Honda Vario 150 Ngejreng dengan Kelir Mirip Suzuki Nex, Vietnam Abis!
Fariz · 8 Mei, 2022 17:30
0
0
Modifikasi Honda Vario 150 Vietnam look
Dominasi part Honda Air Blade asal Vietnam
Warna kaki-kaki 'kalem' yang kontras dengan warna bodi
Modifikasi Honda Vario semakin beragam seiring dengan modelnya yang terus berubah. Aliran yang dianut pun tidak lagi melulu Thailook atau racing look, bisa juga proper dengan ragam aksesori dari Vietnam.
Seperti yang dilakukan Rian Anggriawan pada Vario 150 miliknya ini. “Tadinya cuma beli terus sering ikut kopdar (kopi darat) sekalian nyari konsep yang cocok. Habis itu mulai jual part dan akhirnya fokusin buat modif.”
“Konsepnya sih beraroma Honda Air Blade, karena udah mulai bergeser dari Thailook ke Vietnam look. Mulai spidometer, sakelar, spion, cover CVT, cover knalpot dan hugger pakai Air Blade,” tunjuknya.
Warna bodi jadi hal yang dirasa penting bagi Rian. Untuk itu pemilihan warna buat Vario lansiran 2015 ini gak main-main, dipikirkan dengan sangat matang.
Kaki depan dominasi hitam yang 'kalem' tapi mendetail
“Biar gak ada miss warna antara bodi dan aksesoris. Sebenernya anti warna hijau sih, tapi ngeliat hijau ini kok bagus. Hijaunya mirip Suzuki Nex,” lanjut pria asli Warakas, Tanjung Priok, Jakut ini.
Modifikasi berlanjut pada area kaki-kaki dengan dominasi warna hitam dan polished. Seperti kaki depannya yang pakai tabung sokbreker Tupaknam hitam dengan kombinasi Brembo 2P hitam serta cakram RCB 260 mm beserta adaptor dari Vietnam.
Kedua pelek orisinalnya diganti pakai pelek aluminium dengan proses CNC berlabel X-Mode asal Vietnam. Punya lebar 1.60 inci depan dibalut ban FDR MP75 90/80-14 dan belakang 1.85 inci dengan ban Corsa R46 100/80-14.
“Pelek gonta-ganti dari RCB, Daytona, RCB lagi, pernah juga pake New BeAT, trus coba X-Mode deh. Warnanya juga bagus two tone. Tiap taun emang mesti ganti pelek, sekalian sama ganti ban. Mungkin berikutnya mau ganti pelek Air Blade 2020,” sambung Rian yang bekerja di PT. AHM divisi assembling ini.
Spidometer Koso dengan isi informasi yang lebih lengkap
Selanjutnya untuk menunjang kenyamanan, suspensi belakang digantikan dengan Ohlins HO831 yang memiliki tabung atas dengan setelan compression, preload, dan rebound.
“Pernah pas pake warna bodi magenta, sokbreker masih YSS G-Sport warna item merah yang ternyata gak masuk warnanya, akhirnya ganti Ohlins deh,” sambung pria yang juga punya toko aksesoris online ini.
Sebagai sentuhan akhir, mesin 150 cc kena upgrade menggunakan bore up kit KTC Kytaco dengan diameter piston 62 mm. “Tadinya mesin mau standaran aja, tapi kurus alias kurang terus, hahaa… Apalagi dulu sempat pake RX-king, jadi paling engga ada tarikan RX-King di matic.”
“Akhirnya bore up, ternyata tarikan enak dan jadi berlanjut. Klep besar, noken as SPS Thailand, throttle body 34 mm, dan piggyback Black Box. Knalpot pakai CMS generasi 1, udah ditawar sampai Rp 4 juta nih knalpot,” tunjuk Rian yang menggarap sektor mesin di SinThink Garage.