Pilihan Skutik 150 cc Untuk Lebaran, Antara Honda Vario 150 2021 Atau Yamaha Aerox 155 Connected 2021?
Harry · 3 Mei, 2021 19:00
0
0
Seperti sudah menjadi tradisi, menjelang hari raya Lebaran banyak masyarakat yang membeli sepeda motor baru. Biasanya motor itu akan dipakai untuk silahturahmi di hari raya, dan iming-iming promo Ramadhan oleh tenaga penjual memang sayang untuk dilewatkan.
Skutik bermesin 150 cc seperti Honda Vario 150 2021 atau Yamaha Aerox 155 Connected 2021 bisa menjadi pilihan. Ada beberapa alasan kenapa keduanya layak menjadi pilihan untuk menemani saat Lebaran nanti.
Antara Honda Vario 150 2021 atau Yamaha Aerox 155 Connected untuk menemani di hari raya.
Pertama, jenis skutik relatif praktis digunakan. Keduanya memiliki bagasi yang besar untuk membawa buah tangan untuk sanak keluarga kala hari raya. Kemudian, tenaga yang dihasilkan sudah lebih dari cukup, bahkan jika kelak dipakai harian.
PT Astra Honda Motor melepas Honda Vario 150 seharga Rp 24,715 juta baik varian Sporty atau Exclusive. Sementara itu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melabeli Yamaha Aerox 155 Connected dengan nominal Rp 25,5 juta hingga Rp 29,5 juta (ABS).
Maka mana yang pas untuk Anda pakai saat hari raya, diantara kedua skutik tadi?
Honda Vario 150 2021
Honda Vario 150 lincah bertenaga.
Honda Vario 150 jadi salah satu produk yang cukup diterima sangat baik masyarakat Indonesia. Desain sporty dan serba tajam, sudah sesuai dengan selera orang Indonesia kebanyakan.
Sedikit menilik sejarahnya, Honda Vario diciptakan sebagai pilihan baru akan sebuah skutik yang pantas digunakan khususnya untuk kaum pria, karena punya ukuran yang agak besar.
Setelah menghadirkan versi mesin 125 cc, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya merilis versi mesin 150 cc, sekaligus sebagai jawaban akan kehadiran Yamaha Aerox 155, yang mirip secara tampilan, kapasitas mesin dan target konsumennya.
Dimensi Honda Vario 150 pas untuk siapa saja.
Yang mengasyikkan, meski diciptakan untuk kaum adam, karena menggunakan bodi yang sama dengan versi 125 cc, maka dimensinya pun relatif ramah digunakan siapa saja termasuk wanita. Jadi kalau Anda seorang wanita yang ingin memiliki Honda Vario 150 tentu tak ada salahnya.
Harga Honda Vario 150 2021
Vario 150 Sporty
Rp 24,715 juta
Vario 150 Exclusive
Rp 24,715 juta
*harga on the road Jakarta
Mesin Bertenaga Honda Vario 150 2021
Honda Vario 150 mengusung mesin 4-tak, SOHC, pendingin cairan dan pakai teknologi eSP (Enchanced Smart Power) khas Honda, dan sudah pakai pasokan bahan bakar injeksi PGM-FI.
Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mesin tersebut mencapai 13,1 PS / 8.500 rpm dan torsi tertinggi mencapai 13,4 Nm / 5.000 rpm. Mesin ini memiliki rasio kompresi 10,6 : 1 dan dipadukan transmisi otomatis CVT.
Dengan mesin eSP, proses menghidupkan mesin motor lebih halus karena memanfaatkan teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter, yang sudah diterapkan untuk skutik-skutik keluaran Honda.
Mesin bertenaga dan irit.
Basis mesinnya sendiri sama dengan yang digunakan Honda PCX 150 atau pun Honda ADV 150. Pada kedua skutik tersebut, performa mesin ini terasa biasa-biasa saja.
Hanya saja pada Honda Vario 150 akan terasa lebih bertenaga, lantaran skutik ini punya bobot yang lebih ringan, hanya 112 kg saja.
Fitur Berlimpah Honda Vario 150 2021
kelengkapan yang ditawarkan terbilang banyak, mulai dari lampu-lampu yang sudah full LED. Kemudian Smart Key System dengan alarm, answer back system. Lalu sepasang inner rack, atau konsol penyimpanan depan.
Lanjut ada panel meter full digital dengan informasi lengkap, berisi penunjuk konsumsi bahan bakar rata-rata dan aktual. Lalu ada voltmeter yang bisa memantau kondisi tegangan baterai.
Panel meter digital dan lampu full LED jadi standar Honda Vario 150.
Untuk membawa barang tersedia bagasi 18 liter di balik jok yang juga bisa memuat sebuah helm full face. Dan masih ditambah fitur standar skutik Honda seperti Combi Brake System, Idling Stop System, Parking Brake Lock, Side Stand Switch hingga ban tubeless.
Spesifikasi Honda Vario 150 2021
Dimensi
P x L x T
1.919 x 679 x 1.062 mm
Sumbu Roda
1.280 mm
Tinggi Tempat Duduk
769 mm
Jarak Terendah
132 mm
Berat Isi
112 kg
Mesin
Tipe
4-tak, SOHC 2 katup
Kapasitas
150 cc
Diameter x Langkah
57,3 x 57,9 mm
Transmisi
Otomatis, CVT
Rasio Kompresi
10,6 : 1
Tenaga Maksimal
13,1 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal
13,4 Nm @ 5.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka
Underbone
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Tunggal
Ban Depan
90/80-14
Ban Belakang
100/80-14
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Sistem Pengereman
Combi brake system
Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Penampilan sporty sudah menjadi identitas skutik ini yang dikenalkan pertama kali tahun 2016 silam. Yamaha nampak ingin membuat motor sport dalam balutan sebuah skutik.
Hal itu semakin ditegaskan pada generasi kedua Yamaha Aerox bermesin 155 cc ini. Pada bagian bodi depan, sisi sampingnya dibuat lebih menonjol keluar sehingga berkesan seperti fairing pada motor sport.
Yamaha erox 155 Connected/ABS yang telah kami uji langsung.
Identitas itu juga diperkuat dengan lekuk layaknya huruf X, yang berarti crossing antara kenyamanan sebuah motor matic dan tampilan sporty ala motor sport. Kesan gagah dan besar juga nampak pada motor satu ini.
Semuanya itu didukung performa mumpuni dari mesin 155 cc miliknya. Tak mengherankan jika Yamaha Aerox 155 Connected ini kerap terlihat dikendarai para pria berusia muda.
Harga Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Aerox 155 Connected
Rp 25,5 juta
Aerox 155 Connected-ABS
Rp 29 juta
Aerox 155 Connected-ABS MotoGP
Rp 29,5 juta
*harga on the road Jakarta
Mesin VVA Yamaha Aerox 155 Connected 2021
Pada generasi terbarunya ada beda pada spesifikasi mesin yang diandalkan, salah satunya peningkatan rasio kompresi menjadi 11,6 : 1. Statusnya pun masih bertahan sebagai skutik dengan power to weight ratio terbaik hingga saat ini.
Spesifikasi mesinnya 155 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan sokongan katup VVA (Variable Valve Actuation). Tenaga yang mampu dicapai diangka 15,36 PS pada 8.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Mesin Yamaha Aerox 155 Connected didukung katup VVA.
Performa mesinnya ini telah kami uji menggunakan Racebox yang berbasis satelit dengan tester berbobot 74 kg. Hasilnya untuk berakselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu 19,3 detik dan bisa dicapai dengan jarak 370 meter saja.
Kecepatan tertinggi yang muncul pada Racebox mencapai 101,2 km/jam. Kemudian untuk menempuh jarak 402 meter dibutuhkan waktu 20,46 detik. Menariknya, konsumsi bahan bakar tergolong irit dengan capaian 43,1 km/liter.
Perkara fitur, untuk varian teratas dilengkapi dengan rem ABS (Anti-lock Braking System), Smart Key System yang sekaligus berfungsi untuk Answer Back System serta suspensi dengan tabung. Fitur lainnya antara varian non ABS dan ABS relatif sama.
Misalnya panel meter sudah full digital dengan informasi sangat lengkap, termasuk info pemakaian oli mesin dan v-belt. Kemudian sebuah konsol penyimpanan di depan berikut power outlet untuk mengisi daya baterai smartphone.
Yamaha Aerox 155 Connected unggul dengan fitur Y-Connect.
Tak ketinggalan Y-Connect, yang membuat motor bisa terhubung dengan smartphone pengguna. Jika sudah terhubung, ada indikator baterai smartphone, indikator koneksi, indikator pesan dan indikator telfon pada layar panel meter.
Bagasinya pun berukuran besar, sebuah helm full face bisa masuk dengan aman dan masih menyisakan sedikit ruang. Untuk penerangan, hanya lampu depan, lampu belakang dan DRL yang sudah mengandalkan LED, lainnya masih pakai bohlam.
Fitur lainnya ada Smart Motor Generator yang bisa menghidupkan mesin dengan halus. Lalu SSS (Stop Start System), Side Stand Switch, Parking Brake, lampu hazard hingga ban tubeless ukuran besar!
Spesifikasi Yamaha Aerox 155 Connected
Dimensi
P x L x T
1.980 x 700 x 1.150 mm
Sumbu Roda
1.350 mm
Jarak Terendah
143 mm
Tinggi Tempat Duduk
790 mm
Berat Isi
122 kg & 125 kg (Connected/ABS)
Kapasitas Tangki
5,5 liter
Mesin
Tipe
4-tak, SOHC 4 katup VVA
Kapasitas
155 cc
Diameter x Langkah
58 x 58,7 mm
Rasio Kompresi
11,6 : 1
Tipe Pendingin
Cairan
Transmisi
Otomatis CVT
Tenaga Maksimum
15,3 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum
13,9 Nm @ 6.500 rpm
Sistem Bahan Bakar
Injeksi
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe sasis
Underbone
Suspensi Depan
Teleskopik
Suspensi Belakang
Ganda
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Ban Depan
110/80-14
Ban Belakang
140/70-14
Kesimpulan
Keduanya merupakan skutik yang punya keunggulan masing-masing, hanya saja untuk perkara performa mesin dan juga fitur yang ditawarkan, Yamaha Aerox 155 Connected lebih unggul dari Honda Vario 150. Apalagi ada fitur Y-Connect yang masih baru untuk sebuah skutik 150 cc.
Hanya saja Honda Vario 150 terbantu dengan ukurannya yang lebih pas untuk semua orang, dimensinya tak terlalu kecil untuk pengendara pria, tapi juga tak terlalu kebesaran untuk pengendara wanita.
Dengan perbedaan harga yang selisih tipis (dengan Yamaha Aerox 155 Connected non ABS) semuanya kembali pada selera dan isi dompet Anda. Keduanya sama menariknya untuk dikendarai pada hari raya Idul Fitri.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil