window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ducati Pamer Performa Motor MotoE VS MotoGP, Akselerasinya Bisa Seimbang!

Ilham · 13 Mei, 2022 11:00

Ducati Pamer Performa Motor MotoE VS MotoGP, Akselerasinya Bisa Seimbang! 01

Adu drag motor listrik vs bensin
  • Ducati V21L belum dilengkapi Hole Shot Device.
  • Akselerasi awal terbilang seimbang.

Seperti diketahui, mulai musim depan pabrikan asal Italia, Ducati siap menggeser Energica sebagai pemasok motor listrik di balap MotoE. Hal ini membuat Ducati makin intens menguji kemampuan motor listriknya yang berjuluk Ducati V21L.

Diantaranya pengetesan yang dilakukan belum lama ini di Sirkuit Mugello, Italia. Menariknya, motor yang dipersiapkan untuk musim 2023 ini ikut diuji bersama tunggangan MotoGP yang bermesin bensin, yakni Ducati Desmosedici GP22.

Baca Juga: Tim Stylobike Pertahankan Grafis Batik Dimotornya, Logo Mandalika dan Pertamina Dicoret!

Diadu Drag di Trek Lurus Mugello

Uji coba di Mugello tersebut melibatkan dua test rider Ducati, yakni Michele Pirro bersama Chaz Davies, mantan pembalap Ducati di World Superbike. Salah satu hal menarik dalam pengujian tersebut adalah adu drag dari kedua motor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ducati Pamer Performa Motor MotoE VS MotoGP, Akselerasinya Bisa Seimbang! 01

Diadu dari posisi diam

Adu akselerasi tersebut berlangsung di garis start Mugello. Video ini diunggah oleh Pirro lewat akun Instagram resminya, @michelepirro51 yang tengah menggeber Ducati V21L. Serta beradu dengan Davies yang memakai Ducati Desmosedici GP22.

Baca Juga: Resmi! Suzuki Putuskan Hengkang dari MotoGP Akhir Musim Ini

Akselerasi Ducati V21L Tak Kalah

Meski punya dua sumber penggerak berbeda, namun yang cukup mengejutkan motor listrik Ducati V21L tidaklah kalah. Pasalnya, secara akselerasi singkat, motor tersebut masih bisa mengimbangi Ducati Desmosedici GP22 yang berpenggerak mesin bensin 1.000 cc.

Ducati Pamer Performa Motor MotoE VS MotoGP, Akselerasinya Bisa Seimbang! 02

Motor listrik masih bisa mengimbangi di awal

Padahal saat berakselerasi dari diam itu, Ducati Desmosedici GP22 yang sudah dilengkapi sistem Hole Shot Device yang membuat suspensi belakang amblas untuk menghindari roda depan terangkat. Dan V21L tak tampak adanya peranti tersebut.

Seperti terlihat di video tersebut, saat start Ducati V21L masih sempat bersisian. Namun selepas beberapa ratus meter, perbedaan tenaga keduanya jelas terlihat. Ducati Desmosedici GP22 jelas lebih perkasa.

Ducati Kembangkan Motor Listrik Balap Bersama Tim MotoGP

Secara awam, pengujian tersebut memang terbilang unik, karena membandingkan dua motor balap dengan sumber penggerak yang berbeda. Namun sebenarnya hal ini dilakukan Ducati sebagai bagian kolaborasi dalam pengembangan motor balap listrik mereka.

Sebagai pemasok tunggal MotoE pada 2023 hingga 2026 mendatang  pabrikan asal Bologna ini melibatkan tim MotoGP mereka secara langsung. Bahkan prototype V21L yang berstatus motor listrik pertama Ducati juga turut mengambil peran penuh Ducati Corse dan desainer Ducati R&D, Roberto Cane.

Selain itu, sebagai produk penerus dari Energica, tentu Ducati V21L dirancang agar lebih berperforma dari pendahulunya. Sehingga motor tersebut dirancang ringan dengan penggunaan bahan karbon, serta fokus pada performa dan alokasi baterainya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });