window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Honda Stylo 160 Dites Dyno, Tenaga dan Torsinya Cuma Segini!

Fariz · 12 Feb, 2024 11:30

Honda Stylo 160 Dites Dyno, Tenaga dan Torsinya Cuma Segini! 01

Honda Stylo 160 diuji di atas mesin Dynojet 250i milik Sportisi Moto.
  • Digas beberapa kali di atas mesin dyno untuk dapat tenaga dan torsi maksimal.
  • Tenaga mulai turun di 9.000 rpm.

Honda Stylo 160 mengusung tema ‘Fashion Meets Power’, dari tagline tersebut bisa dijabarkan kalau matic ini mengedepankan desain premium yang eye catching.

Desainnya sendiri menganut aliran klasik modern yang mana sisi klasik terasa pada penempatan lampu utama di setang.

Lalu ada juga desain bodi lebar dan melandai hingga ke belakang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Sedangkan untuk sisi modern ditunjukan dengan penggunaan lampu tipe LED di seluruh penerangannya, Honda Smart Key System, rem cakram depan dan belakang untuk tipe ABS, dan masih banyak lagi.

Sedangkan power yang dimaksut pada tagline tersebut tentu saja berarti motor ini dibekali dengan mesin yang cukup bertenaga.

Mesin Honda Stylo 160

Mesin yang digunakan Stylo 160 ini pakai basic dari matic 160 series dari Honda, namun lebih identik dengan milik Vario 160.

Baca juga: Kepingin Honda Stylo 160 Murah Perawatan, Coba Trik ini!

Honda Stylo 160 Dites Dyno, Tenaga dan Torsinya Cuma Segini! 01

Mesin identik dengan milik Honda Vario 160

Ini pun diyakini oleh Sarwono Edhie yang merupakan Technical Service Division (TSD) PT Astra Honda Motor (AHM) kalau basic mesinnya sama.

“Mesin, CVT, dan rasio sama dengan Vario 160. Yang membedakan hanya pada mapping ECM (Engine Control Module) saja,” ucapnya.

Spesifikasi mesinnya 1 silinder, SOHC 4 katup, PGM-FI, eSP+, dan tentunya menggunakan radiator untuk menjaga suhu mesinnya.

Menggunakan kombinasi diameter piston 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm membuat kapasitas murni mesinnya 156,9 cc.

Baca juga: Honda Stylo 160 Tampil Sporty, Hasil Kolaborasi Dengan Brand Clothing SCH

Rasio kompresi dipatok di angka 12:1 dan klaimnya memiliki tenaga maksimal 15,4 ps pada 8.500 rpm serta torsi maksimal 13,8 Nm di 7.000 rpm.

Tes Dyno

Klaim tenaga dan torsi maksimal yang dijelaskan oleh pabrikan rata-rata on crank atau alat ujinya langsung disambungkan ke kruk as.

Jadi wajar kalau angkanya selalu lebih besar dibanding on wheel.

Sedangkan pengujian on wheel tentu ada beberapa faktor yang membuatnya lebih kecil, terlebih untuk motor bertransmisi matic.

Ini karena ada banyak tenaga yang terbuang (power loss) pada sistem CVT-nya.

Untuk mengetahui tenaga serta torsi maksimal Honda Stylo 160 on wheel, motor ini langsung kami bawa ke Sportisi Moto yang berada di bilangan Pulo Gadung, Jakarta Timur.

Honda Stylo 160 Dites Dyno, Tenaga dan Torsinya Cuma Segini! 02

Tenaga dan torsi kuat di putaran tengah, tenaga mulai drop saat menyentuh 9.000 rpm 

Baca juga: Dijual Mulai Rp 27 Jutaan, Apa Saja Fitur & Teknologi Honda Stylo 160 2024?

Motor pun langsung digas selama beberapa kali di atas mesin dyno Dynojet 250i asal Amerika, hingga menghasilkan angka tenaga dan torsi maksimal.

Akhirnya muncul tenaga maksimal 12,31 hp atau 12,48 ps pada 8.430 rpm dengan torsi maksimal 11,90 Nm di 6.450 rpm.

Jika melihat grafiknya tergambar kalau torsi dan tenaganya naik dengan cukup cepat dan signifikan.

Namun ketika menyentuh 9.000 rpm tenaga mulai drop dan berhenti karena limiter di kisaran 9.500 rpm.

Powerful!!!

Sportisi Moto: 0813-1573-3333

Spesifikasi Honda Stylo 160
Tipe mesin 4 Langkah, 4 Katup, eSP+, pendingin cairan
Kapasitas mesin 156,9 cc
Bore x stroke 60 x 55,5 mm
Rasio kompresi 12:1
Tenaga maksimal 15,4 Ps @8.500 rpm
Torsi maksimal 13,8 Nm @7.000 rpm
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Sistem starter Elektrik
Sistem transmisi Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Kapasitas Oli 0,8 liter (Penggantian Periodik)
Tipe rangka Underbone - eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)
Ukuran ban depan 110/90 - 12 M/C Tubeless
Ukuran ban belakang 130/80 - 12 M/C Tubeless
Rem depan 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & 190 mm Cakram Hidrolik (CBS)
Rem belakang 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) & Tromol (CBS)
Sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) & Combi Brake System (CBS)
Tipe suspensi depan Teleskopik
Tipe suspensi belakang Swing Arm dengan Suspensi Tunggal
P x L x T  1.886 x 706 x 1.133 mm (ABS)
1.886 x 701 x 1.133 mm (CBS)
Jarak sumbu roda 1.275 mm
Jarak terendah ke tanah 151 mm
Tinggi tempat duduk 768 mm
Berat kosong 118 kg (ABS)

115 kg (CBS)

 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });