window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Menjajal Honda Supra X 125 Versi Listrik, Senyap Tanpa Getar!

Ilham · 12 Jun, 2023 12:30

Menjajal Honda Supra X 125 Versi Listrik, Senyap Tanpa Getar! 01

Honda Supra versi listrik berjuluk eRA
  • Torsinya terasa melimpah.
  • Senyap dan minim getaran.

Honda Supra 125 X generasi pertama yang lahir di tahun 2006 silam memang ikonik. Bukan cuma desain, tapi juga batok lampunya yang getar saat berjalan.

Namun masalah tersebut bisa dihilangkan lho. Salah satu solusinya dengan melakukan konversi dari mesin bensinnya ke penggerak listrik.

Yup, inilah yang Autofun rasakan saat menguji Honda Supra 125 X berjuluk 'eRA' pekan lalu. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Motor tersebut sudah dikonversi ke penggerak listrik oleh Badan Layanan Umum BBSP KEBTKE Kementerian ESDM.

Konverter kit ini terdiri dari sistem motor listrik bertenaga 2 kW, serta paket baterai berdaya 72V/20Ah.

Baca Juga: Cek Lagi Kriteria dan Cara Dapat Subsidi Konversi Motor Listrik 

Posisi Duduk Masih Sama

Saat motor diam dan duduk di joknya, posisinya tidak berbeda jauh dari versi konvensionalnya. Namun kaki kiri terasa lebih 'kosong'.

Ini karena pedal persneling di motor ini sudah dicopot. Sebab sistem penggerak yang dipasang bertransmisi otomatik.

Menjajal Honda Supra X 125 Versi Listrik, Senyap Tanpa Getar! 01

Posisi duduk gak berubah.

Kunci kontak dinyalakan, sejumlah indikator di spidometer menyala. Namun panel digital berupa fuel meter dan odo meter sudah kosong. Begitu pula pada gear indikator yang tak lagi menyala.

Sebagai gantinya ada indikator baterai di sisi kiri batok lampu yang berada diluar panel meter bawaan.

Menyalakannya pun sama seperti versi bensin, cukup putar kontak ke posisi on, lalu tekan tombol starter. Tak ada bunyi mesin, namun lampu indikator berwarna biru akan muncul.

Menjajal Honda Supra X 125 Versi Listrik, Senyap Tanpa Getar! 02

Indikator ON berwarna biru

Jika lampu menyala, berarti motor sudah siap berjalan. Tinggal putar gas, maka motor langsung berjalan.

Baca Juga: Vespa Tua Dikonversi ke Motor Listrik Masih Bisa Dapat Insentif Kok, Asal...

Impresi Berkendara Honda Supra X 125 Listrik

Paket konverter kit dari Kementerian ESDM berbeda dari motor listrik tipe skuter. 

Sebab posisi motor penggerak bukan bertipe hub wheel atau di tromol belakang, namun di tengah atau mid drive.

Menjajal Honda Supra X 125 Versi Listrik, Senyap Tanpa Getar! 03

Baterai besar

Sehingga kelengkapan motor bawaan Honda Supra X 125 seperti lengan ayun dan rantai masih berfungsi normal.

Efek dari penggunaan motor listrik mid drive ini terasa di putaran selongsong gas yang perlu lebih dalam untuk berakselerasi.

Hal ini terasa lebih aman, karena tidak langsung menghentak seperti kebanyakan motor listrik bertipe hub wheel.

Menjajal Honda Supra X 125 Versi Listrik, Senyap Tanpa Getar! 04

Posisi motor listrik mid drive

Toh demikian, akselerasi motor terbilang berisi, bahkan cukup enteng dalam melalui tanjakan di lokasi test ride.

Selain itu, seperti disebut sebelumnya motor ini pun terbilang senyap. Bukan hanya suara mesin yang absen, getaran batok lampu pun hilang. 

Ada kemungkinan penggunaan motor listrik yang minim getaran juga mengurangi bunyi berisik tersebut.

Performa

Karena kondisi motor konversi ini standar, selain perbedaan bunyi dan akselerasi, Autofun tak merasakan hal yang berbeda jauh dari versi bensinnya. 

Menjajal Honda Supra X 125 Versi Listrik, Senyap Tanpa Getar! 05

Indikator baterai.

Termasuk kelincahan dan bantingan suspensinya pun tetap terasa standar.

Jadi, buat yang berminat konversi bisa daftar online di ebtke.esdm.go.id/konversi. Lalu ikuti proses selanjutnya.

Tertarik?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });