Gandeng Brand Cina Bikin 'Mocil', Harley-Davidson Lepaskan Mesin V-Twin Andalannya
Ilham · 28 Mar, 2022 16:30
0
0
Desain paten HD 338R
Andalkan mesin 353 cc berpendingin cair.
Gandeng produsen motor Cina Qianjiang Motors.
Pabrikan motor legendaris, Harley-Davidson sejak beberapa tahun terakhir berniat memperluas target market mereka di pasar global. Pengembangan model baru dengan mesin-mesin revolusioner, yang tak menganut pakem 'jadul' diproduksi.
Salah satunya dengan memproduksi motor kecil (mocil) dengan kapasitas mesin yang tak terlalu besar. Di mana pabrikan asal Amerika Serikat tersebut telah memproduksi varian Street 500 dan Street 750.
Sayangnya, penerimaan di pasar tidaklah terlalu baik. Namun hal itu tidak menyurutkan Harley-Davidson dalam memproduksi produk baru mereka dengan volume mesin kecil, yang ditengarai julukannya adalah Harley-Davidson 338R.
Bocoran Dari Dokumen VIN
Kehadiran Harley-Davidson 338R didapat melalui bocoran dokumen berupa dekoder nomor identifikasi kendaraan (VIN) yang diserahkan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA). Produsen motor biasanya mengajukan dokumen semacam itu untuk menjelaskan format VIN pada model yang akan datang.
Dalam dokumen tersebut, terkuak beberapa informasi penting tentang sepeda motor itu. Seperti jenis mesin, jenis transmisi, tahun pembuatan dan banyak lagi.
Berdasarkan informasi ini, Harley Davidson 338R akan memiliki dua turunan. Kode VIN masing-masing LWZX350 dan LWZX350RA. Desainnya pun sudah lama terkuak dan sedikit menanggalkan nuansa khas HD yang identik dengan motor cruiser.
Di mana dari tampilannya, paten ini menunjukkan bahwa Harley-Davidson 338R bakal mengadopsi desain neo-retro bergaya scrambler modern. Sehingga bakal bersaing dengan Ducati Scrambler Sixty2 atau Royal Enfield Scram 411.
Bermesin 353 Cc 2-Silinder Paralel
Kesan Harley-Davidson orisinal masih terasa di Street 500 dan Street 750 karena konstruksi mesin keduanya yang V-Twin. Tapi motor anyar yang disiapkan oleh salah satu pabrikan motor tertua di dunia ini bakal jauh berbeda.
Bukan hanya volume mesinnya yang paling mungil, yakni 353 cc saja, tapi dari sisi konstruksinya pun berbeda. Alih-alih memakai mesin V-Twin, Harley-Davidson 338R disiapkan dengan mesin bertipe twin paralel.
Kemungkinan besar, efisiensi budget jadi tujuannya. Karena mesin V-Twin terbilang mahal karena butuh dua blok silinder. Sementara versi paralel lebih murah karena hanya butuh satu buah blok saja, seperti kebanyakan mesin dua ilinder 250 cc dari pabrikan Jepang.
Fakta menarik lainnya yang terkuak di motor Harley-Davidson 338R adalah kerjasama mereka dengan brand motor Cina, Qianjiang Motors. Bukan pabrikan kecil tentu, karena Qianjiang Motors merupakan induk dari brand motor asal Italia, Benelli.
Disamping itu, tahun ini Qianjiang Motors melalui brand QJ Motor juga turun di ajang balap Moto3 2022. Kira-kira bakal dijual berapa nanti ya?