Dijual Rp 300 Jutaan, Yamaha 125Z New Old Stock Ini Lebih Mahal Dari Ducati Monster Terbaru!
Harry · 15 Okt, 2021 15:00
0
0
Pamor motor bermesin 2-tak belakangan ini tengah menanjak, harga motornya melambung tinggi, karena selain tak diproduksi lagi, banyak juga yang menggoreng harga. Misalnya Yamaha 125Z yang di Indonesia, harganya lebih dari Rp 60 juta.
Malah jika kondisinya apik, ada yang berani menawar dengan uang Rp 80 juta lebih! Wow bangetkan? Tapi rasanya harga termahal Yamaha 125Z di Indonesia tak ada yang mengalahkan unit yang dijual di Malaysia.
Gak tanggung-tanggung, sang pemilik melepasnya lebih mahal dari Ducati Monster 2022 terbaru, karena dijual 90.000 ringgit atau sekitar Rp 304,9 jutaan. Padahal naked bike Italia itu harganya 69.000 ringgit atau Rp 236,8 jutaan.
Dilansir Wapcar, sebelumnya unit motor serupa di Malaysia ada yang dijual sampai 85.000 ringgit (Rp 287,9 jutaan) kepada seorang di Vietnam. Harga tak wajar tapi bisa dimaklumi karena motornya adalah Yamaha 125ZR Go!, yang merupakan edisi spesial Valentino Rossi.
Lalu apa istimewanya unit kali ini yang merupakan versi standar dari Yamaha 125Z? Ternyata karena motor yang dijual lebih mahal dari Ducati itu merupakan model keluaran pertama dengan kondisi new old stock alias NOS.
Motor ini merupakan keluaran tahun 1998 ke 1999 yang sukses menjadi motor favorit anak muda Malaysia kala itu. Daya tarik dari motor ini adalah desain yang disebut sangat apik, tak seperti motor bebek dimasanya.
Selain itu adalah kemampuan mesin 2-tak miliknya yang diklaim bisa dikebut hingga 200 km/jam. Memang kemampuannya ini sangat istimewa untuk sebuah motor bebek bermesin 125 cc.
Sudah barang tentu harga jual yang tak wajar ini mengundang beragam komentar netizen, banyak pula yang menghujat jika siapa pun yang beli motor ini adalah orang bodoh. Ada pula yang mengatakan kalau harga motor ini dipermainkan.
Pasalnya menurut situs jual beli setempat, harga rata-rata untuk Yamaha 125Z ini diangka 5.000 ringgit (Rp 16,9 jutaan) sampai 13.000 ringgit (Rp 44 jutaan) tergantung kondisi dan tahun pembuatan.
Yamaha 125Z di Indonesia
Kiprahnya di Indonesia pun terbilang sangat singkat. Masa edarnya hanya 2 tahun saja pada rentang tahun 2000 sampai 2002, dan oleh Yamaha Indonesia yang saat itu masih PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, didatangkan langsung secara CBU dari Malaysia.
Motor satu ini memang menarik, desain sporty-nya tak lekang oleh waktu. Mesin 125 cc 2-tak miliknya dikenal mudah dioprek, maka tak mengherankan sampai saat ini masih jadi buruan.
Tenaga standarnya mencapai 17,2 dk pada 8.000 rpm dan torsi 16,1 Nm pada 7.500 rpm. Tak heran banyak yang pakai Yamaha 125Z untuk balapan. Malah motor bebek ini pernah digeber rider GP500 asal Jepang, Norick Abe, di sirkuit Kenjeran, Surabaya pada tahun 2000.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil