Lebih Berat, Kipas Radiator SRP Diklaim Bikin Tenaga Motor Lebih Terasa!
Fariz · 4 Apr, 2023 14:00
0
0
Punya bilah kipas yang lebih melengkung bikin suhu mesin lebih adem.
Bobot kipas sedikit lebih berat dibandingkan kipas orisinal.
Beban pada putaran mesin berpengaruh terhadap banyak hal, mulai dari menentukan karakter tenaga, hingga menentukan seberapa tinggi putaran mesin bisa berkitir.
Pada tipe motor matic, beban putaran mesin sisi kiri cukup banyak karena terhubung dengan area CVT. Sedangkan sebelah kanan terdapat magnet dan kipas untuk mendinginkan mesin atau radiator.
Kipas yang terpasang pada magnet ternyata gak sekadar mendinginkan mesin nih, tapi juga berperan terhadap karakter mesin. Maka dari itu Ultraspeed Racing membuat kipas untuk mesin Maxi Yamaha series dan matic Honda.
“Sebenarnya udah kepikiran sejak lama mau bikin ini, cuma baru terealisasikan sekarang. Saat ini buat Maxi Yamaha series sama mesin Vario series dulu, kan sama tuh matic Honda mesinnya. Tapi ada beberapa tipe yang mesti dipapas dikit dudukan radiatornya,” ujar Freddy A. Gautata owner dari Ultraspeed Racing.
Bobot Lebih Berat
Masih bicara soal bobot, kipas radiator berlabel SRP ini dibuat menggunakan bahan aluminium dan proses mesin CNC. Yang unik justru bobot dari kipas ini sedikit lebih berat dibanding kipas orisinal.
Misal ketika kipas milik Aerox 155 ditimbang memiliki berat 129,04 gram, sedangkan kipas SRP untuk Aerox 155 punya bobot 240,81 gram. Artinya kipas SRP lebih berat 111,77 gram dibanding orisinal Aerox 155.
"Tujuannya untuk memberi gaya inertia lebih baik, jadi sentakan dan tenaga mesin lebih terasa, apalagi pas stop and go. Jadi banyak orang salah pengertian, kipas atau magnet banyak yang dibuat lebih ringan karena berkaca ke motor sport yang rpmnya pada tinggi.”
“Sedangkan mesin matic itu mengandalkan torsi, jadi kalau pakai kipas yang enteng justru malah kehilangan torsi. Sekarang malah lagi riset lagi yang lebih berat, buat mesin yang tenaganya besar,” rinci pria yang bengkelnya ada di bilangan Gading Serpong, Tangerang ini.
Suhu Mesin Adem
Efek lain penggunaan kipas SRP ini adalah suhu mesin yang lebih dingin dari sebelumnya. Ini karena kipas SRP memiliki desain bilah yang lebih baik sehingga bisa menyemburkan volume udara lebih banyak ke radiator.
“Bilah kipasnya lebih melengkung, jadi semburan angin lebih besar, nah otomatis suhu mesin lebih adem. Sudah dicoba di motor standar dan motor oprekan sih rata-rata suhu turun 4° C. Harganya Rp 800 ribu, jasa pasang Rp 50 ribu,” tutup Freddy.
Selain membuat kipas radiator, Ultraspeed Racing juga terus membuat part baru dengan bahan aluminium dan proses CNC seperti bracket selang rem dan bracket kaliper. Apalagi saat ini di bengkelnya sudah tersedia sebuah mesin bubut CNC.