Canggihnya Energica Experia, Bisa Touring Jakarta-Purwokerto Sekali Ngecas!
Harry · 2 Jun, 2022 15:30
0
0
Energica Experia jadi motor listrik touring terbaru.
Sekali isi bisa tempuh 400 km lebih.
Cuma 40 menit untuk capai 80% kapasitas baterai.
Sekarang ini perkembangan teknologi motor listrik sudah semakin pesat. Dulu motor listrik banyak dipakai hanya untuk jarak dekat saja, tapi sekarang bahkan bisa dipakai buat touring antar kota!
Salah satu motor listrik dengan jarak jelajah jauh itu adalah Energica Experia. Produk terbaru dari produsen motor listrik asal Italia, yang juga sudah punya jaringan penjualan di Indonesia.
Selain jarak tempuh yang jauh, desain dari Energica Experia ini juga mendukung banget buat riding antar kota. Ya karena motor ini juga hadir dengan perlengkapan, struktur, baterai dan motor penggerak yang mendukung.
Kadang ada yang menggunakan motor touring untuk melewati meda off road ringan, tapi Energica menyebut jika motornya itu hanya untuk touring on road, alias hanya untuk lewat jalanan aspal saja.
Makanya melihat ban yang dipakai pun lebih fokus untuk jalanan aspal. Kemudian lingkar pelek yang dipakai pun masih 17 inci, bukan belang depan-belakang seperti halnya motor touring adventure.
Sosoknya sendiri masih punya ciri khas Energica, yakni sepasang lampu projector bulat yang nempel di bodi depan, dengan moncong bebek, khas motor touring. Tentu tak ketinggalan windshield tinggi untuk menahan terpaan angin.
Motor penggerak dengan karakter smooth.
Bagian tangki dan shroud juga nampak besar sehingga memberi kesan kokoh. Disitu pula letak soket pengisian daya bersemayam. Area yang biasa jadi letak mesin pun jadi lokasi baterai berukuran besar.
Dan seperti halnya motor touring, bagian belakang motor cenderung minimalis, karena tertutup pannier. Energica Experia sendiri bisa dipasangkan sepasang pannier dan top box sebagai wadah membawa barang.
Motor ini sendiri dibangun menggunakan rangka Steel Tabular Trellis, yang dipasangkan suspensi depan 43 mm tipe upside down dan monosok untuk bagian belakangnya, dengan vendor dari Sachs. Keduanya punya jarak main sama, yakni 150 mm.
Motor Listrik Lebih Smooth
Jika dua produk lainnya yakni Energica Ego dan Energica Eva punya performa yang galak, berbeda dengan Energica Experia ini. Keluaran tenaganya dibuat lebih smooth.
Rangka teralis yang kokoh.
Motor listrik untuk penggerak yang dipakai pun generasi terbaru yakni disebut PMASynRM. Tenaganya hanya sekitar 103 PS dengan torsi 115,2 Nm. Tapi ingat, motor listrik itu punya torsi instan sejak tarikan awal ya!
Baterai tentu jadi komponen penting lainnya dari motor ini. Energica mendesain baterai baru yang lebih ringan, dengan kapasitas 22,5 kWh yang mampu membawa motor ini melaju sampai 418 km, jadi jarak Jakarta-Purwokerto sih bisa ditebus tanpa perlu isi daya.
Enaknya lagi Energica membekali motor ini dengan teknologi DC Fast Charge yang bisa mengisi baterai dari 10% sampai 80% hanya dalam waktu 40 menit. Ditinggal istirahat ngopi sih, bisa langsung ngegas touring lagi nih!
Ragam Sistem Elektronik
Desainnya khas motor touring.
Tentunya motor ini juga dibekali beragam teknologi canggih dengan sistem elektronik. Mulai dari empat mode berkendara, seperti ECO, Urban, Rain dan Sport, juga tiga riding mode custom yang bisa diatur sesuka hati pengendaranya.
Tak ketinggalan ada Cornering ABS, Cornering Traction Control dan fitur maju-mundur dengan kecepatan rendah. Nah yang disebut terakhir membantu saat memarkirkan motor nih.
Sayangnya sejauh ini belum ada informasi resmi terkait harga Energica Experia ini. Diperkirakan harga akan diumumkan usai mereka melakukan uji coba pada bulan Juni ini.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil