window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021?

Harry · 25 Mar, 2021 15:00

PT Maxindo Moto Nusantara selaku distributor BMW Motorrad di Indonesia, hari Rabu (24/3/2021) kemarin mengenalkan motor cruiser terbarunya yakni BMW R18 Classic 2021. Motor tersebut dijual Rp 1,069 milyar off the road.

Harga on the road sendiri ditambahkan 15% dari harga off the road, maka harga jualnya bisa mencapai Rp 1,229 milyar! Dua kali lipat lebih mahal dari Honda CR-V Prestige Turbo terbaru yang cuma Rp 577 juta on the road Jakarta.

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 01

BMW R18 Classic 2021.

Salah satu sebab yang membuat harga motor ini sangat tinggi adalah pengenaan pajak barang mewah untuk motor bermesin besar, lebih dari 500 cc. Alhasil harganya melambung menjadi sangat tinggi.

Baca juga : Sah! BMW R18 Classic Mengaspal di Indonesia, Harga tembus Rp 1 Milyar

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Namun di luar itu semua, BMW R18 Classic memang memiliki banyak sekali fitur canggih, meski sosoknya terlihat sangat klasik. Mencermati kelengkapan yang dibawanya, rasanya menjadi wajar dengan harga yang ditawarkan.

Apa yang menjadi kehebatan dari motor rakitan Jerman ini sehingga orang-orang berduit layak memilikinya?

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 01

BMW R18 Classic.

1. Mesin Boxer 1.802 cc

Kapasitas mesinnya memang besar, mencapai 1.802 cc dengan konfigurasi mesin flat twin alias boxer. Keluaran tenaganya mencapai 92,2 PS pada putaran 4.750 rpm dengan torsi maksimal hingga 158 Nm yang bisa dicapai pada putaran 3.000 rpm.

Mesin modern ini memberikan kesan klasik yang kuat dengan ukuran crankcase yang besar dan tinggi, seperti halnya BMW R5 yang menjadi inspirasi desain. Jantung mekanis ini sendiri mengandalkan piston 107,1 mm dan langkah piston 100 mm.

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 02

Mesin 1.802 cc BMW R18 Classic 2021.

Meski sudah DOHC dengan empat katup untuk tiap silindernya, pengaturan buka tutup klep masih mengandalkan push rod. Namun push rod-nya sendiri dibuat dari bahan yang kuat yakni titanium.

Seperti halnya motor cruiser, performa mesinnya difokuskan untuk memiliki torsi yang kuat. Maka tak heran jika kecepatan tertinggi yang bisa diraih motor ini hanya mencapai 180 km/jam saja.

Baca juga : BMW R18 Classic 2021 Mengaspal di Thailand, Indonesia Segera Menyusul Dengan Harga Rp 1 Milyar Lebih!

2. Ada Gigi Mundurnya

Dengan berat motor yang mencapai 365 kg, rasanya akan menyulitkan untuk memundurkan motor saat hendak keluar dari lokasi parkir. Pihak BMW sudah memikirkan hal tersebut, dan melengkapi BMW R18 Classic dengan opsi gigi mundur.

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 03

Turunkan tuas untuk bisa mundur otomatis.

"Sebenarnya bukan gigi mundur, tapi disebutnya reverse assist karena untuk mundur bukan pakai tenaga mesin dan transmisi khusus, tapi pakai dinamo starter," kata Benny, Marketing Director Maxindo Moto Nusantara kepada Autofun.co.id.

Untuk bisa memundurkan motor secara otomatis, Anda harus menurunkan dulu tuas yang ada di sisi kiri mesin depan intake. Jika sudah, tinggal tekan tombol starter, maka motor akan bergerak mundur.

Baca juga : Jangan Penasaran, Semua Hal Terkait BMW R18 First Edition 2021 Ada Disini

3. Manipulasi Suspensi

Dengan inspirasi desain motor cruiser BMW R5 yang beredar tahun 1930-an, BMW ingin sosok R18 ini seolah-olah menggunakan sasis rigid (tanpa suspensi belakang). Tapi sasis tersebut tak akan nyaman dipakai.

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 04

Letak suspensi belakang sangat tersembunyi.

BMW Motorrad mengakalinya dengan memanipulasi letak suspensi belakang, dan menyembunyikan di bawah jok. Sementara itu, sasis motor ini dibuat seolah-olah menyatu seperti halnya sasis rigid.

Jadi kesan cruiser dengan sasis rigid tetap terlihat, namun tetap nyaman digunakan. Untuk jenis sasis yang digunakan sendiri adalah tipe double cradle steel. Ciri khasnya adalah bentuk sasis yang memeluk mesin.

4. Fitur Canggih

Harga Rp 1 milyar lebih untuk sebuah sepeda motor, tentu kelengkapannya istimewa. Mulai dari panel meter analog dengan layar digital kecil di bagian bawahnya yang nampak mewah dan klasik.

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 05

Panel meter BMW R18 Classic 2021.

Kemudian ada tiga buah Riding Mode : Rock, Roll dan Rain. Jangan lupakan BMW Motorrad Integral ABS, yang mampu mencegah roda terkunci kala melakukan pengereman mendadak.

Untuk BMW R18 Classic juga sudah dilengkapi dengan cruise control yang bisa memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berkendara di jalan kosong. Pada BMW R18 fitur ini tak tersedia.

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 06

Cruise control ada di setang kiri BMW R18 Classic.

Jangan lupakan juga hadirnya steering damper, yang terpasang dekat segitiga bawah motor. Komponen ini berfungsi untuk menjaga stabilitas setang dan bisa diatur sesuai kebutuhan.

Lampu LED untuk seluruh bagian, LED DRL, rem cakram ganda di depan, serta pelek 16 inci yang dibalut ban berprofil tebal. Meski jari-jari, ban yang dipakai tentu sudah tubeless.

Baca juga : BMW R18 First Edition 2021, Warisan Motor Klasik Seharga Rp 900 Jutaan Hadir di Indonesia

5. Siap Touring

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 07

Lampu LED dengan sepasang tambahan lampu kabut untuk BMW R18 Classic.

Untuk penghobi touring, BMW R18 Classic 2021 jelas pilihan tepat. Pasalnya sudah dibekali banyak sekali piranti pendukung untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Paling mudah dilihat ada windscreen bening berukuran besar, yang mampu menghalau angin dari depan. Kemudian terdapat sepasang lampu kabut tambahan, sehingga penerangan bisa lebih maksimal.

Lalu sudah tersedia tempat duduk dan pijakan kaki untuk penumpang, jadi bisa riding berboncengan. Terakhir adanya sepasang saddle bag kulit dengan gaya klasik yang kental.

Dijual Dua Kali Lebih Mahal Dari Honda CR-V, Apa Hebatnya BMW R18 Classic 2021? 08

BMW R18 Classic bisa dipakai boncengan dan ada saddle bag bawaan.

Kesimpulan

Untuk Anda yang memang sudah mapan dan ingin memiliki sebuah motor dengan image premium yang kuat, BMW R18 Classic 2021 sangat layak menjadi pilihan. Posisi duduk nyaman, fitur lengkap serta mesin kuat.

Harga off the road BMW R18 Classic pun hanya terpaut Rp 100 juta dibandingkan BMW R18 biasa. Tentu lebih baik ambil model yang lebih lengkap bukan?

Data Spesifikasi BMW R18 Classic
Dimensi
P x L x T 2.440 x 964 x 1.397 mm
Sumbu Roda 1.731 mm
Tinggi Jok 710 mm
Kapasitas Tangki 16 liter
Berat Motor 365 kg
Mesin
Tipe 4-tak, boxer, DOHC 8 katup, pendingin udara
Kapasitas 1.802 cc
Diameter x Langkah 107,1 x 100 mm
Rasio Kompresi 9,6 : 1
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 92,2 PS @ 4.750 rpm
Torsi Maksimal 158 Nm @ 3.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Double cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swinging fork, central shock
Ban Depan 130/90-16
Ban Belakang 180/65-16
Rem Depan Cakram ganda, ABS
Rem Belakang Cakram tunggal, ABS

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });