Industri motor listrik di Indonesia semakin menggeliat, banyak pabrikan berlomba-lomba masuk pasar Indonesia. Salah satu motor listrik yang menarik adalah Zeeho AE8.
Zeeho sendiri merupakan sub-brand dari CFMoto, sebuah merek motor asal Cina yang sudah terkenal secara global. Dan untuk Indonesia, Zeeho AE8 diageni oleh PT MForce Indonesia (MFI).
Motor ini sendiri sudah muncul perdana kehadapan publik pada Jakarta Fair 2022 lalu. Kehadirannya untuk menangkap respon dan animo publik terhadap motor satu ini.
"Iya pertamakan di Jakarta Fair tahun lalu. Sejauh ini responnya bagus, sudah ada beberapa konsumen yang berikan tanda jadi atau booking fee," buka Yulius Sofyan Wahyudi, Sales & Marketing Manager MFI.
Desain gambot.
Hanya saja besaran uang booking fee memang tak diungkapkan secara pasti. "Masalah itu tergantung dealer, yang jelas sudah ada beberapa konsumen yang memberikan tanda jadi," lanjutnya disela peresmian dealer CFMoto Tangerang (27/1/2023).
Untuk yang tertarik, rencananya Zeeho AE8 ini akan dijual tahun ini dengan harga sekitar RP 70 jutaan. "Kebetulan unit ini masih prototype, tapi sudah uji tipe dan urusan lainnya," beber Sofyan.
Panel meter digital.
Dimensi Ala Motor Matic Premium
Seperti dapat dilihat dari gambar di atas, sosok motor listrik Zeeho AE8 terlihat bongsor. Sehingga tak salah jika disandingkan dengan pesaingnya asal Jepang, seperti Yamaha E01 dan Honda PCX Electric.
Pakai penggerak belt.
Kesan bulat ada di bentuk lampu utama LED dengan paduan sein yang memanjang ke atas. Karena menunjang penggunaan harian, jadi Zeeho AE8 tak dilengkapi windshield seperti pesaingnya. Tapi pada bagian dek, terlihat rata untuk menambah kesan fungsionalnya.
Dari spesifikasi yang hadir, Zeeho AE8 terbilang canggih. Semisal peranti untuk mengaktifkannya tak lagi berupa anak kunci, namun kartu dengan dukungan NFC di motor. Kemudian ada fitur mode berkendara dengan 3 level, Eco, Street dan Sport.
Kaliper rem pakai Brembo.
Bukan hanya desain dan fitur, soal keluaran tenaga pun Zeeho AE8 masih mampu diadu dengan matic bermesin bensin 150 cc. Sebab keluaran tenaganya diklaim mencapai 17 PS bahkan torsinya mencapai 218 Nm!
Bagasi penuh dengan baterai.
Dengan tenaganya yang luar biasa, sistem penggerak motor listriknya sudah memakai pendingin cair alias radiator. Sementara sumber tenaganya dari 2 buah baterai lithium-ion yang mampu membuatnya punya daya jelajah hingga 190 km.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil