Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin Handling Jadi Berat?
Fariz · 19 Apr, 2022 15:20
0
0
Berat naik 3 kg baik tipe CBS dan CBS-ISS
Karakter suspensi mirip dengan Genio sebelumnya
Akibat ubahan dari tampilan terbarunya, New Honda Genio 2022 mengalami sedikit kenaikan bobot. Salah satu komponen penyumbang penambahan bobot ini tentu saja dari sektor kaki-kaki.
Karena di sektor ini banyak terjadi pembengkakan. Seperti penggunaan sepasang pelek ring 12 inci dengan balutan ban gambot, belum lagi ada stem atau segitiga yang ikut melebar demi menyesuaikan roda yang kini lebar.
Jadi gak heran kalau Honda Genio 2022 punya kenaikan bobot 3 kg dari versi pendahulunya. Dari 89 kg untuk tipe CBS menjadi 92 kg dan jadi 93 kg dari 90 kg untuk tipe CBS-ISS. Ada juga jok dan ground clearance yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.
Lantas bagaimana dengan posisi berkendara dan handlingnya? Berikut ulasannya.
Selain kenaikan bobot yang disebutkan sebelumnya, ground clearance dan jok juga sedikit lebih tinggi. Ground clearance jadi 150 mm dari awalnya 147 mm, sedangkan jok jadi 744 mm dari yang sebelumnya 740 mm.
Salah satu penyebabnya adalah suspensi belakang yang kini lebih panjang. Genio generasi pertama punya panjang suspensi 314 mm sedangkan generasi terbarunya punya panjang suspensi 322 mm.
Jadi meski menggunakan lingkar pelek yang terlihat lebih kecil, tapi tidak membuat Genio terbaru jadi pendek atau cebol. Artinya akan tetap nyaman, proporsional untuk dikendarai, dan tetap punya jarak mesin dengan tanah yang jauh.
Untuk pengendara 170 cm, duduk di atas jok Genio hanya sedikit jinjit. Kalau mau lebih menapak bisa memajukan posisi dukuk, karena joknya punya desain yang makin mengecil di sisi depan.
Dimensi jok yang lebar bisa menampung bokong pengendar dengan baik. Apalagi busa yang digunakan Genio tebal, empuk, dengan kulit jok yang lumayan lentur. Berkendara lama dengan Genio akan tetap terasa nyaman.
Posisi kaki juga tidak banyak berubah, posisi paha tidak terlalu naik sehingga bikin kaki relax tanpa pegal berlebih. Pijakan kaki untuk sepatu ukuran 42 juga masih cukup luas, masih ada ruang lebih untuk menggeser posisi kaki.
Handling
Meski ada kenaikan bobot, tapi handling dari Genio 2022 masih terasa ringan. Coba untuk memaju mundurkan, menggeser, hingga memposisikan standar tengah masih mudah tanpa perlu tenaga lebih.
Artinya motor ini masih bersahabat untuk pengendara perempuan pastinya, sehingga badan tidak mudah lelah saat mengendalikan Genio terbaru ini. Suguhan handling yang lincah dan nurut ke mana pengendaranya mau juga masih terasa di Genio ini.
Apalagi saat merayap di kemacetan, dimensinya yang tidak terlalu besar membuat Genio lincah saat selap-selip. Kedua suspensi juga punya karakter redaman yang identik dengan generasi sebelumnya.
Suspensinya bisa dibilang berhasil meredam jalan rusak dengan cukup baik untuk postur pengendara 63 kg, sehingga hentakan tidak terlalu terasa di badan pengendara. Untuk berbelok cepat juga masih bisa dilakukan dengan baik, hanya ada sedikit limbung jika dipaksakan.
Jarang terasa bottoming saat melalui jalur yang rusak, kecuali memang lubang di jalan tersebut sangat dalam. Saat dipakai berboncengan juga masih cenderung stabil, suspensi belakang jadi sedikit bottoming ketika melalui jalur rusak parah.
Meski pakai diameter cakram yang mungil dan rem tromol di belakang, ternyata respon pengeremannya cukup baik. Ditunjang juga dengan CBS yang bikin momen pengereman lebih imbang.