Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi
Harry · 18 Feb, 2022 11:30
0
0
Muncul pertama kali tahun 2015, berbagi basis dengan versi 125 cc.
Selalu muncul dengan dek rata untuk fleksibilitas pengguna.
Honda Vario 160 ditawarkan dengan dua tipe.
Selain Honda BeAT dan Honda Scoopy, Honda Vario juga menjadi salah satu model andalan PT Astra Honda Motor (AHM). Setelah menghadirkan versi 125 cc, AHM juga menyuguhkan versi mesin 150 cc pada tahun 2015 lalu.
Sejak saat ini motor ini menjadi pilihan konsumen yang ingin motor berdesain sporty, praktis dikendarai namun punya performa yang mumpuni. Sejak 2015, sudah ada tiga generasi dari Honda Vario 150 hingga Honda Vario 160 yang dikenalkan belum lama ini.
Setiap generasinya selalu membawa perubahan dari sisi teknologi yang ditawarkan. Hal ini pula yang menjadi nilai jual dan pilihan baru untuk konsumen, yang menyukai motor berteknologi tinggi.
Seperti yang disampaikan Thomas Wijaya, Marketing Director AHM saat pengenalan Honda Vario 160 awal Februari lalu. Jika motor satu ini selalu ada peningkatan teknologi ditiap generasinya.
Lalu teknologi apa saja yang dibawa Honda Vario 150 pertama kalinya, hingga akhirnya menjelma menjadi Honda Vario 160 pada awal tahun 2022 ini? Berikut ulasan selengkapnya.
Honda Vario 150 2015
Hadir pertama kali bersamaan dengan peluncuran model baru dari Honda Vrio 125. Keduanya memang saling berbagi basis desain dan rangka, namun punya perbedaan khususnya pada bagian mesin dan juga teknologi yang dibawanya.
Pada Honda Vario 150 2015, AHM menanamkan sejumlah fitur andalan seperti mesin berteknologi eSP, rem Combi Brake System (CBS), Idling Stop System (ISS), ACG Starter hingga kunci dengan Answer Back System juga Alarm System.
Semuanya tentu disempurnakan dengan fitur-fitur standar matic Honda seperti Parking Brake Lock dan Side Stand Switch. Bagasi yang berukuran luas dengan kemampuan menampung helm tetap jadi andalan.
Mesinnya 150 cc, silinder tunggal, SOHC 2 katup pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57,3 mm dan langkah piston 57,9 mm dengan rasio kompresi 10,6:1. Tenaganya mencapai 12,6 PS di 8.500 rpm dengan torsi puncak 12,8 Nm di 5.000 rpm.
Honda Vario 150 2018
Pada model ini lagi-lagi meluncur bersamaan dengan versi 125 cc. Desainnya menjadi lebih agresif dengan bodi depan yang tebal serta lampu LED DRL yang kini tak menempel dengan lampu utamanya. Sepakbor belakang ala motor sport dengan lampu sein model batang. Seluruh lampu pun sudah LED.
Peningkatan teknologi pada model ini adalah hadirnya Smart Key System atau biasa disebut kunci keyless. Dan hanya Honda Vario 150 yang menggunakan kontak jenis ini, versi 125 cc masih pakai kunci berpengaman magnet.
Update kedua adalah panel meter full digital dengan layar LCD yang terhitung informatif. Dengan isi spidometer, fuel meter, jam digital, trip meter dan konsumsi bahan bakar rata-rata serta aktual berupa bar yang naik-turun sesuai bukaan gas.
Dengan menggendong dapur pacu yang sama, namun pada generasi ini ada sedikit peningkatan output. Yakni tenaga menjadi 13,1 PS di 8.500 rpm, ebgitu pula dengan torsi yang menyentuh 13,4 Nm di 5.000 rpm.
Honda Vario 160 2022
Pada model terbaru ini, Honda Vario 160 naik kelas dengan mengusung mesin eSP+, 156,9 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI. Ukuran pistonnya 60 mm dengan langkah piston 55,5 mm serta rasio kompresi yang cukup tinggi, mencapai 12:1.
Honda Vario 160 mampu menggapai 15,4 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Output ini lebih kecil dari Honda PCX 160, yang juga pakai mesin sama. Tapi karena lebih ringan, performanya jadi lebih gesit.
Pada generasi ini pula Honda Vario 160 dimasukkan kategori matic premium dengan dua tipe pilihan, yakni CBS dan ABS. Pembeda keduanya ada pada opsi warna, emblem dan juga pengeremannya. Untuk tipe ABS sudah pakai cakram pada roda belakang!
Tak hanya itu, desain pelek dan ukuran ban pun diperbesar menjadi 100/80-14 dan yang belakang 120/70-14. Di sisi akomodasi terdapat 2 kompartemen di bawah setang. Yang kiri dilengkapi penutup dan ada power outlet di dalamnya.
Kelengkapan standar pada Honda Vario 150 pun tetap dipertahankan seperti ACG Starter, Idling Stop System, Smart Key System, Side Stand Switch hingga panel meter full digital yang sayangnya punya bentuk masih mirip model sebelumnya.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil