Honda CRF150L Bakal Punya Saudara Baru, Tampang Adventure Klasik Ala Pacuan Dakar Rally Lawas
Ilham · 2 Mar, 2022 12:30
0
0
Honda CRF190L Adventure bermesin 184 cc berpendingin udara.
Bergaya Rally Dakar lawas.
Satu lagi keluarga motor penjelajah, Honda CRF Series siap meluncur. Kali ini julukannya Honda CRF190L Adventure yang akan jadi saudara baru dari Honda CRF150L, dan akan mengisi segmen di antara Honda CRF150L dan CRF250 Rally.
Eits, Anda jangan keburu senang dulu. Karena motor tersebut bukan hadir untuk pasar Indonesia, tapi masuk ke segmen sport adventure di India. Di sana pesaingnya adalah Hero XPulse 200 dan KTM 250 Adventure.
Seperti dilansir dari Rushlane, nantinya Honda CRF190L Adventure mengusung basis yang sama dengan motor sport adventure touring, Honda CB200X di sana. Kehadirannya terkuak lewat bocoran patennya yang tersebar di India.
Dalam dokumen tersebut Honda CRF190L rencananya bakal diluncurkan bersama Honda NT1100 dan Honda CBR150R oleh Honda Motorcycle and Scooters India (HMSI).
Hal yang jadi perhatian di motor tersebut adalah desain tampilan luarnya yang sedikit bernuansa retro. Di mana terlihat bentuk fairing yang bergaya motor Rally Dakar lawas.
Tongkrongan lawas tersebut terlihat pada penggunaan headlamp besar dengan lekuk sederhana. Tampilannya mengingatkan akan sosok Honda Africa Twin XRV750 yang beredar di akhir dekade 80-an.
Pun demikian dengan desain bodi samping yang minim lekuk tegas. Kesan minimalis ini juga bertahan hingga ke belakang.
Layaknya motor dual purpose, Honda CRF190L Adventure dikawal dengan pelek jari-jari dan ban all terrain yang punya alur besar. Ukurannya 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Remnya memakai cakram di roda depan, tapi masih tromol di belakang.
Pengaplikasian di sektor tampilan dan kaki-kaki juga yang jadi pembeda terbesar motor tersebut dengan Honda CB200X yang lebih mengarah ke touring jalan raya.
Di Indonesia, motor-motor dengan spek mesin yang mirip seperti di India sempat jadi idola. Semisal Honda New Megapro atau Yamaha Byson. Tapi kini sudah terganti dengan mesin 150 cc berpendingin radiator.
Nah, di Honda CRF190L Adventure spesifikasi mesinnya masih selera India. Yaitu 184 cc berpendingin udara SOHC. Mesin yang sama dengan Honda CB200X ini sanggup menghasilkan daya hingga 17 PS pada 8.500 rpm dengan torsi 16,1 Nm di 6.000 rpm yang tersalur dengan transmisi 5-percepatan.
Hmm, kira-kira sesuai nggak nih jadi saudara Honda CRF150L di Indonesia?