Sebagai sport bike kelas menengah dari merek motor asal Italia ini, Aprilia RS660 2021 sudah dilengkapi dengan sejumlah teknologi dan fitur modern. Gayanya inovatif, canggih, dan sporty tanpa kompromi, dengan bentuk modern, dinamis, dan permukaan berisi yang memastikan sasis terlihat dalam segala keunggulannya. Dengan kepribadian sporty dan garis kontemporer yang memukau, RS 660 menghadirkan pengalaman trek Aprilia yang unggul. Desainnya yang unik membentuk sepeda yang ringan dan kompak dengan volume yang ramping dan gesit. Memberikan stabilitas pada kecepatan tinggi, yang terpenting adalah menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Pilihan warna termasuk Acid Gold baru yang semakin menonjolkan desain dan kepribadian muda yang dinamis dari motor ini.
Apa saja yang dikembangkan untuk mendukung kinerja dan membuat berkendara di jalan raya terasa aman dan menyenangkan untuk Aprilia RS660 2021?
- ATC: Aprilia Traction Control, kontrol traksi yang dapat disesuaikan yang ditandai dengan logika intervensi berperforma tinggi dan halus
- AWC: Aprilia Wheelie Control, sistem kontrol roda yang dapat disesuaikan.
- ACC: Aprilia Cruise Control, mempertahankan kecepatan yang disetel tanpa menggunakan kontrol throttle.
- AQS: Aprilia Quick Shift, gearbox elektronik, untuk pergantian kecepatan tinggi tanpa mengurangi throttle atau tanpa menggunakan kopling, juga dilengkapi dengan fungsi downshift yang memungkinkan perpindahan gigi tanpa menyentuh kopling. Berkat perangkat lunak yang ditawarkan di antara aksesori asli, gearbox dapat dibalik untuk penggunaan track tanpa perlu mengganti komponen.
- AEB: Aprilia Engine Brake, sistem kontrol rem mesin yang dapat disesuaikan untuk fase perlambatan.
- AEM: Aprilia Engine Map, berbagai bentuk pemetaan tersedia untuk mengubah karakter dan cara penyaluran tenaga mesin.
Ada berapa mode berkendara untuk Aprilia RS660 2021?
Motor Aprilia RS660 2021 sendiri juga memiliki lima mode pengendaraan, Untuk mode berkendara untuk penggunaan jalan raya ada 3 mode, yaitu: Commute untuk berkendara sehari-hari, Dinamis untuk olahraga berkendara di jalan raya, dan Individual yang memungkinkan penyesuaian penuh atas kontrol elektronik.
Selain itu, untuk mode berkendara yang dirancang untuk penggunaan di trek ada 2 mode, yaitu: Challenge, cocok untuk sesi balap di trek yang memanfaatkan potensi penuh dari RS 660, dan Time Attack, sistem yang memungkinkan pengendara yang lebih mahir untuk sepenuhnya mengubah pengaturan elektronik. Pengaturan elektronik mudah dikelola oleh kontrol empat tombol yang mudah digunakan di blok sakelar listrik sisi kiri dengan perintah cepat untuk mengelola cruise control dan kontrol traksi. Guna meminimalkan bobot, RS 660 dilengkapi dengan baterai lithium yang ringan.
Bagaimana performa luar biasa dari twin-cylinder 100 hp baru Aprilia?
Ini adalah unit silinder kembar paralel 660 cc, mesin generasi terbaru yang sangat kompak yang berasal dari mesin V4 1100 cc yang diapit depan, yang garisnya mengikuti baik konsep maupun pengukuran dan menggunakan homologasi Euro 5. Konfigurasi ini dipilih karena kekompakan dan ringannya. Mesin dengan dimensi horizontal dan lateral yang lebih kecil memungkinkan kebebasan desain yang baik untuk pengaturan bagian-bagian dasar seperti intake dan exhaust. Sejauh menyangkut sasis, mesin ini juga dilengkapi fungsi bantalan beban, sambil menampung swingarm di belakangnya.
Silinder kembar Aprilia baru ini adalah hasil dari pengalaman yang diperoleh dalam mengembangkan mesin yang sangat bertenaga yang melengkapi RSV4 dan oleh karena itu didasarkan pada latar belakang uji coba yang sangat efisien dan teknis: kepala silinder, ruang bakar, saluran, silinder dan piston semuanya berasal dari V4.
Selain itu, ia memiliki fitur lubang 81 mm - seperti pada 1.078 cc V4 - dengan stroke 63,9 mm. Keputusan untuk memanfaatkan teknologi V4 menjamin kinerja kelas atas, dengan tetap mempertimbangkan kecepatan langkah piston yang tinggi terkait dengan ukuran perpindahannya. Secara alami, semua komponen mesin, termasuk pengecoran dan cetakan, semuanya telah dirancang dan dikembangkan dari bawah ke atas.
