Aprilia RS 660 2022 Rilis di Thailand, Harganya Bikin Iri Bikers Indonesia
Ilham · 1 Feb, 2022 11:00
0
0
Harga Aprilia RS 660 di Thailand cuma Rp 300 Juta.
Kelengkapan dan fiturnya sama seperti di Indonesia.
Penggemar moge di Indonesia boleh berbangga hati karena motor berjenis supersport, Aprilia RS 660 sudah lebih dulu hadir di pasaran sejak tahun lalu.
Tapi motor yang baru dijual di Thailand pekan ini tersebut harganya bikin iri bikers Indonesia nih. Pasalnya, Aprilia RS 660 di Thailand hanya dibanderol 699.000 baht (Rp 300 jutaan). Jauh lebih murah jika dibandingkan di Indonesia yang harganya mencapai Rp 650 juta.
Hal ini terkait pajak yang dikenakan pada motor asal Italia itu yang terbilang tinggi di Indonesia. Bahkan harga 'murah' di Thailand saja masih lebih mahal ketimbang di Malaysia yang 'cuma' 59.900 ringgit atau setara Rp 209 jutaan. Makin bikin iri!
Aprilia RS 660 merupakan motor sport yang hadir dengan tampilan khas yang menjadi bahasa desain baru mereka, termasuk untuk varian superbike mereka, Aprilia RSV4.
Ciri khas tersebut bisa dilihat dari penerapan three-headlight dan desain bodinya yang ramping. Menariknya, meski bukan motor supersport tulen yang bermesin 4-silinder seperti Honda CBR600R atau Yamaha R6, tapi tongkrongan mesinnya terlihat padat dan berotot.
Hal ini sengaja diekspos oleh Aprilia yang tampak menonjolkan mesin dan sasis deltabox dari Aprilia RS 660. Sementara buritannya terlihat mungil yang berujung tajam. Agak kontras dengan bagian depannya yang tampil berotot.
Layaknya motor masa kini, Aprilia RS 660 juga disokong dengan software MIA yang mendukung koneksi wireless ke smartphone, serta bisa memberikan beragam informasi yang dibutuhkan pengendara.
Fitur MIA dilengkapi dengan sistem navigasi dan menjawab panggilan telepon. Selain itu ada fitur lacak lokasi parkir untuk memudahkan pencarian motor.
Di samping itu, Aprilia RS 660 juga dibekali fitur riding mode. Di mana ada total 5 Riding Modes yang bisa dipilih, 3 untuk penggunaan jalan raya yakni Commute untuk riding harian, Dynamic untuk sport riding dan Individual dengan pengaturan sesuai selera pengendara.
Sementara dua Riding Modes lainnya untuk penggunaan sirkuit. Diantaranya mode Challenge untuk mengeluarkan seluruh potensi terbaik dari motor. Serta Time Attack yang pengaturannya dilakukan oleh rider.
Semakin canggih, tertanam juga sederet kontrol elektronik untuk menunjang berkendara. Sebut saja Aprilia Traction Control, Aprilia Wheelie Control, Aprilia Cruise Control, Aprilia Quick Shift, Aprilia Engine Brake, Aprilia Engine Map hingga Cornering ABS.
Mesin Andalkan Tipe 2-Silinder
Bicara soal mesin, Aprilia RS 660 sebenarnya lebih cocok jadi lawan Yamaha R7 atau Kawasaki Ninja 650. Hal ini karena bisa dilirik dari keluaran tenaga dan konfigurasi mesinnya yang setara.
Tercatat, Aprilia RS 660 punya mesin 2-silinder twin DOHC 8 valve dengan volume bersih 659 cc. Mesin tersebut menghasilkan daya 101,3 PS di 10.500 rpm dan torsi 67 Nm di 8.500 rpm. Jauh lebih kecil dari output mesin motor supersport 4-silinder yang rata-rata bertenaga 150 PS.
Yang jelas, tenaga mesin berpendingin cair tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi 6-speed dan disokong fitur Assist & Slipper Clutch. Sudah canggih, harga lebih murah, enak banget warga Thailand dan Malaysia.