Bikin Gagah Suzuki GSX-R150, Bisa Comot Swing Arm RD Racing!
Fariz · 15 Feb, 2023 13:30
0
0
Pemasangan plug and play tanpa ada ubahan.
Dimensi dan konstruksi swing arm sama dengan original.
Suzuki GSX-R150 jadi sport fairing andalan Suzuki di kelas 150 cc, jika dilihat desainnya cukup aerodinamis di mana bodi depan terlihat tipis agar lebih ampuh untuk membelah angin. Desain tangki bensin yang ramping cukup memberi kesan kecil ketika dinaiki.
Bodi belakang punya desain yang compact dan meruncing, tak heran kalau banyak dipakai anak-anakmuda untuk sunmori atau aktivitas trackday.
Walau desain bodi dan desain pelek sudah keren, tapi sayangnya desain swing arm Suzuki GSX-R150 tampak terlalu biasa. Pakai model swing arm dengan pipa kotak yang terlihat sangat standar, kurang sporty.
Bagi para pemilik Suzuki GSX-R150 dan ingin membuat sektor kaki-kaki lebih sporty dengan mengganti swing arm aftermarket, sepertinya swing arm RD Racing bisa menjadi pilihan.
Desain Gagah Untuk Suzuki GSX-R150
Sing arm RD Racing ini hasil kerjasama dengan 902 Garage yang memang biasa menggarap kaki-kaki. Jika dilihat, desain swing arm seperti milik Honda CBR1000 yang gagah tapi tetap proporsional untuk Suzuki GSX-R150.
“Karena belum ada swing arm aftermarket untuk GSX-R150. Sebelumnya di CBR udah ada banyak, R15 bawaan pabriknya udah bagus. Kebetulan pas punya GSX-R150 di sini jadi sekalian deh.”
“Kenal juga sama pabrikan RD Racing dan dia mau diajak kerja sama untuk produksi. Alhamdulillah langsung respon,” buka Yusa Firdaus dari 902 Garage. Riset pun dimulai dengan mengambil basic dari swing arm GSX-R150 dengan desain baru.
“Konstruksi sama persis dengan standar, hanya beda model. Jadi pro-link dan monoshock tetap pakai bawaan motor. Panjang swing arm sama, tapi setelan rantai lebih mundur. Jadi kemaren rantai kurang 2 mata, jadinya pakai 128L sedangkan ori GSX-R150 cuma 126L,” tambah pria yang bengkelnya ada di Rawa Bebek, Bekasi.
Plug And Play
Karena konstruksinya mengambil basic dari swing arm original GSX-R150, membuat proses pemasangan swing arm ini plug and play tanpa ubahan apa pun. Mulai dari diameter as swing arm, hingga dudukan monoshock semua sama.
Swing arm RD Racing untuk GSX-R150 ini dibuat menggunakan pelat besi dengan tebal 3 mm. Menurut Yusa, kekuatan swing arm ini tidak bisa dianggap remeh karena memang dirinya sudah banyak memasang dan belum ada masalah.
“Selama main di swing arm ini di motor Honda alhamdulillah gak ada kendala patah atau rusak. Kelemahan swing arm ini hanya di bushing swing arm arm. Karena masih pakai teflon, belum bearing bambu jadi akan cepat aus kalau pemakaian jangka panjang. Swing arm ini harganya Rp 1,350 juta, kalau sepaket dengan rantai jadi Rp 1,5 juta,” tutupnya.