Honda CRF150L Supermoto, Andalkan Kaki-Kaki Gambot dan Bodi CRF450
Fariz · 6 Jul, 2023 11:00
0
0
Modifikasi Honda CRF150L bergaya supermoto
Pakai body set model Honda CRF450.
Kombinasi swing arm Gordons dengan lebar ban 160/60-17 gambot.
Modifikasi bergaya supermoto kerap dipilih pemilik motor trail, namun lebih sering bermain di jalur on road. Sama halnya dengan Honda CRF150L (Spesifikasi | Berita) satu ini.
Benny Saputro, menggarap Honda CRF150L miliknya menjadi supermoto. Namun, modifikasinya ini cukup terkonsep dan membuatnya terlihat lebih gagah. “Inspirasinya dari motor CRF150L @perjapremium di Instagram,” bukanya.
Uniknya, ubahan pertama justru menyasar ke sektor mesin. Mulai dari penggantian diameter piston lebih besar, throttle body besar, kepala silinder dengan klep lebih besar dan CNC porting hingga knalpot Norifumi full system.
“Karena ada cerita lucu. Saat itu, pas berangkat kerja adu kecepatan sama Vario di lampu merah dan motor saya kalah. Dari situ modifikasi mesin. Naik cc, tapi naik berapanya saya kurang paham,” sambung Benny.
Kaki-Kaki Honda CRF150L Jadi Kekar
Kemudian, Benny melakukan beberapa kali perombakan pada kaki-kaki agar sesuai dengan keinginannya. Bahkan, suspensi depan dan swing arm turut diganti sehingga membuat wheelbase jadi sedikit memanjang dan tinggi seperti motor Special Engine.
Aplikasi knalpot Norifumi full system melengkapi modifikasi mesin.
Pakai cakram Thor semi-floating 300 mm bikin kaki depan lebih berisi
“Suspensi depan pakai upside down HT Suspension model KTM jadi lebih gagah. Monoshock saat ini masih standar, ada masukan dari teman katanya enakan standar. Mungkin kalau sudah ada duitnya nanti pengin ganti Öhlins,” sambung pria yang menjual ayam potong di RPH Rawa Terate ini.
Karena penopang roda sudah lebar, maka penggunaan pelek lebar dan ban lebar pun bukan lagi masalah besar.
Untuk itu CRF150L milik Benny disematkan sepasang pelek ROZ dengan lebar depan 3.50 x 17 inci berbalut ban Dunlop Sportmax GPR-300 120/70-17. Sementara untuk belakang, lebar 4.25 x 17 inci dengan label ban sama berukuran 160/60-17.
Tidak ketinggalan ada penggunaan cakram Thor semi-floating dengan diameter 300 mm, gir belakang ROZ 46 mata dikombinasi rantai Expedition, swing arm Gordons dan tutup gir depan Scarlet Racing.
Bodi CRF450
Kaki-kaki yang sudah lebih gambot, tentu kurang proporsional jika dikombinasikan dengan bodi orisinal CRF150L yang tergolong ramping.
Untuk itu, satu set bodi berlabel HRV dengan model Honda CRF450 pun dipasang pada motor Benny. Lantas sebagai pemanis, dipasang decal dominasi warna hitam dan beberapa stripe merah serta putih bertuliskan Kang Tepo.
“Bodi ini lebih lebar, pilih warna hitam merah ini biar sama kaya di STNK nya. Kang Tepo ini dulu nama ingame saya, trus banyak yang panggil gitu jadi yaudah taruh aja di motor, hehee…” seru pria yang menyerahkan beberapa pengerjaan motornya ke Caos Custom Bike ini.
Selebihnya, ada penggunaan lampu mini projie sebagai pengganti lampu utama karena sudah digantikan papan nomor. Kemudian, terdapat segitiga X-Trig ROCS berbahan aluminium serta komponen aftermarket lainnya dengan warna red anodized.
Kombinasi lebar pelek 4,5 inci dengan ban 160/60-17 bikin bokong makin sexy