebih rendah. Tak cuma itu, bobot kosong model anyar ini juga lebih ringan 3 kg dari CRF250 Rally generasi lama.
Perbandingan Rancang Bangun
Honda CRF 250 Rally 2020
Honda CRF250 Rally 2021
Dimensi (P x L x T)
2.210 x 900 x 1.425 mm
2.230 X 920 X 1.415
Jarak Sumbu Roda
1.455 mm`
1.455 mm
Jarak Terendah Ke Tanah
270 mm
275 mm
Tinggi Jok
895 mm
885 mm
Curb Weight
155 kg
152 kg
Frame Type
Steel Twin Tube
Semi-Double Cradle, Steel
Suspension Type (Front)
43 mm Showa Inverted Fork, 250 mm Stroke
Showa Inverted Telescopic 43mm Diameter
Suspension Type (Rear)
Pro-link 265 axle stroke, Showa single tube 40 mm
Showa Pro-link
Brakes (Front)
256 mm Floating Wave Disk with Dual-Piston Calipers
296mm Floating Wave Disc with Dual-Piston Calipers
Brakes (Rear)
220 mm Wave Disk with Single-Piston Caliper
220mm Wave Disc with Single-Piston Calipers
Brake Type (Front)
3.00 – 21 51P
80/100-21M/C (51P)
Brake Type (Rear)
120/80 – 18M/C 62P
120/80-18M/C (62P)
Terkait dimensi pula pihak pabrikan kian leluasa melakukan peningkatan. Kapasitas tangki bensin Honda CRF250 Rally 2021 kini mencapai 12,8 liter. Bertambah sebanyak 2,7 liter dari versi lawas yang hanya 10,1 liter. Wajar jika daya jelajahnya bertambah. Seperti disampaikan PT AHM dalam rilis, ia mampu menjelajah lebih dari 445 km dan konsumsi BBM 34,8 km/liter.
Hal ini kemudian ditunjang oleh penggunaan sasis semi double cradle, suspensi depan upside down (USD) 43 mm serta shock absorber tunggal jenis Pro Link buatan Showa. Kedua peredam kejut plus swingarm baru tersebut ditugaskan memberikan peredaman terhadap sepasang roda ukuran 21 inci dan 18 inci (depan-belakang).
Secara keseluruhan, CRF250 Rally sangat ideal untuk melakoni giat cross country dengan rute onroad maupun offroad. Faktanya, sentuhan baru juga bisa Anda rasakan saat mengeksplorasi performa si kuda besi. Penurunan berat tubuhnya tadi rupanya diikuti pula dengan peningkatan output. Tercatat tenaga CRF250 Rally 2021 kini mencapai 25,69 PS di putaran 8.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimal tercatat 23,1 Nm pada 6,500 rpm.
Perbandingan Spesifikasi Mesin
Honda CRF250 Rally 2020
Honda CRF250 Rally 2021
Engine Type
Liquid Cooled, 4 Stroke, Single, DOHC
4-Stroke DOHC 4-valve Single Cylinder
Displacement
249,6 cm
249.6cc
Fuel Supply System
PGM-FI (Programmed Fuel Injection System)
PGM-FI
Bore x Stroke
76 x 55 mm
76 x 55 mm
Transmission Type
6 Speed
6 Speed
Compression Ratio
10,7 : 1
10,7 : 1
Maximum Power
24,7 PS @ 8,500 rpm
25,69 PS @8.500 rpm
Maximum Torgue
22,6 Nm @6,750 rpm
23,1 Nm @6.500 rpm
Starter Type
Electric Starter
Electric Starter
Clutch Type
Wet, multi plate hydraulic
Wet, multi plate hydraulic
Oil Capacity
1,8 liter
1,8 liter
Fuel Capacity
10,1 liter
12,8 liter
Ada gap cukup signifikan manakala membandingkan torehan sebelumnya yakni 24,7 PS @8.500 rpm dan 22,6 Nm @6.750 rpm. PT AHM mengungkap tenaga dan torsi yang lebih besar ini berdampak pada pergerakannya yang kian responsif.
Walau tak ada data soal akselerasi, mereka mengatakan itu terjadi lantaran adanya perubahan pada ratio gear, intake chamshaft dan intake. Lalu sebagai pelengkap, ditambahkan pula Assist & Slipper Clutch. Sebuah fitur yang berguna meminimalisir gejala roda belakang terkunci, akibat adanya engine brake. Ada juga fungsi lainnya, ditujukan agar pengendara lebih ringan ketika mengoperasikan kopling.
Meski begitu, ada konsekuensi atas perubahan yang terjadi dari CRF250 Rally paling baru ini. Peminat harus menebus lebih mahal karena harga Honda CRF250 Rally 2021 dipatok Rp 87.500.000 (on the road Jakarta). Terdapat kenaikan dari CRF250 Rally 2020 yang dilego Rp 83.751.000. Tapi, selisih Rp 3.749.000 itu rasanya tak seberapa ketimbang penawarannya sekarang bukan?
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!