Aprilia GPR250R 2021 resmi meluncur di Cina. Dengan desain yang ditawarkan, motor ini cukup intimidatif untuk lawan sekelasnya. Bukan semata mengadopsi karakteristik motor Aprilia di Eropa, harga jualnya pun terbilang masuk akal.
Saat perkenalannya di ajang Xian Motor Expo (2/7), diumumkan bahwa Aprilia GPR250R 2021 dapat dibeli motoris Tiongkok dengan harga 26.800 Yuan (setara Rp60 jutaan). Buat pasar domestik Cina, banderol itu memang lebih daripada rivalnya. Sebut saja QJ Motor 250 yang dijual sekitar Rp44 jutaan.
Desain Khas Aprilia
Kendati begitu, penetapan tersebut dianggap murah untuk motor bermerek Aprilia. Kombinasi desain Aprilia RS125 dan Aprilia 660 tampak pada tubuh Aprilia GPR250R 2021. Sebagaimana penyajian kedua model, aplikasi lampu LED tiga titik di bagian depan beserta daytime running light (DRL), diamini jua olehnya.
Pun halnya sematan berupa winglet di bagian bawah penerangan utama. Lalu, ada lagi kesamaan Aprilia GPR250R dengan kedua motor Aprilia tadi. Yap. motor ini juga menggunakan knalpot model underbelly.
Ciri khas motor dari Noale juga terlihat pada rangka. Sasis twin spar berbahan aluminium dipilih sebagai rancang bangun utama sang kuda besi. Termasuk model swingarm asimetris berbahan serupa. Lengan ayun tersebut bersanding dengan monoshock. Sementara peredam kejut depan, diisi oleh fork up-side down (USD) berdiameter 41 mm.
Kedua suspensi itu bertugas mederam guncangan yang berasal dari ban berukuran 100/80-17 dan belakang 130/70-17 (depan-belakang). Pengereman depan cakram (300 mm) dikawal kaliper empat piston. Sementara untuk cakram belakang (218 mm), memakai kaliper satu piston. Kedua pengereman juga bertemankan sensor pengereman ABS (Anti-Lock Braking System) sebagai standar.
Bekalan ini dirasa layak dengan penetapan harga Aprilia GPR250R 2021 tadi. Menariknya pula, banderol tersebut juga selevel dengan Honda CBR250RR varian termurah yang dijual di Indonesia. Hanya saja, Aprilia GPR250R 2021 unggul dalam hal material sasis dan swingarm serta pengereman ABS.
Sebaliknya, Honda CBR250RR jauh lebih baik dalam urusan performa. Berbekal mesin DOHC dua silinder dengan kapasitas 249,7 cc, Honda CBR250RR 2021 mampu mengail daya 41 PS @13.000 rpm dan torsi maksimal 25 Nm @11.000 rpm.
Pencapaian tersebut nyatanya tak sanggup diberikan pembeli Aprilia GPR250R 2021. Maklum saja, motor sport 250 cc Aprilia ini hanya mengandalkan mesin satu silinder. Walau jenis mesinnya DOHC, daya beserta torsi yang dihasilkannya hanya 27,9 PS @9.000 rpm dan 21,5 Nm pada putaran 7.500 rpm. Sedikit keunggulan dari Aprilia GPR250R 2021 terletak pada bobot tubuh yang tercatat 158 kg. Sementara Honda CBR250RR mencapai 168 kg.
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!