Gaharnya BMW S 1000 RR 2023, Kini Pakai Winglet dan Mesin Kena Upgrade!
Fariz · 7 Okt, 2022 15:30
0
0
Winglet yang memberi tekanan hingga 37,7 kg di kecepatan 299,3 km/jam.
Banyak perubahan pada sisi geometri dan rangka.
BMW Motorrad secara global baru saja melakukan penyegaran pada line up flagship mereka di segmen superbike, yaitu BMW S 1000 RR 2023. Ubahan yang terjadi pada superbike ini cukup banyak.
Mulai dari sektor bodi, aerodinamika, rangka, dan pastinya ada juga ubahan pada sektor mesin yang mengacu pada varian tertingginya, M 1000 RR. Tapi paling terlihat ada pada desain depan dengan penyematan winglet.
Winglet
Wingletnya ini berbahan composite plastic yang seketika membuat tampilan S 1000 RR 2023 lebih sporty, benar-benar tampil layaknya motor tunggangan balap! Wingletnya ini diklaim bisa memberikan tekanan 37,7 kg pada kecepatan 299,3 km/jam.
Dengan begitu bisa dipastikan roda depan akan tetap menapak di aspal meski dipacu dalam kecepatan tinggi. Meski winglet yang digunakan tampak seperti M 1000 RR, tapi ternyata daya tekan yang dihasilkan lebih kecil dari tipe tersebut.
Perubahan berlanjut di sektor rangka dan geometrinya, apalagi BMW S 1000RR 2023 kini sudah menggunakan M chassis kit yang lebih tinggi di sisi belakang dan adjustable swing arm pivot.
Dengan begitu pemiliknya bisa mengatur pivot swing arm dengan lebih leluasa sesuai dengan karakter berkendara dan karakter sirkuit, cocok untuk mereka yang berfokus main di sirkuit.
Selain itu rangka juga diubah tingkat fleksibilitasnya untuk kebutuhan sirkuit. Revisi pada rangka ini terlihat dari adanya 4 buah lubang baru pada rangkanya. Tentunya ini membuat rangka lebih fleksibel dibanding generasi sebelumnya.
Kemudian steering head angle dibuat sedikit lebih rendah 0,5 derajat menjadi 66,4 derajat dan mengurangi offset pada fork bridges sebanyak 3 mm sehingga menjadi 25,5 mm untuk memberi feedback yang akurat pada roda depan.
Segitiga baru yang posisi offsetnya dikurangi 2,54 mm membuat posisi trail bertambah, dari 93,9 mm menjadi 99 mm dan tentunya membuat wheelbase sedikit memanjang, dari 1.440 mm menjadi 1.457 mm.
Ubahan lainnya ada pada revisi di suspensi belakang, termasuk penyematan height-adjustable linkage dan penggantian bushing roda dan kaliper untuk mempermudah dan mempercepat waktu penggantian roda.
Steering Angle Sensor
Di model 2023, BMW S 1000 RR dibekali 6 tingkat DTC (Dynamic Traction Control) dan steering angle sensor baru yang memiliki 2 fungsi. Pertama untuk mengatur Brake Slide Assist saat deselerasi dan Slide/Slip Control saat berakselerasi.
Steering angle sensor terbaru ini bisa mengatur drift angle sekaligus mengontrol slip melalui DTC. Untuk DTC di level 2 dan 3 sudah dioptimalisasi untuk kebutuhan sirkuit tertutup.
Bergelut di dunia balap, membuat BMW turut menurunkan komponen yang dipakai balapnya ke motor harian pada mesin BMW high-performance ShiftCam 4 silinder yang diusungnya.
Seperti airbox baru yang diturunkan dari M 1000 RR untuk memberikan suplai udara dan memberi volume lebih banyak. Kepala silindernya memiliki geometri baru dan diperkuat pada bearing brackets dan stem dari M 1000 RR.
Komponen lain yang juga diturunkan dari M 1000 RR adalah variable-height intake funnels yang bisa naik dan turun menyesuaikan putaran mesin. Mesin ini punya klaim tenaga maksimal 207,8 ps di 13.000 rpm dan torsi 112,5 Nm pada 11.000 rpm.
Selebihnya ada penggunaan aki lithium battery, USB port di sisi belakang, opsional GoPro holder, dan kabel bodi yang didesain ulang untuk memudahkan pelepasan bracket pelat nomor belakang.
Menurut website BMW Motorcycles, base model BMW S 1000 RR 2023 dibanderol $ 17.895 atau Rp 271.847.418 dan untuk M Package dibanderol $ 24,739 atau Rp 375.679.612.
Yang perlu diingat itu adalah harga untuk pasar eropa, jika dijual di Indonesia kemungkinan motor ini akan bermain di angka Rp 800 jutaan atau bahkan bisa tembus Rp 1 Miliar. Wow!
Spesifikasi BMW S 1000 RR 2023
Mesin
DOHC 16 katup, pendingin cairan
Kapasitas mesin
999 cc
Bore x stroke
80 x 49,7 mm
Perbandingan kompresi
13,3:1
Transmisi
6 percepatan
Tenaga maksimal
207,8 ps @13.000 rpm
Torsi maksimal
112,5 Nm @11.000 rpm
Sistem bahan bakar
Electronic fuel injection dengan throttle body 48 mm
Rangka
Twin-spar aluminium
Suspensi depan
Marzocchi upside down fully adjustable Ø 45 mm, travel 119,3 mm