Aprilia resmi meluncurkan RS 660 akhir pekan lalu. Sebelumnya motor ini hadir di ajang EICMA 2019. Aprilia RS 660 2021 pertama kali diperkenalkan di tahun 2018 meski kala itu dalam bentuk konsep.
Secara segmentasi, motor sport di kelas ini termasuk pasar yang cukup menggiurkan. Dengan kubikasi mesin di atas 500cc, motor di kelas ini mempunyai harga yang lebih terjangkau dibanding 1000cc. Tak heran Aprilia RS 660 2021 bisa dijadikan pilihan menarik untuk penggemar motor sport.
Sedangkan secara global, segmen motor sport 600cc sekitar dua tahun ke belakang sempat redup akibat aturan standar Euro4. Beberapa motor sport 600cc dari berbagai merek dikabarkan terpaksa berhenti produksinya akibat tak lolos Euro4. Kini, dengan kehadiran RS 660, Aprilia termasuk berani untuk menyodorkan produk motor sport 600cc, ditengah brand lain bertumbangan.
Supersport kelas menengah dari Aprilia dipastikan menjadi bagian dari rencana Aprilia untuk mendongkrak posisi di pasar global.
Teknologi yang dimiliki motor ini diturunkan pada sektor konstruksi frame dan rear swing-arm pada motor ini yang dikembangkan dari motor balap superbike RSV4 yang berhasil menjuarai laga WorldSBK Championship sebanyak tiga kali. Konstruksi motor ini menggunakan material aluminium alloy untuk menghasilkan bobot yang ringan.
Tak hanya di kawasan Eropa dan Amerika Serikat, namun juga di kawasan Asia yang merupakan pangsa pasar potensial. Kekuatan daya beli para konsumen di kawasan Asia yang sangat besar menjadi magnet bagi para produsen sepeda motor global, termasuk Aprilia.
Tampilan Sporty Khas Italia
Di EICMA 2019 motor ini hadir dalam versi produksi massal dan sukses menyita perhatian sebagian banyak penggemar otomotif. Pasalnya, Aprilia RS 600 memiliki wujud menawan yang terinspirasi dari RSV4 1100. Motor ini juga sudah dibekali LED untuk sistem pencahayaan, lampu senja dan fairing ganda yang aerodinamis. Aliran udara yang masuk ke sejumlah ventilasi udara pada fairing sekaligus berfungsi sebagai pendingin suhu mesin.
Tangki yang besar memberikan kesan berotot pada bagian tengah motor. Sedangkan buntut belakang meruncing, dikawal sepakbor yang menggantung.
Sekilas, desain fairing Aprilia RS 660 2021 ini memang mengingatkan kita pada era keemasan Aprilia di GrandPrix dengan RS250-nya. Sama seperti motor sport Eropa lainnya mulai dari Ducati, BMW Motorrad atau MV Agusta, Aprilia RS 660 2021 mempunyai tampang yang sangat khas motor sport Eropa. Tarikan garis bodinya sangat identik mencirikan motor sport brand Eropa. Perpaduan kecanggihan aerodinamis, futuristik hingga detail yang sangat artistik menjadikan motor super kencang ini layak dijadikan salah satu karya produsen otomotif yang juga mempunyai nilai seni.
Performa Mesin Aprilia RS 660 2021
Mempunyai tampang yang gahar dan juga estetik, motor ini juga hadir tanpa mengesampingkan kecanggihan mesinnya. Motor ini dibekali mesin 660 cc, parallel-twin, dan standar emisi Euro5. Tenaga yang dihasilkannya sebesar 100 dk pada 10.000 rpm dan torsi 67 Nm pada 8.500 rpm dengan redline 11.200 rpm.
Motor ini diklaim sudah lolos regulasi emisi Euro 5 ini menggunakan konsep pendayagunaan setengah dari jumlah silinder mesin yang dipakai Aprilia 1100 cc RSV4. Konfigurasi mesinnya disebut ‘forward-facing parallel-twin’.
Fitur Aprilia RS 660 2021
Kelengkapan fiturnya siap memanjakan penggunanya dengan Aprilia Performance Ride Control (APRC). Fitur ini menyediakan lima mode berkendara, yakni tiga untuk di jalan raya (Commute, Dynamic, Individual) dan dua untuk penggunaan di trek (Challenge dan Time Attack). Lebih lengkapnya, berikut ini fitur canggih elektroniknya.
- Cornering ABS
- Traction control
- Wheelie control
- Up and down quick-shifter
- Engine braking control
- Three road riding modes
- Two track riding modes
- Cruise control
Semua fitur tersebut bisa mudah dibaca pada panel instrumen TFT-LCD berwarna dengan dua mode tampilan, yaitu Road dan Track. Bobot dari motor ini mencapai 183 kg dan 169 kg dalam kondisi kering.
Untuk bagian kaki-kaki, Aprilia RS 660 2021 menggunakan suspensi depan upside down 41 mm dan monoshock di belakang. Sektor pengeremannya memakai cakram ganda kaliper empat piston di depan dan cakram tunggal kaliper dua piston di belakang buatan Brembo menjepit cakram ukuran 320 mm.
Untuk kenyamanan kaki-kakinya ini diperkuat dengan penggunaan sasis alumunium. Swingarm berbentuk asimetrik alumunium disematkan, dimana titik pivotnya berada pada Load-bearing engine. Suspensi belakang tanpa Link dan handlingnya diklaim sip buat Perjalanan road maupun Track Day dengan kehadran Suspensi Inverted Kayaba berdiameter 41 mm.
Ada tiga pilihan warna yang disediakan, di antaranya adalah Acid Gold, Lava Red dan Apex Black. Aprilia RS 660 2021 dijual dengan harga 10.149 poundsterling atau sekitar Rp 194 jutaan.
Sebagai informasi, peluang Aprilia RS660 ini untuk hadir di Indonesia termasuk besar. Pasalnya, EICMA selalu jadi patokan PT Piaggio Indonesia untuk memboyong produknya ke Indonesia. Debut global Aprilia RS 660 2021 pun terjadi di EICMA 2019. Jadi, kita tunggu saja!
Data spesifikasi Aprilia RS 660 2021: Mesin - Aprilia forward-facing parallel twin, 4-stroke, liquid-cooled with radiator and water-oil heat exchanger, double overhead camshaft (DOHC) with silent chain drive on the right side, four valves per cylinder. Diameter x Langkah - 81 x 63.93 mm Isi silinder - 659 cc Rasio kompresi - 13.5: 1 Tenaga maksimum -100 hp (73.5 kW) at 10,500 rpm Torsi maksimum - 67.0 Nm (6.83 kgm) at 8,500 rpm Fuel system Airbox with front air intake. 2 ∅48 mm throttle bodies, Ride-By-Wire management Elektronik - 6-axis inertial platform, APRC suite which includes ATC (traction control, AWC (wheelie control), AEB (engine brake), AEM (engine map), ACC (cruise control) 5 mode berkendara - (Road and Track, 3 fixed and 2 customizable)
Rangka - Double beam aluminium frame with detachable rear seat Suspensi depan - Kayaba upside down fork ∅ 41 mm with counter spring, aluminium feet for fixing radial calipers. Adjustable for rebound, compression and spring preload. Wheel travel 120mm Suspensi belakang - Aluminium swingarm with asymmetrical trusses. Monoshock with adjustable counter spring: rebound and spring preload. Wheel travel: 130mm Rem depan - Double disc diameter 320mm Brembo radial calipers with 4 ∅ 32mm opposing pistons.
Radial pump and metal braided brake hose Rem belakang - 220mm diameter disc; Brembo calliper with 2 isolated ∅ 34mm pistons. Pump with integrated tank and metal braided hose, ABS Cornering multimap Roda - In aluminium alloy Front: 3.5 "X17" Rear: 5.5 "X17" Ba- Tubeless radials, front: 120/70 ZR 17 rear: 180/55 ZR 17 (alternatively 180/60 ZR17) Dimensi - Wheelbase: 1370 mm Length: 1995 mm Width: 745 mm Saddle height: 820 mm Rake: 24.1° Trail: 104.6 mm Berat - 183 kg kerb weight (169 kg dry) Homologasi - Euro 5 Consumption 4.9 litres / 100km Emisi CO2 - 116 g /km Kapasitas tangki bahan bakar - 15 litres (including 4 lt. fuel reserve).