Konsumsi BBM Vespa GTS Super Tech 300 2021 Bisa Irit Loh, Ini Buktinya
Harry · 15 Jun, 2021 12:00
0
0
Tak ada yang meragukan status Vespa GTS Super Tech 300 2021 sebagai Vespa paling kencang yang pernah dibuat oleh pabrikan asal Italia itu. Tapi bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?
Vespa GTS Super Tech 300 masih terbilang irit bahan bakar.
Soal performanya harus diakui jika skuter satu ini memang jempolan, dan memuaskan penikmat akselerasi. Kala mencobanya selama lebih dari satu minggu, kami merasakan layaknya mengendarai skuter kecil yang mesinnya telah bore up sampai 300 cc.
Respon mesin instan dan galak. Tak mengherankan jika Vespa sampai membekalinya dengan ASR (Anti Slip Regulation) sebagai pengawal dan pencegah roda belakang selip karena over power.
Menariknya, kinerja mesin ini sedikit diluar kodrat. Jika biasanya mesin kencang identik dengan konsumsi bahan bakar yang boros, kami justru merasa kinerjanya terbilang efisien.
Mesin 278,3 cc serasa pakai mesin bore up.
Raihan rata-rata 25 km/liter dengan bahan bakar oktan 92 sudah sangat memuaskan. Apalagi kala mengingat cara berkendara kami yang cenderung agresif dan suka merasakan akselerasinya.
Bahkan capaian tersebut juga termasuk kala kami mengujinya untuk mengambil data akselerasi. Ya tentu saat pengambilan data akselerasi, kami menyiksa mesin ini selama beberapa kali dengan tuas gas dibuka mentok.
Vespa GTS Super Tech 300 2021 dilepas Rp 150 jutaan.
Dengan kapasitas tangki 8,5 liter, maka setidaknya motor ini bisa melaju hingga 212,5 km dengan satu tangki penuh. Tentunya jika digunakan secara wajar, konsumsi bahan bakar dari Vespa GTS Super Tech 300 ini akan lebih irit lagi.
Berbicara mengenai spesifikasi jantung mekanis yang digunakan, Vespa GTS Super Tech 300 ini mengandalkan mesin 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan. Kapasitas mesin murninya yaitu 278,3 PS dengan piston 75 mm dan langkah piston 63 mm.
Konsumsi BBM rata-rata mencapai 25 km/liter.
Daya maksimal yang bisa dihasilkan sebesar 23,8 PS pada putaran 8.250 rpm, dengan torsi maksimal hingga 26 Nm pada putaran 5.250 rpm. Tenaga tersebut disalurkan menuju roda belakang lewat transmisi otomatis CVT.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil