Hadirnya Yamaha MT-15 di Indonesia pada Januari 2019 lalu cukup memberikan nuansa baru untuk pasar otomotif roda dua di segmen sport 150cc. Pasalnya, MT-15 hadir dengan menawarkan wujud yang sangat gagah, berbeda dari varian sport 150 cc Yamaha sebelumnya.
Jika sebelumnya ada Yamaha R-15 dengan bodi full fairing, lalu versi naked-nya ada Yamaha Vixion. Nah, MT-15 muncul dengan tampilan naked bike macho khas keluarga MT-Series. Meski mesinnya sama dengan R-15 dan Vixion R, toh MT-15 tetap memberikan warna tersendiri sebagai pelengkap line-up dari Yamaha.
Penampilan Menggoda Yamaha MT-15 2021
MT-15 muncul dengan desain baru yang semakin mewarisi karakter dari keluarga MT series, seperti MT-10, MT-09, MT-07, MT-03 serta MT-25. Terutama pada tampilan depan khususnya wajah yang kini terlihat lebih sangar dan agresif berkat kehadiran dua position light LED, menyerupai mata.
Satu lampu utama menyerupai mulut yang sedang terbuka laiknya seekor predator yang siap menerkam mangsa. Lampu utama MT-15 sendiri terbilang cukup spesial, sebab telah mengadopsi teknologi Projector LED yang mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus.
Tak hanya lampu depan saja, lampu belakang atau stoplamp juga sudah mengaplikasi teknologi LED. Sektor penerangannya yang sudah canggih ini seolah berpadu dengan desain bodi keseluruhan. Yamaha MT-15 yang memiliki lekuk bodi agresif dan tarikan bodi tegas, menguatkan karakternya sebagai sepeda motor yang lincah.
Ciri yang sangat kuat dari MT-Series yaitu bentuk tangkinya yang sangat khas. Lalu, ciri khas lainnya juga pada area buntut yang pendek menguatkan kesan motor yang sangat padat. Namun tak perlu khawatir untuk penumpang belakang. Ergonomi pengendara dan penumpang dirasa masih aman dan nyaman saat berboncengan.
Kenyamanan saat berboncengan juga tak lain Yamaha MT-15 mempunyai desain jok relatif rata dan menyatu. Berbeda dengan Xabre yang mempunyai desain terpisah antara pengendara dan penumpang belakang.
Fitur dan Teknologi Canggih Yamaha MT-15
Meski lampu sein masih menggunakan lampu bohlam, headlamp dan stoplamp sudah menggunakan teknologi canggih dengan LED. Lalu panel instrumen termasuk lengkap untuk di kelasnya dan sudah digital.
Isi layar LCD-nya menampilan takometer, trip A-B, trip fuel, konsumsi bahan bakar rata-rata dan real time, posisi perseneling, indikator VVA dan fuel meter. Pelengkap lainnya, ada indikator gigi netral, check engine, suhu mesin, lampu sein, lampu jauh dan shift light.
Penampilan Yamaha MT-15 2021 Ala Moge
Tampilan Yamaha MT-15 bergaya moge looks di beberapa bagian. Mulai dari upside down berwarna emas untuk suspensi depan, swing arm banana style, rangka deltabox di bagian tengah, hingga desain knalpot yang ukurannya tak terlalu kecil sangat pas dengan bentuk keseluruhan bodi motor.
Performa Mesin Unggul Yamaha MT-15 2021
Yamaha membenamkan dapur pacu yang sama dengan motor sport 150cc mereka lainnya seperti Yamaha V-Ixion R, R-15, WR155 dan XSR155. Dengan mesin serupa tapi tak sama, platform sharing mesin ini hanya ada perbedaan setingan dan fitur pada mesinnya.
Namun yang paling mendekati kesamaan yaitu dengan R15. Berkapasitas mesin 155cc, SOHC, 4-katup pendingin cairan dengan teknologi injeksi. Diamter piston dan langkahnya pun sama, 58 mm dan 58,7 mm. Tenaga yang dihasilkan mencapai 19,2 PS pada 10.000 rpm dan torsi puncaknya 14,7 Nm pada 8.500 rpm.
Lalu, mesin Yamaha MT-15 juga sudah dilengkapi VVA (Variable Valve Actuation) untuk menjaga performa tetap stabil di setiap putaran mesin. Sebagai informasi, teknologi VVA ini pertama kali digunakan pada skutik Yamaha Nmax.
Untuk memaksimalkan pengendalian, pengendara juga dimudahkan dengan fitur Assist & Slipper Clutch. Ini yang membuat handel kopling lebih ringan dan enteng saat ditarik. Fitur Slipper Clutch juga mencegah roda belakang terkunci saat perpindahan gigi dengan cepat akibat efek dari engine brake. Fitur ini membuat sensasi berkendara lebih lincah bermanuver.
Posisi Berkendara Yamaha MT-15 2021
Secara postur, Yamaha MT-15 punya ukuran 1.965 mm x 800 mm x 1.065 mm (PxLxT), dengan sumbu roda 1.335 mm dan bobot isi 133 kg.
Tinggi jok yang mencapai 810 mm sangat nyaman untuk tinggi 170cm keatas. Namun buat Anda dengan tinggi dibawah 170 cm perlu adaptasi yang lebih baik dan angka tinggi 168 cm keatas dirasa masih cukup nyaman berada di atas jok MT-15.
Saat menggenggam setang pengendara akan merasa gagah. Ini lantaran Yamaha MT-15 mempunyai setang yang lebar. Tinggi setang yang berada diatas tangki juga membuat dada terbuka. Efeknya, tangan dan bahu lebih sigap untuk menaklukan manuver.
Oh iya, posisi duduknya yang terasa rapat dengan tangki membuat badan lebih maju kedepan. Sedangkan posisi kaki agak ke belakang, karena pijakan kaki yang masih sama dengan Yamaha R15 2021.
Naked Bike Paling Potensial
Pada awal kemunculannya, Yamaha MT-15 pertama kali diperkenalkan pertengahan Januari 2019, dan pihak Yamaha Indonesia hanya mengumumkannya melalui press release. Baru pada Februari berbarengan dengan peluncuran tim Monster Yamaha MotoGP, motor ini secara resmi dipublikasikan.
Kala itu, sebagian orang beranggapan MT-15 akan menjadi pengganti dari Yamaha Xabre. Dan ternyata motor ini bukan sebagai pengganti Xabre, karena ternyata hingga kini pun terlihat jelas di website resmi Yamaha Indonesia bahwa Xabre masih dijual dengan harga Rp 30,7 juta.
Maka tak salah jika MT-15 dianggap mempunyai potensi cukup besar, dengan kasta tertinggi untuk penggemar naked bike di Indonesia. Apalagi MT-15 dengan desain keseluruhan serta teknologi yang diusungnya cukup tinggi dan tak ditemui di motor kompetitor lain.
Kesimpulan
Yamaha MT-15 dapat dikatakan memiliki fitur dan paket lengkap untuk motor di kelasnya. Bagi sebagian orang mungkin Yamaha MT-15 memang tampak mempunyai harga yang terlalu tinggi untuk ukuran motor naked 150cc, yakni Rp 36,93 juta.
Apalagi dengan adanya teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat tarikan motor ini akan selalu terasa di setiap putaran mesin. Yamaha MT-15 sangat cocok untuk rider perkotaan yang fokus dengan jarak pendek, namun menginginkan tenaga yang tetap agresif lincah di kemacetan perkotaan.
Spesifikasi Yamaha MT-15 |
Dimensi |
|
P x L x T |
1965 X 800 X 1065 mm |
Sumbu Roda |
1335 mm |
Jarak Terendah |
155 mm |
Tinggi Jok |
810 mm |
Berat Isi |
133 kg |
Kapasitas Tangki |
10,4 liter
|
Mesin |
|
Tipe |
4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan |
Diameter x Langkah |
58 x 58,7 mm |
Perbandingan Kompresi |
11,6 : 1 |
Daya Maksimum |
19,2 PS /10000 rpm |
Torsi Maksimum |
14.7 Nm/ 8500 rpm |
Rangka dan Kaki-kaki |
|
Tipe Rangka |
Deltabox |
Suspensi Depan |
Telescopic Form (Inverted) |
Suspensi Belakang |
Link Monoshock |
Ban Depan |
110/70-17M/C (54S) |
Ban Belakang |
140/70-17M/C (66S) |
Rem Depan |
Disc Brake |
Rem Belakang |
Disc Brake |
Kelistrikan |
|
Sistem Pengapian |
CDI/Transistor |
Battery |
YTZ4V |
Tipe Busi |
MR8E9 |
Harga |
Rp 36,93 juta |
*harga on the road Jakarta |
|