window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Royal Alloy TG 300S, Pesaing Vespa GTS Super Tech 300 Ini sudah Ludes Terjual!

Ary · 16 Apr, 2021 15:30

Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, menjadi panggung bagi Utomo Corp unjuk gigi. Satu diantaranya terlihat melalui peluncuran Royal Alloy TG 300S 2021. Skuter ini digagas sebagai jagoan baru mereka. Dengan harapan, keberadaannya dapat menggoda calon peminat Vespa GTS Super Tech 300 di Tanah Air. 

Desain klasik yang jua ditawarkan, menjadi modal awal godaan sang produk. Tengok saja sepatbor 'bego' dan bentuk tepong uniknya tersebut. Meski begitu, aksen jadul tersebut dibalut apik dengan sentuhan modernitas. 

Royal Alloy TG 300 S 2021

Royal Alloy TG 300S menjadi lini teratas yang diniagakan Utomo Corp.

Sebut saja jenis lampu utama LED yang digunakan TG 300S. Lalu, terapan layar TFT sebagai penampang informasi kendaraan. "Royal Alloy ingin menghidupkan kembali gaya hidup retro-klasik sesungguhnya, dengan menghadirkan produk skuter yang bukan hanya memiliki desain klasik. Namun, kerangka skuter berbahan besi layaknya skuter pada era tahun 60," ujar Denny Utomo, CEO utomo Corp. 

Panel Instrumen TFT dengan Konektivitas Gawai

"Gaya retro-klasik ini kemudian dipadukan teknologi mesin serta keselamatan dan kenyamanan yang modern. Sehingga dapat menjadi produk yang dapat digunakan mereka yang ingin bernostalgia dan juga individu yang menginginkan skuter klasik yang berteknologi masa kini serta nyaman dan aman untuk digunakan," tambah Denny.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Belasan Motor Honda Mejeng di IIMS Hybrid 2021

Panel meter Royal Alloy TG 300S 2021

panel meter Royal Alloy TG 300 S sudah TFT dan berpelengkap konektivitas gawai.

Pada layar digitalnya tersedia informasi seperti spidometer, putaran mesin, konsumsi BBM serta informasi dasar lainnya. Menariknya lagi, terdapat konektivitas gawai, di mana pembeli Royal Alloy TG 300S bisa menghubungkan motor dengan smartphone pribadi. 

Kemampuannya tersebut setara dengan Vespa GTS Super Tech 300. Hanya saja, konektivitas pada produk Vespa juga bisa dioperasikan melalui perintah suara (voice command). 

Desain Royal Alloy TG 300S 2021

Desain klasik Royal Alloy TG 300S terinspirasi dari model lamanya.

Tak ubahnya skuter kebanyakan, Royal Alloy punya dek yang nyaman untuk pengendara. Ditambah lagi setang terbilang rendah. Ditambah lagi tinggi jok yang hanya 770 mm. Dimensinya pun cukup kompak dengan total ukuran 1.870 x 620 x 1.150 mm (P x L x T).

Lebih Ringan dari Vespa GTS Super Tech 300

Meski begitu, si skuter tak bisa dibilang enteng. Sebagian besar tubuhnya terbuat dari bahan besi. Maka wajar jika berat total Royal Alloy TG300S mencapai 142 kg. Beratnya itupun tak lepas dari kubikasi mesin yang digendong. 

Royal Alloy TG300S mengandalkan mesin SOHC 278 cc satu silinder dengan 4-katup. Berkat bekalan tersebut, ia mampu menorehkan daya 21,7 PS @7.250 rpm. Sementara torsi maksimal dicatatkan mencapai 23 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Baca juga: Warna Baru Honda Rebel 2021 Dirilis, Bagaimana dengan Harganya?

Mesin Royal Alloy TG 300S

Mesin Royal Alloy TG 300S 2021 bertenaga.

Selain kapasitas, pencapaian darinya tersebut jua bisa terjadi berkat pangaplikasian injektor Magneti Marelli. Walaupun, pada kenyataannya output darinya masih kalah dibanding Vespa GTS Super Tech 300. Sedikit pembanding, skuter Vespa - dengan kapasitas mesin mirip, membuat catatan 23,78 PS @8.250 rpm dan 26 Nm @5.250 rpm. 

Berdasarkan perbandingan itu, Royal Alloy TG300S kalah dari lawasannya. Namun, perlu diingat bahwa dia punya bobot lebih ringan dibanding Vespa GTS Super Tech 300 (148 kg). Secara logika pula, TG 300S punya efisiensi lebih baik lantaran memiliki kapasitas tangki bensin 10,5 liter. Sebaliknya, GTS Super Tech 300 hanya 8,5 liter saja. 

Dimensi Royal Alloy TG 300S

Royal Alloy TG 300S memiliki tangki bensin besar, namun tidak punya bagasi di bawah jok. 

Kestabilan dalam pengendalian Royal Alloy TG 300S, mengandalkan sepasang suspensi depan dengan fitur advance anti-dive front suspension. Sementara sistem pengeremannya sudah ABS dua channel, kepunyaan Bosch. 

Harga Royal Alloy TG 300S

Bagaimana dengan harga? Oleh Utomo Corp, Royal Alloy TG 300S dijual dengan harga Rp159 juta. Banderol ini lebih mahal dari Vespa GTS Super Tech 300 dengan banderol Rp153,5 juta. 

Baca juga: Italjet Dragster 200 Hadir di Tanah Air, Ada Dua Varian Dijual mulai Rp137 Juta

Royal Alloy GP 150 2021

Royal Alloy GP 150 2021 lawan Vespa Sprint S.

Jika kepalang mahal, sebenarnya ada opsi murah yaitu Royal Alloy GP 150. Berdasarkan kapasitas mesin dan harga jual yang dipatok Rp59 juta, lawan utamanya datang dari Vespa Sprint S 2021. 

Meski begitu, jangan berharap bisa langsung memboyong kedua skuter tersebut sepulang dari JIExpo Kemayoran (lokasi acara IIMS Hybrid 2021). Meski baru meluncur, faktanya Royal Alloy TG 300S dan Royal Alloy GP 150 ini sudah ludes terjual. 

"Iya, sudah sold out semua. Tapi, kami belum melakukan pengiriman. Setelah IIMS ini baru akan didelivery. Untuk konsumen yang mau beli silahkan pre-order. Nanti akan kita datangkan cepat. Jika perlu pakai pesawat, akan kita lakukan," terang Denny. Sayang, pihak Utomo Corp enggan berbagi angka unit yang sudah dipasoknya tersebut  

     

Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });