Yamaha Jupiter MX 135 2007 Menolak Tua, Diubah injeksi dan Pakai Bodi X1R Original!
Harry · 25 Mei, 2021 13:00
0
0
Sebelum mengandalkan mesin 150 cc seperti saat ini, Yamaha Jupiter MX 135 merupakan generasi awal dari Yamaha MX King 150 2021. Motor bebek sport tersebut kala itu jadi pelopor dengan kapasitas mesin yang besar yakni 135 cc.
Mesinnya itu diturunkan dari Yamaha Vixion generasi awal, namun kapasitas mesinnya diperkecil. Dengan dibintangi komedian Komeng, penjualan Yamaha MX 135 pun melesat dan banyak disukai karena performa mesinnya.
Salah satu yang mempertahankan motor ini adalah Heri Prasetyawan, tapi supaya tak ketinggalan zaman, pria akrab disapa Wawan itu merombak habis-habisan motornya ini. Yang pasti motor berusia 14 tahun itu tak kalah dengan motor keluaran tahun muda.
Mesin Menjadi Injeksi
Sejatinya motor ini masih mengandalkan karburator tipe vakum lansiran Mikuni, tapi oleh Wawan sistem pengabutan bahan bakar diubah menjadi injeksi.
"Kebanyakan pakai part Yamaha Vixion 3C1, Vixion generasi awal. Pakai yang ada saja di bengkel," urai pria yang menggawangi bengkel motor Jaw's Speed di Depok, Jawa Barat.
Komponen berkode 3C1 tadi diantaranya throotle body yang direamer menjadi 30 mm dan juga sepul pengapian. "Untuk magnetnya custom, bikin sendiri," jelasnya.
Komponen pendukung untuk menjadikan injeksi lainnya ada fuel pump yang comot milik Yamaha Mio J, kemudian kabel bodi standar yang dicangkok untuk menyesuaikan kebutuhan sistem injeksi motor.
Selesai mengubah jadi injeksi, performa mesin juga ditingkatkan, kapasitas mesin diperbesar menjadi 150 cc. Diameter klep pakai 22-19 mm dari standarnya hanya 19-17 mm. Noken as custom, namun fulter udara masih dipertahankan.
Sebagai penyempurna ubahan, knalpot mengandalkan AHM. "Kurang ECU saja sih, belum ganti yang aftermarket nih biar lebih enak lagi larinya," ungkapnya kepada Autofun.co.id.
O iya, Wawan menggarap mesinnya ini hanya dalam waktu satu minggu saja, karena semua komponennya sudah tersedia.
Bodi Yamaha X1R
Kesan Yamaha Jupiter MX 135 jelas sudah tak nampak, Wawan menggantinya dengan bodi Yamaha X1R. Bodi ini sempat jadi favorit medio 2010-an untuk modifikasi karena penampilannya yang keren dan status produknya yang asal Thailand.
Berbeda dari model motor tipe bebek pada masanya, Yamaha X1R menerapkan letak lampu depan ganda pada bodi depan. Kemudian setangnya telanjang model jepit, berpadu panel meter berbentuk sporty.
Bodi tengah hingga belakang relatif sama dengan bodi Yamaha Jupiter MX 135. Beda lainnya terletak pada komposisi lampu belakang yang lebih modern karena sudah LED, dipadu mika putih.
"Ini semua bodi-bodi pakai asli Yamaha X1R, cuma batok setang pakai Viar Star CX, itu motor bodinya jiplak Yamaha X1R jadi bisa dipakai kemotor ini," terang Wawan lagi.
Tak cukup bodi, peleknya menggunakan palang enam yang juga jadi bawaan Yamaha X1R dan Yamaha 125Z. "Ini peleknya ori Yamaha, dan jadi salah satu pelek rare item," jelasnya.
Komponen langka lainnya adalah pijakan kaki model underbone berbahan alumunium asli Yamaha Thailand. Meski model underbone, tapi tetap tersedia pijakan kaki untuk pembonceng.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil