Honda Giorno+ Ternyata Ada di Indonesia, Langsung Full Modif!
Fariz · 22 Okt, 2024 17:30
0
0
Datangkan part langsung dari Thailand.
Motif Pedrosa Shogun pada helm Arai jadi inspirasi.
Seperti yang kita tahu kalau kehadiran Honda Giorno+ sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta sepeda motor di Indonesia.
Tapi ternyata di bulan Februari 2024 PT Astra Honda Motor (AHM) justru meluncurkan Honda Stylo 160, hal tersebut membuat angan-angan kehadiran Honda Giorno+ pun sirna.
Tidak terkecuali Mr. Zam yang malah sudah mempersiapkan konsep modifikasi untuk motor tersebut jauh-jauh hari sebelum pengumuman launching Stylo 160.
Bahkan dirinya sudah mempersiapkan berbagai komponen modifikasi Honda Giorno+ yang dipesan langsung dari negeri Gajah Putih tersebut sejak bulan Desember 2023.
“Karena yang launching bukan Giorno+, akhirnya batalin SPK yang ternyata Stylo 160 itu,” ujarnya.
Modifikasi Honda Giorno+
Karena sudah kepalang tanggung membeli part modifikasinya, Mr. Zam pun memesan langsung Honda Giorno+ dari Thailand.
Rumah modifikasi RD Matic Shop yang berada di Jl. Kembang Kerep No.C10, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat ditunjuk untuk menggarap modifikasi motor asli Thailand ini.
“Karena part udah lebih dulu dipesan, jadi gak butuh lama untuk garapnya, kurang lebih 1 bulan. Mayoritas part-nya juga plug and play,” sebut Richard Danu dari RD Matic Shop.
Modifikasi mulai dari kaki-kaki depan, bottom shock original digantikan dengan Kamui yang memiliki aksen carbon fiber yang lebih sporty.
Kemudian dikombinasi dengan perangkat pengereman yang ditingkatkan, Mr. Zam menggunakan kaliper Brembo 2P nickel dipadu quick release HYB serta slang rem HEL.
Cakram turut dibesarkan menggunakan Kamui semi-floating berukuran 220 mm, ukuran ini dirasa paling pas untuk lingkar pelek 12 inci.
Kalipernya dipompa oleh master rem Brembo RCS15 dengan tabung minyak rem Rizoma, lengkap dengan remote adjuster TWM yang ngumpet di bawah handle rem belakang yang juga pakai merk TWM.
“Di sini pengerjaan harus presisi. Coakan dibuat pas untuk handle master rem dan tabung minyak rem,” tunjuk Danu.
Lampu utama tidak luput modifikasi, kalau ini diserahkan ke RIC Lighting menggunakan Bi-LED dari UPS Waymaker S500 lengkap dengan devil eyes dan angel eyes yang membuatnya tampil mewah.
Kaki-kaki Honda Giorno+
Beralih ke area belakang ubahannya cukup bikin tampilan padat! Paling mencolok adalah penggunaan suspensi belakang Ohlins tipe HO349 yang memang dibuat khusus untuk Giorno+, posisi tabungnya unik karena mengarah ke bawah.
Lalu dikombinasi dengan hydraulic preload adjuster dari TBT untuk memudahkan dalam penyetelan preload.
Di sisi kanan swing arm original digantikan dengan Kamui yang terbuat dari bahan aluminium dan diproses menggunakan mesin CNC, hasilnya memiliki detail serta finishing sangat apik.
Tidak ketinggalan kedua peleknya turut diganti pakai produk GP Racing, tetap lingkar 12 inci tapi dengan desain menarik yang tentunya berbahan aluminium diproses mesin CNC.
Pelek baru dengan warna orange anodize ini dibalut ban soft compound dari Pirelli Diablo Rosso Scooter SC ukuran 100/90-12 depan dan ukuran 120/80-12 belakang.
Kalau untuk sektor mesin masih dipertahankan kondisi standar nih, artinya tetap 125 cc tapi diakhiri dengan knalpot standar racing Chan Speed asal Thailand dan pulley custom.
Bodi Pedrosa
Part modifikasi yang sudah terpasang, diakhiri dengan sedikit sentuhan pada bodi utamanya nih yang diberi kelir silver terinspirasi dari mobil Lexus.
Dibalut cutting sticker garapan Graphic Factory yang mengusung motif dari helm Pedrosa Shogun, ini membuat wajah karakter samurai terpampang jelas di bodi depannya.
Terakhir beberapa bodi dibalut menggunakan carbon fiber, gak tanggung-tanggung nih partnya juga dibawa langsung dari Thailand berlabel Fiat Hyper Carbon.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17