KTM RC200 2022 makin Dewasa, Bakal Masuk ke Indonesia Lagi?
Ary · 9 Sep, 2021 15:00
0
0
Selain menghadirkan versi anyar RC 390 dan RC 125, KTM juga merilis KTM RC 200 2022. Dibanding model sebelumnya, motor sport ini tampil dengan desain baru. Nuansa balap pada motor buatan India ini tidaklah hilang. Melainkan disuguhkan dengan penyajian yang lebih dewasa.
Desain KTM RC 200 2022 sangat berbeda ketimbang generasi awal. Fasadnya cenderung kaku dan penerangan utamanya pun tak lagi menggunakan model projector LED. Lampu depan itu sekarang justru kini berupa halogen dan terdiri dari satu buah saja.
Akan tetapi, terdapat daytime running light(DRL) yang mengawal headlight-nya tadi. Meski kaku, suguhan demikian justru membuat KTM RC 200 2022 terkesan futuristis. DRL itu pun berfungsi sebagai lampu sein depan si kuda besi. Finalisasi bagian wajah kemudian menyentuh ke area windscreen lebih tinggi namun aerodinamis.
Perbedaan juga tampak pada fairing. Bagian ini sekarang sudah menggunakan desain bertumpuk alias multi layer. Ubahan juga terjadi pada cover tangki bensin dan bahkan berlanjut hingga ke buritan. Ubahan perihal tampilan lantas dituntaskan dengan pemilihan desain pelek baru.
Revisi Posisi Berkendara dan Bobot
Sajian yang lebih dewasa dari KTM RC 200 2022 semakin kentara manakala pembahasan tertuju ke posisi berkendara. Ketika disandingkan dengan versi terdahulu, tampak jelas bahwa setang KTM RC 200 2022 lebih tinggi. Hal ini benar adanya karena ketinggian kemudi miliknya sekarang bertambah sebanyak 1,5 cm. Begitu pula dengan jok, di mana bantalan penyangga bokong darinya punya busa lebih tebal. Wajar jika ketinggian jok KTM RC 200 2022 menjadi lebih tinggi.
Walau begitu, pemilik tak perlu khawatir terintimidasi. Pasalnya, pihak KTM sudah melakukan pengembangan agar bobot RC 200 2022 tetap ringan. Diketahui jika KTM melakukan revisi pada bagian subframe dan menyebabkan pengurangan bobot sebanyak 1,5 kg. Jikapun ditilik, berat tubuh KTM RC 200 2022 cuma 151 kg.
Dengan timbangan lumayan ringan tadi, KTM RC 200 2022 memiliki keuntungan ketika diajak berakselerasi. Mesin satu silinder 199,5 cc dan karakter mesin overbore (bore x stroke: 72 x 49 mm), memudahkannya meraih torsi sebesar 19,5 Nm. KTM mengklaim, torsi KTM RC 200 2022 meningkat. Hal ini terjadi karena dirinya sudah menggunakan boks filter udara lebih besar.Sementara untuk tenaga puncah, tercatat sebesar 25,8 PS.
Pengendalian KTM RC 200 2022 dimaksimalkan dengan peracikan kaki-kaki depan upside down (USD) 43 mm dan monoshock keluaran WP Suspension. Penghenti lajunya mengandalkan pengereman kaliper radial 4 piston dan kaliper satu piston (depan-belakang). Sebagai pelengkap tambahan, teraplikasi sensor pengereman ABS (Antilock Braking System) di kedua roda.
Optimasi terhadapnya kemudian merujuk ke panel meter. KTM menyebut layar LCD KTM RC 200 2022 berbeda dari sebelumnya. Selain itu, terdapat pula penambahan semisal informasi gear indicator. Indikator bahan bakar tentu saja ada. Yang berbeda, kapasitas tangki bensin KTM RC 200 2022 kini bertambah dari 9,5 liter menjadi 13,7 liter.
Dengan begitu, motor ini bisa diandalkan untuk melakoni perjalanan jauh. Lantas, akankah KTM RC 200 2022 bakal dijual di Indonesia? Mungkin saja terjadi, mengingat versi terdahulunya yang jua tersedia di Tanah Air. Saat ini model tersebut dijual Rp43,5 juta. Seandainya masuk, berapa harga KTM RC 200 2022 nantinya ya?
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!