Selain performa dan bobot yang ringan, tujuan lain adalah untuk mendapatkan karakter yang sama dari mesin dan grit khas silinder V-twin. Untuk tujuan ini, waktu katup dengan pin batang penghubung yang diatur pada 270 ° dipilih. Pembakaran dengan demikian asimetris dan diimbangi oleh 270 ° untuk mendapatkan semburan tidak teratur yang menghasilkan dan bersuara mirip dengan V-twin.
Selain itu, jenis konfigurasi ini memungkinkan, dengan menggunakan poros penggerak tunggal, keseimbangan yang mudah dari gaya bolak-balik orde pertama dan kedua. Performa mesin baru ini dijamin oleh elektronik yang dipinjam langsung dari Aprilia V4, termasuk Ride-by-Wire dengan multi-pemetaan, akselerator elektronik, untuk manajemen akselerasi halus, tapi progresif, bahkan pada putaran rendah dan konsumsi optimal.
Apakah ECU Magneti Marelli 11MP terbaru mengarahkan lalu lintas elektronik, dengan bantuan dari six-axis IMU?
ECU sendiri baru memiliki 144 pin untuk berinteraksi dengan sepeda motor, naik dari 80 pin. Frekuensi clock dan kapasitas memori flash empat kali lipat yang ditemukan di ECU sebelumnya yang digunakan oleh Piaggio Group. Hal ini memungkinkan fitur-fitur canggih seperti lampu depan yang mampu menikung, lampu rem dengan visibilitas tinggi selama perlambatan server, dan sistem pencahayaan yang bereaksi terhadap cahaya sekitar, dan cruise control. ECU Marelli menangani semua ini pada saat yang sama memonitor motor dan menerapkan parameter mode berkendara.
Apakah pada dasbor TFT lima inci memiliki perangkat lunak Aprilia MIA opsional baru yang dapat digunakan dengan aplikasi di ponsel?
Itu memungkinkan Anda untuk melacak panggilan telepon dan musik, menggunakan sakelar suara atau stang sebagai antarmuka Anda dengan sistem. Aplikasi Aprilia MIA mencatat data, rute, dan menyediakan navigasi. Layar juga memiliki dua pilihan tampilan Jalan dan Trek dan menyesuaikan dengan cahaya sekitar. Banyak tombol setang memudahkan navigasi menu.
Bagaimana power mesin Aprilia RS660 2021 dibandingkan dengan rival lainnya ?
Motor ini mengusung mesin mesin 660cc. Namun, powernya diklaim mampu mencapai angka 100 hp. padahal jika dikomprasikan dengan rival terdekatnya Kawasaki Ninja 650 powernya hanya mencapai 68 PS saja, tapi memang jika dibandingkan misal motor 4 silinder seperti Yamaha R6 2020 powernya lebih kecil 15 HP saja, tapi tentu motor Italia ini gak bisa dianggap remeh, apalagi yang bobotnya hanya 169 kg saja atau setara bobot motor sport 250cc.
Bagaimana pengereman pada Aprilia RS660 2021 ini?
sasis mid-power RS 660 yang ringan memberikan tuntutan pada sistem pengereman, dan Aprilia memasang paket kelas satu. Bagian depan memiliki cakram kembar 320mm dengan kaliper Brembo. Dengan pemasangan radial untuk master silinder dan kaliper, ditambah saluran rem yang dijalin baja dan ban depan Pirelli Diablo Rosso Corsa II, deselerasi sekeras yang Anda suka, serta sangat dapat diprediksi. Gigitan awal terasa lembut dan menanjak selama Anda perlu lebih pelan. Pedal rem belakang dapat diakses dan digunakan, terutama di dalam kota.
Walaupun tergolong motor short-stroke, Apakah motor RS660 2021 memiliki torsi yang besar dan tidak membutuhkan rpm yang berlebihan untuk menghasilkan tenaga?
Aprilia memberi tahu pada kita bahwa mesin mampu menghasilkan minimal 80 persen torsi maksimumnya hampir 50 ft-lbs dari 4000 rpm hingga redline 11.500 rpm. Dari 6.250 rpm hingga redline, setidaknya 90 persen torsi puncak ada di tap. Itu berarti mesin akan menarik dengan kuat dari hampir semua kecepatan.
Apa yang jadi keunggulan gearbox 6-percepatan yang fungsional Aprilia RS660 2021?
Gearbox 6-percepatan yang sporty menawarkan perpindahan gigi yang presisi dan dilengkapi dengan kopling dengan bantuan selip yang menghasilkan tarikan kopling yang sangat ringan. Memisahkan dirinya dari paket lebih jauh, RS 660 adalah satu-satunya sepeda kelas menengah yang dilengkapi dengan quickshifter naik / turun dan merupakan suguhan untuk digunakan di ngarai, memungkinkan Anda untuk meluncur melalui gearbox dengan nyaman. Quickshifter bekerja dengan baik di sebagian besar waktu, tetapi terkadang, Anda akan menemui waktu yang lebih lama saat naik dan sedikit ragu saat turun.