Honda Dikabarkan Sedang Riset ADV 160 Pakai Mesin eSP+ dan HSTC, Kapan Muncul?
Harry · 11 Feb, 2021 13:00
0
0
Setelah Honda PCX 160 2021 hadir dengan mesin baru eSP+ dan dilengkapi HSTC, Honda ADV 160 2021 dikabarkan akan muncul dengan teknologi serupa. Tak heran memang, karena keduanya menggunakan basis mesin yang sama.
Ya sejak Honda PCX 150 hadir tahun 2018, disusul Honda ADV 150 tahun 2019, keduanya memang berbagi platform mesin yang sama. Tapi jika dirunut, mesin yang digunakan keduanya punya spesifikasi mirip Honda Vario 150.
Mesin 150 cc tersebut berkubikasi 149 cc dengan spesifikasi SOHC 2 katup pendingin cairan. Output tenaganya 14,5 PS pada putaran 8.500 rpm dengan torsi mencapai 13,8 Nm di 6.500 rpm.
Kala mesin tersebut digunakan pada Honda Vario 150, performanya terasa mantap karena bobot motor yang juga lebih ringan. Sehingga rasio tenaga dan berat motor bisa lebih baik.
Tapi kala mesin yang sama disematkan pada Honda PCX dan juga Honda ADV, performanya seperti keteteran. Tak lain karena bobot motor yang juga lebih berat, keduanya punya bobot lebih dari 120 kg.
All New Honda ADV 160 Dengan HSTC
Berkaca pada spesifikasi Honda PCX 160 versi Indonesia, output mesin eSP+ itu mencapai 16 PS pada 8.500 rpm, dengan torsi maksimal 14,7 Nm di 6.500 rpm. Ada kenaikan tenaga 1,5 PS dan torsi bertambah 0,9 Nm.
Mesin eSP+ punya spesifikasi mumpuni, dengan SOHC 4 katup, rasio kompresi mencapai 12 : 1, throttle body 28 mm, dan karakter mesin over bore, sehingga lebih kuat pada putaran atas.
Dengan mesin yang total baru itu, performanya berubah jadi lebih baik. Tarikan lemot yang banyak dikeluhkan pada Honda PCX 150 2020 berhasil diatasi.
Dan bila menilik data spesifikasi di atas kertas, output mesin eSP+ Honda PCX 160 bahkan lebih superior dari kompetitor terdekatnya, Yamaha Nmax 155. Terpaut selisih 0,7 PS untuk tenaganya dan torsi 0,8 Nm lebih besar Honda PCX 160.
Artinya, jika mesin eSP+ dipasangkan untuk Honda ADV 160 kelak, performanya akan berubah drastis. Otomatis akan semakin mendukung konsep Honda ADV yang merupakan skutik bergaya adventure.
Penambahan fitur HSTC (Honda selectable torque control) juga akan memberikan rasa aman pada pengendara di jalan licin. Fitur ini akan mencegah roda belakang selip yang bisa membuat celaka.
Dan jika melihat Honda PCX 160, rasanya fitur HSTC hanya akan disematkan pada varian ABS saja. Sedangkan varian CBS, tidak akan ditambahkan fitur keselamatan aktif tersebut.
Kapan Honda ADV 160 Meluncur?
Kami memprediksi Honda ADV 160 akan hadir pada tahun 2022 atau paling cepat akhir tahun 2021 ini. Pertimbangannya tak lain karena usia produksi skutik tersebut yang relatif masih muda.
Berkaca pada Honda PCX 150 generasi ketiga yang muncul tahun 2018, dan digantikan generasi keempat pada awal tahun 2021 ini, artinya ada jeda waktu sekitar dua tahun sebelum digantikan model terbaru.
Sementara Honda ADV 150 sendiri rilis di Indonesia pertengahan 2019 lalu, yang artinya masa produksi generasi pertama belum genap dua tahun. Maka kemungkinan terbesar waktu peluncuran akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022 mendatang.
Kesimpulan
Memang ini masih sekedar bocoran informasi, namun kehadiran Honda ADV 160 memang akan benar-benar terjadi. Jika benar prediksi kami, kenaikan harga Honda ADV 160 varian CBS hanya beberapa ratus ribu rupiah saja.
Beda halnya untuk Honda ADV 160 varian ABS yang ditambahkan fitur HSTC, kemungkinan kenaikan harganya akan cukup signifikan seperti halnya Honda PCX 160 varian ABS.
Jika mesin eSP+ dan HSTC benar-benar disematkan untuk Honda ADV 160, statusnya sebagai skutik premium mesin 150-160 cc tercanggih akan semakin kuat. Ingat, ADV sendiri singkatan dari advance bukan adventure.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil