Standar samping turun otomatis mesin mati.
Sebagai fitur safety.
Mesin mati tapi kelistrikan masih aktif.
Lupa kontak OFF berujung aki tekor.
Standar samping pada motor-motor matic keluaran sekarang, sudah dipasangi fitur keselamatan yang bisa mematikan mesin langsung.
Fitur yang punya nama Side Stand Switch ini, memiliki saklar khusus yang posisinya berada di pangkal standar samping.
Jika standar samping diturunkan, maka akan langsung memutus arus listrik menuju mesin sehingga mesin motor akan langsung mati.
Hal ini untuk menghindari potensi bahaya motor nyelonong, ketika sedang dipanaskan, dalam posisi tersebut.
Kejadian motor nyelonong akibat tuas gas tak sengaja terputar atau malah ada anak kecil yang tak tahu, dan langsung memutar selongsong gas.
Fitur ini umumnya banyak dipakai pada motor matic, seperti Honda BeAT atau bahkan Yamaha FreeGo .
Baca juga : Cara Nyaman Motocamp Pakai Suzuki V-Strom 250 SX, Mau Ikutan?
Matikan Mesin Pakai Standar Samping Bikin Tekor Aki
Seiring berjalannya waktu, ada kebiasaan yang sering dilakukan yakni mematikan mesin motor menggunakan standar samping.
Entah saat hendak parkir atau saat berhenti sejenak, dan hal ini kerap disebut bisa bikin aki tekor. Tapi apa iya?
Switch pada standar samping matic Honda.
"Sebenarnya gak juga sih, asalkan memang habis itu, kunci kontak juga ikut dimatikan," buka Heri Prasetyawan, dari Jaw's Speed di Depok.
Beda cerita jika setelah standar turun dan mesin mati, justru lupa mematikan kontak motor sampai waktu yang lama.
Baca juga : Bukan Pajangan, Jalu Setang Ternyata Punya 4 Peran Penting!
"Kalau posisinya gitu, kelistrikan motor masih aktif, cuma mesinnya saja yang mati, nah ini yang bikin tekor," bebernya.
"Efeknya mungkin gak langsung ya, tapi mempersingkat umur aki juga, jadi kudu dicas dulu akinya nanti, karena gak kuat hidupin motor," lanjutnya.
Kontak jangan lupa posisi OFF.
Tanda Aki Harus Diganti
Aki motor yang sudah minta diganti baru gampang kok melacaknya, setidaknya dari kondisi kelistrikan umur sudah bisa diketahui.
"Paling ketara starter motor gak kuat, atau melemah, ada jeda dulu baru mesinnya mau hidup," ujar Wawan, sapaannya.
Kemudian suara klakson tak lagi nyaring, suaranya terdengar pelan dan bunyinya aneh.
Panaskan motor dengan posisi standar tengah.
Cahaya lampu meredum, jika pakai LED dan sudah AHO mungkin tak ketara, tapi coba lihat kedipan lampu sein yang biasanya melambat.
Terakhir cek umur aki, yang umumnya punya masa pakai sampai dua tahun. Jika lebih biasanya kondisi aki sudah menurun.