Asal-Usul Kawasaki Identik Dengan Warna Hijau, Biar Mencolok dan Mudah Dikenali Saat Balap
Harry · 19 Mei, 2022 14:00
0
0
Hijau agar mudah terlihat di lintasan.
Semakin menguatkan image di pasar Amerika.
Hijau karena tak pasaran.
Honda itu merah dan Yamaha itu biru, maka Kawasaki pastinya hijau. Ya itulah yang banyak orang tahu, karena memang pabrikan satu ini kerap merilis produk-produknya dengan warna hijau khas, yang disebut lime green.
Tapi tahukah kalian, kalau awalnya justru Kawasaki lebih banyak pakai warna merah sebagai identitasnya. Namun semuanya berubah sejak tahun 1969, kala mereka mengikuti sebuah ajang balap di Amerika.
Pabrikan satu ini mengikuti ajang balap Daytona 200, dan kala itu pasar Kawasaki di Amerika sedang sangat besar. Mereka berpikir membutuhkan sesuatu yang ikonik dan bisa lebih dikenal banyak orang.
Terlebih ajang balap yang diikuti sangat terkenal, dan punya image sangat bagus. Kawasaki turun dua kelas sekaligus yakni 250 cc dengan motor Kawasaki A1RA dan kelas 350 cc menggunakan Kawasaki A7RA.
Rider yang menunggangi motor tersebut pun tak main-main, mereka adalah Ken Araoka, Art Bauman, Walt Fulton III, Dick Hammer dan Cal Rayborn. Semuanya rider papan atas pada masanya.
Filosofi Warna Lime Green
Soal warna dan grafis tim balapnya, Don Graves, National Sales Manager dan Paul Collins, National Marketing Manager Kawasaki Motors Corp. USA menghubungi Chris Kurishima, seorang desainer dari Akashi dan Rollin Sanders, ahli pengecatan.
Keduanya menawarkan sejumlah opsi warna dan tema yang bisa dipakai tim balap Kawasaki. Dan akhirnya kombinasi hijau dan putih yang dipilih. Uniknya pada tahun yang sama, tak hanya warna lime green yang dikenalkan, tapi juga logo Kawasaki berjuluk Flying K.
Warna lime green sendiri punya filosofi khusus, seperti warna yang menonjol dan mudah dikenali di sirkuit karena tak ada tim yang menggunakan warna tersebut. Kemudian warna hijau juga seolah eksklusif milik Kawasaki.
Filosofi lainnya yakni warna lime green seolah mengatakan kepada dunia bahwa pemiliki konvensional tidak menjadi penghalang, bagi Kawasaki untuk mengejar tantangan baru. Maklum saja, awalnya pilihan warna ini sempat diolok-olok sejumlah pihak.
Setelah kesuksesannya di ajang balap Daytona 200 dan pamor yang meningkat di Amerika, tak berselang lama Kawasaki merilis motor produksi massal pertama dengan warna hijau, yakni Kawasaki F21M 'Greenstreak' berjenis scrambler.
Hal ini disusul motor-motor lain seperti Kawasaki KZ1000R yang rilis tahun 1982. Hingga kini warna lime green jadi identitas Kawasaki. Tak hanya untuk motor, tapi juga produk lainnya macam ATV, speedboat hingga jetsky.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil