Pabrikan motor asal Italia, Aprilia dikenal dengan produk-produknya yang dibanderol dengan harga cukup tinggi. Namun belum lama ini, Aprilia merilis produk anyar dengan harga yang terbilang murah untuk segmen motor bermesin 250 cc.
Dilansir dari Newmotor, produk terbaru itu berjuluk Aprilia GPR250S 2022 yang hadir untuk pasar Cina. Banderol motor bergenre sport half fairing tersebut hanya 24.800 Yuan atau setara Rp 53,7 juta. Lho kok bisa murah?
Kunci dibalik terjangkaunya Aprilia GPR250S 2022 adalah kolaborasi Aprilia dengan pabrikan lokal, Zongshen. Dengan kerjasama tersebut, biaya produksi dan impor untuk Aprilia GPR250S 2022 bisa ditekan.
Diproduksi oleh Zongshen
Pasalnya, Aprilia GPR250S 2022 dibuat langsung pada fasilitas pabrik Zongshen di Cina. Selain produk baru tersebut, Zongshen sendiri sudah memproduksi sederet model dari Aprilia lainnya, seperti Aprilia SR-Max 250 dan Apriia GPR150.
Punya Desain Mirip Tuono Series
Menilik tampilannya, mungkin Anda mengira jika Aprilia GPR250S 2022 bukanlah produk yang benar-benar baru. Karena bentuknya cukup familiar.
Mulai dari front fascia yang mengusung ciri khas motor sport Aprilia dengan triple headlight. Lalu ada fairing dengan visor mungil. Serta desain tangki dan bodi belakangnya yang berotot.
Kesan berotot dan gahar dari Aprilia GPR250S 2022 juga ditunjang dari penggunaan sasis deltabox yang cukup terekspos. Serta panel undercowl yang bersudut kaku.
Identik dengan Aprilia Tuono
Bagian pengendalian, Aprilia GPR250S 2022 disokong suspensi depan up side down dan setang ala naked bike yang lebih lincah dipakai meliuk ketimbang tipe setang jepit (clip on).
Dari tipenya, Aprilia GPR250S 2022 memang motor yang benar-benar baru. Namun urusan tampilan, motor tersebut mengusung desain half fairing yang serupa dengan saudara mogenya, Aprilia Tuono Series yang saat ini hadir dengan mesin 1.100 cc dan 660 cc.
Namun untuk pasar domestik di Cina tersebut, anak perusahaan Piaggio Group ini menanggalkan jenama Tuono dan menggantinya jadi Aprilia GPR250S 2022.
Mesin Satu Silinder
Motor-motor sport 250 cc keluaran merek Eropa kerap dilengkapi dengan mesin satu silinder. Misalnya KTM Duke dan RC250, termasuk Aprilia GPR250S 2022 ini.
Desain spidometer keren
Motor ini bermesin 4-tak, 249,2 cc, DOHC 4 klep dengan injeksi dari Bosch EFI. Meski bersilinder tunggal, tapi tenaganya mencapai 28 PS pada 9.000 rpm dan torsi 21,5 Nm pada 7.500 rpm. Lebih besar ketimbang Suzuki Gixxer 250 SF yang hanya 26 PS.
Wah, menarik nih kalau masuk ke Indonesia, setuju?