Bosan Dengan Desain Kawasaki ER-6n? Custom Paket Hemat Aja!
Fariz · 8 Sep, 2023 18:00
0
0
Tampilan ER-6n terkesan segar dan kekinian.
Pengerjaan memakan waktu 2 stengah bulan.
Kawasaki ER-6n jadi salah satu moge Kawasaki yang cukup populer, karena dengan harga yang terjangkau bisa mendapatkan sensasi mesin 650 cc 2 silinder yang punya torsi super badak!
Ditunjang juga dengan desain naked yang cukup modern juga gagah, apalagi harga bekas yang kian terjangkau semakin membuatnya terlihat menarik untuk dipinang.
Jika merasa desain ER-6n sudah mulai terasa kuno, tidak ada salahnya pula untuk melakukan custom pada naked bike ini, seperti Puspa Kediri Custom (PKC) yang memodifikasi ringan ER-6n milik pelanggannya.
Ubahan ER-6n yang dilakukan tim PKC ini berfokus pada ubahan seluruh bodi, mulai dari depan, tangki bensin, sampai bodi belakang sehingga bodi orisinal yang tersisa hanya sepatbor depan dan shroud.
Custom Paket Hemat Kawasaki ER-6n
Custom yang dilakukan oleh PKC ini bisa dikatakan paket hemat, karena hanya membutuhkan biaya Rp 25 juta yang merupakan jasa custom pembuatan bodi hingga cat bodi yang memakan waktu kurang lebih 2 setengah bulan.
Ubahan pertama bisa dilihat pada lampu depan yang kini menggunakan daymaker berbentuk oval berisikan lampu LED.
Lampunya ini terpasang pada cover lampu yang terbuat dari pelat aluminium tebal 2 mm agar tetap kuat.
“Berikutnya tangki bensin, biasanya orang custom ER-6n jelek di tangki kalau masih standar, karena modelnya lumayan besar dan berpunuk. Makanya ini dibuat ulang dengan model agak datar.”
“Jadinya desain tangki bensin gak kedodoran. Beberapa bagian diambil dari tangki orisinalnya, kaya sisi bawah buat ambil dudukan fuel pump sama sisi atas buat ambil tutup tangki. Kapasitasnya sekarang jadi sekitar 8 liter,” sebut Aya Sofia dari PKC.
Untuk menyesuailkan tangki barunya, desain bodi belakang juga mengalami perubahan yang cukup signifikan, dari desain standar yang nungging sekarang menjadi datar.
“Aslinya lumayan nungging, jadi rangka aslinya dipotong dari tengah, habis itu dibuat baru dengan bentuk rata. Bodi belakang juga dibuat baru, pakai pelat galvanis tebal 1,2 mm sama seperti tangki bensin,” sahut Aris yang juga tim dari PKC yang menggarap motor ini.
Modifikasi Ringan
Untuk mendukung ubahan pada desain bodi barunya, beberapa modifikasi ringan pun dilakukan seperti mengganti kedua rodanya dengan ban yang memiliki patter kasar.
Untuk depan menggunakan Maxxis M6240 120/80-17 dan untuk belakang Shinko Adventure Trail 150/70-17 ala tunggangan flat track.
Lalu keempat lampu seinnya juga diganti dengan produk aftermarket yang lebih tipis, begitu juga dengan lampu remnya yang agak mengumpat di balik jok.
Selebihnya ada penggunaan crash bar untuk menjaga bodi barunya dari benturan ketika motor terjatuh dan knalpot custom dengan model underbelly.