Ada Yamaha X-Ride Pakai Mesin VVA, Asyik Nih Jadi Pesaing Honda ADV150 2022
Ilham · 14 Jan, 2022 17:36
0
0
Punya style beda dari Honda ADV150 2022
Mesinnya beda dari Yamaha X-Ride 125
Di segmen skuter matic adventure PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya senjata berjuluk Yamaha X-Ride 125. Namun basis mesinnya masih memakai model Blue Core 125 cc berpendingin udara yang mirip Yamaha Mio M3.
Hal tersebut pun berpengaruh ke segmentasinya yang berada selevel dengan Honda BeAT Street dan Suzuki Nex Crossover. Sehingga di pasar skuter matic adventure 150 cc, Honda ADV150 seolah melenggang sendirian.
Padahal Yamaha punya jagoan di kelas tersebut di pasar Taiwan dan Amerika Serikat. Di Taiwan julukannya Yamaha BWS 125 sementara di Negeri Paman Sam bernama Yamaha Zuma. Keduanya produk yang sama lho. Seperti apa detailnya?
Nah kok masih mengusung mesin 125 cc seperti Yamaha X-Ride? Eits, jangan anggap remeh dulu. Karena meski sama-sama 125 cc tapi secara spek mesin Yamaha BWS punya basis sama seperti Yamaha Lexi 125 yang notabene versi 125 cc dari mesin Yamaha Nmax.
Mesin tersebut menghasilkan daya sebesar 11,8 PS per 8.000 rpm dengan torsi 11,3 Nm di 7.000 rpm. Dan seperti diketahui, mesin 4 katup tersebut dilengkapi juga dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) menjaga tenaga dan torsi maksimum di setiap putaran mesin.
Dibandingkan dengan mesin Yamaha X-Ride 125 yang menghasilkan daya 9,65 PS di 8.000 rpm dengan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm, Yamaha BWS tentu lebih bertenaga.
Outputnya juga tak terlalu kalah jauh jika disandingkan dengan Honda ADV150 2022 yang punya daya 14,5 PS di 8.500 rpm serta torsi 13,8 Nm di 6.500 rpm.
Alasan lain Yamaha BWS bisa bersanding melawan Honda ADV 150 2022 adalah segi dimensinya. Ini karena keduanya punya dimensi yang tak beda jauh.
Yamaha BWS punya total panjang 1.920 mm, lebar 760 mm dan tinggi 1.150 mm. Sedangkan Honda ADV150 2022 ukuran panjangnya 1.950 mm, lebar 763 mm dan tinggi 1.153 mm. Jadi jika disandingkan tak akan berbeda signifikan. Tapi jarak sumbu roda Yamaha BWS mencapai 1.340 mm, lebih panjang dari Honda ADV150 yang hanya 1.324 mm.
Soal bobot, keduanya yang nggak berbeda jauh. Di mana Yamaha BWS hanya berbobot 127 kg dan Honda ADV150 2022 seberat 132 kg.
Desain Sangar
Tetapi jika ditilik dari sisi desain, Yamaha BWS tidak serta merta langsung berhadapan dengan Honda ADV150. Karena secara style keduanya berbeda jenis.
Yamaha BWS lebih ke arah dual purpose offroad style. Tengok saja bodi yang memiliki panel-panel kaku dengan sudut kotak. Lalu ada sepasang headlamp asimetris yang mirip skuter BMW Motorrad.
Rasanya sektor ini akan jauh berbeda jika disandingkan Honda ADV150 2022 yang mengarah ke adventure touring lewat penggunaan windshield besar adjustable.
Meski tampak punya kemampuan melibas jalan jelek, tapi sebenarnya Yamaha BWS tetaplah motor yang nyaman dipakai dalam kota.
Karena meski sudah dibekali ban tipe multipurpose, ukurannya hanya 12 inci. Yakni 120/70-12 di depan dan 130/70-12 untuk bagian belakang.
Padahal, suspensi depannya dikawal tipe teleskopik 33 mm dengan pelindung karet. Sedangkan di belakangnya ada sepasang sokbreker dengan kemampuan travel 3,1 inci.
Hmm, menarik nih buat menemani atau justru menggantikan kiprah Yamaha X-Ride 125 yang sejak 2018 tak mengalami pengembangan hingga saat ini. Setuju?