Mocin Ybhoonda PCX 150, Honda PCX 150 Jadi-Jadian Asal Cina Tapi Pakai Mesin eSP
Harry · 26 Okt, 2021 15:30
0
0
Selalu ada saja cara bagi pabrikan motor asal Cina untuk bisa meniru dan membuat motor serupa dari model yang populer. Mulai dari meniru bentuk sampai diplesetin mereknya, contohnya seperti Ybhoonda PCX 150 2021 ini.
Iya, dari namanya sudah jelas kalau ini adalah motor tiruan Honda PCX 150. Tapi bukan generasi ketiga atau keempat yang diproduksi lokal oleh PT Astra Honda Motor, melainkan generasi kedua atau yang di Indonesia kerap disebut Honda PCX 150 CBU.
Sejumlah motor buatan Honda memang kerap kali menjadi objek jiplakan, sebelumnya sudah ada Honda Africa Twin, Honda Wave, Honda Dream, Honda ADV 150 dan lainnya, yang merupakan motor model populer untuk kawasan Asia. Dan kali ini giliran Honda PCX 150 yang jadi korbannya.
Secara tampilan antara Ybhoonda PCX 150 dan Honda PCX 150 asli, terlihat sangat-sangat mirip. Bisa jadi karena model yang ditiru adalah model lawas dan tak dijual lagi oleh Honda, makanya merek Cina itu berani meniru habis-habisan.
Bahkan penempatan logo Ybhoonda pun dibuat mirip dengan versi aslinya, seperti di bagian bawah windshield, blok CVT dan di bawah lampu belakang. Ogah nanggung, Ybhoonda juga menyematkan emblem eSP pada cover filter udara.
Ya desain Honda PCX 150 generasi kedua ini memang masih menarik hingga saat ini, bentuknya mewah dan elegan. Di Indonesia sendiri masih banyak konsumen yang mengincar unit bekasnya, maklum saja kala itu harga motor ini memang tinggi, sampai Rp 40 jutaan.
Dan tentunya karena motor ini 100% meniru, maka kelengkapan yang terlihat pun sama persis. Seperti lampu-lampu yang seluruhnya sudah menggunakan LED dengan bentuk identik. Kemudian penggunaan setang tanpa cover dan desain pelek yang mirip. Cuma bentuk jok agak lebih tebal dibandingkan PCX asli Honda.
Kemudian panel meter full digital, rak depan dengan penutup, kunci kontak pengaman magnet yang persis aslinya, suspensi depan teleskopik, suspensi belakang tipe ganda, dan juga rem cakram hanya pada roda depan saja. Tangkinya sendiri 10 liter, 2 liter lebih besar dari versi asli.
Ybhoonda PCX 150 dibekali mesin 150 cc, silinder tunggal, SOHC 2 katup dengan pendingin udara. Tenaganya bisa mencapai 14,9 PS pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi maksimal yang bisa dicapai 9,5 Nm di 8.000 rpm. Dibandingkan aslinya, tenaga PCX 150 tiruan sedikit lebih besar.
Untungnya PCX 150 jadi-jadian ini hanya dijual di Cina, akan beda cerita jika dijual juga di negara-negara Asia lain seperti Thailand, Indonesia dan Vietnam, yang jadi pasar terbesar motor matic ini. Dan tentu saja soal kualitas, versi aslinya jauh lebih baik.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil