window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bukan Cuma Mesin, Tengok Lagi Bedanya Honda Vario 125 2022 dan Vario 150 2022

Harry · 31 Agu, 2021 18:00

Kalian lagi mencari skutik baru untuk dipakai harian, tapi tak mau skutik entry level seperti Honda BeAT 2022 karena terlalu kecil? Opsi terbaik di atasnya ada Honda Vario 125 2022 atau Honda Vario 150 2022.

Selain produk skutik entry level Honda, kedua skutik ini memang menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin skutik dengan dimensi lebih besar, tapi tak terlalu merepotkan kala digunakan harian.

Bukan Cuma Mesin, Tengok Lagi Bedanya Honda Vario 125 2022 dan Vario 150 2022 01

Honda Vario 125 atau Vario 150 nih?

Apalagi harga keduanya pun masih lebih terjangkau ketimbang harus menebus skutik premium macam Honda PCX 160 atau Honda ADV 150. Honda Vario termahal bisa ditebus dengan nominal Rp 24,7 jutaan saja.

Bahkan tipe termurahnya, Honda Vario 125 CBS, dilabeli harga lebih murah dari Honda Scoopy 2022 sekalipun! Tentu ini sebuah opsi yang sangat menarik bukan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Honda Vario 125 2021 Bersolek Dengan Warna Baru, Harganya Kini Tembus Rp 22 Jutaan

Salah satu alasan lain kenapa skutik ini banyak peminat karena performa dan efisiensi bahan bakar yang bisa dicapai. Honda Vario 125 konsumsi bahan bakarnya mencapai 51,7 km/liter dan Vario 150 46,9 km/liter.

Tapi masih saja ada yang bingung harus memilih yang mana, apakah Honda Vario 125 atau sekalian Honda Vario 150. Ingat, jangan berpatokan pada kapasitas mesin saja, karena keduanya juga punya sejumlah perbedaan loh. Apa saja?

1. Desain Pelek

AHM selalu menawarkan produk dengan desain pelek berbeda-beda, sehingga konsumen bisa menyesuaikan selera. Honda Vario 125 menggunakan desain pelek Y palang 10.

Bukan Cuma Mesin, Tengok Lagi Bedanya Honda Vario 125 2022 dan Vario 150 2022 01

Desain pelek Honda Vario 125 dipakai sejak model sebelumnya.

Lantas Honda Vario 150 mengandalkan desain pelek palang 10 miring. Desainnya menarik karena dibuat seolah pelek ini palang 5. Menurut kalian, desain pelek mana yang lebih keren?

Baca juga : Honda Vario 125 2021 Diklaim Irit dan Bertenaga, Memang Seberapa Irit Sih Skutik Rp 20 Jutaan Ini?

2. Bobot Berbeda

Kok bisa, padahal dimensinya sama tuh? Iya, dimensi keduanya memang identik, panjang 1.919 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1.062 mm. Tinggi tempat duduk pun masih nyaman untuk wanita dengan 769 mm.

Bukan Cuma Mesin, Tengok Lagi Bedanya Honda Vario 125 2022 dan Vario 150 2022 02

Honda Vario 150 hanya 1 kg lebih berat.

Begitu pula jarak terendah ke tanah yang hanya 132 mm. Tapi soal bobot, Honda Vario 125 lebih ringan dengan 111 kg. Lantar Honda Vario 150 112 kg. Tapi rasanya selisih 1 kg tak terlalu berdampak pada pengendalian skutik secara keseluruhan.

3. Fitur Mending...

Hayo mending yang mana? Pembeda utama adalah kunci kontak yang digunakan. Honda Vario 150 unggul karena sudah pakai Smart Key System, yang lebih aman dan tak perlu lagi menyolok kunci kontak lagi.

Baca juga : Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda

Bukan Cuma Mesin, Tengok Lagi Bedanya Honda Vario 125 2022 dan Vario 150 2022 03

Kompak pakai lampu full LED dan panel meter digital.

Apalagi remote Smart Key System ini juga bisa berfungsi sebagai alarm dan juga Answer Back System. Jika memilih Honda Vario 125 pun tak perlu berkecil hati, walau pakai kunci kontak pengaman magnet tapi ada remote juga untuk Answer Back System dan alarm.

Fitur lainnya relatif sama, lampu-lampu full LED, kemudian panel meter full digital, rak depan ganda hingga bagasi sebesar 18 liter. Fitur standar skutik Honda macam Parking Brake Lock, Side Stand Switch, ACG Starter dan Idling Stop System untuk tipe tertentu.

Baca juga : Beda Sampai Rp 3 Jutaan, Ini Keunggulan Honda Vario 125 2021 Dibanding Honda Vario 150 2021

Bukan Cuma Mesin, Tengok Lagi Bedanya Honda Vario 125 2022 dan Vario 150 2022 04

Honda Vario 150 sudah pakai Smart Key System.

4. Harga Beda Lumayan

Dengan dana yang tak jauh dari budget untuk skutik entry level, kalian bisa membeli Honda Vario 125 2022 karena dijual mulai dari Rp 21,005 juta sampai Rp 22,06 juta. Harga tipe terendah lebih murah dari Honda Scoopy 2022.

Kemudian Honda Vario 150 dilepas mulai dari Rp 24,565 juta sampai Rp 24,715 juta. Selisih harganya lumayan bukan? sekitar Rp 2,6 jutaan sampai Rp 3,5 jutaan.

Baca juga : Harga Rp 16 Jutaan, Mending Sikat Honda Vario 150 Bekas Daripada Honda BeAT 2021

Harga Honda Vario Series 2022
Honda Vario 125 CBS Rp 21,005 juta
Honda Vario 125 CBS-ISS Rp 21,91 juta
Honda Vario 125 Special Edition Rp 22,06 juta
 
Honda Vario 150 Sporty Rp 24,715 juta
Honda Vario 150 Exclusive Matte Black Rp 24,715 juta
Honda Vario 150 Exclusive Rp 24,565 juta
*harga on the road Jakarta

Kesimpulan

Perbedaannya memang lumayan signifikan, dengan selisih harga yang bisa mencapai Rp 3,5 jutaan. Tapi kala melihat perbandingan kinerja mesinnya, wajar jika Honda Vario 150 dijual lebih mahal.

Bukan Cuma Mesin, Tengok Lagi Bedanya Honda Vario 125 2022 dan Vario 150 2022 05

Dimensi Honda Vario masih terhitung kompak.

Keluaran tenaganya sampai 13,1 PS di 8.500 rpm dengan torsi 13,4 Nm di 5.000 rpm. Lantas Honda Vario 125 hanya mampu menghasilkan 11,1 PS di 8.500 rpm serta torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Jadi mana yang akan jadi penghuni garasi kalian?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });