window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi

Harry · 18 Feb, 2022 11:30

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi 01

Perjalanan Honda Vario 150 hingga menjadi Honda Vario 160.
  • Muncul pertama kali tahun 2015, berbagi basis dengan versi 125 cc.
  • Selalu muncul dengan dek rata untuk fleksibilitas pengguna.
  • Honda Vario 160 ditawarkan dengan dua tipe.

Selain Honda BeAT dan Honda Scoopy, Honda Vario juga menjadi salah satu model andalan PT Astra Honda Motor (AHM). Setelah menghadirkan versi 125 cc, AHM juga menyuguhkan versi mesin 150 cc pada tahun 2015 lalu.

Sejak saat ini motor ini menjadi pilihan konsumen yang ingin motor berdesain sporty, praktis dikendarai namun punya performa yang mumpuni. Sejak 2015, sudah ada tiga generasi dari Honda Vario 150 hingga Honda Vario 160 yang dikenalkan belum lama ini.

Setiap generasinya selalu membawa perubahan dari sisi teknologi yang ditawarkan. Hal ini pula yang menjadi nilai jual dan pilihan baru untuk konsumen, yang menyukai motor berteknologi tinggi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Catatan! Honda Vario 160 ABS 2022 Gak Boleh Sembarang Ganti Cakram

Seperti yang disampaikan Thomas Wijaya, Marketing Director AHM saat pengenalan Honda Vario 160 awal Februari lalu. Jika motor satu ini selalu ada peningkatan teknologi ditiap generasinya.

Lalu teknologi apa saja yang dibawa Honda Vario 150 pertama kalinya, hingga akhirnya menjelma menjadi Honda Vario 160 pada awal tahun 2022 ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi 01

Honda Vario 150 2015

Hadir pertama kali bersamaan dengan peluncuran model baru dari Honda Vrio 125. Keduanya memang saling berbagi basis desain dan rangka, namun punya perbedaan khususnya pada bagian mesin dan juga teknologi yang dibawanya.

Pada Honda Vario 150 2015, AHM menanamkan sejumlah fitur andalan seperti mesin berteknologi eSP, rem Combi Brake System (CBS), Idling Stop System (ISS), ACG Starter hingga kunci dengan Answer Back System juga Alarm System.

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi 02

Honda Vario 150 saat dikenalkan 2015 lalu.

Semuanya tentu disempurnakan dengan fitur-fitur standar matic Honda seperti Parking Brake Lock dan Side Stand Switch. Bagasi yang berukuran luas dengan kemampuan menampung helm tetap jadi andalan.

Baca juga : Klaim Konsumsi BBM Honda Vario 160 2022 Tembus Segini, Gak Kalah Irit Dari Versi 150 Cc!

Mesinnya 150 cc, silinder tunggal, SOHC 2 katup pendingin cairan. Ukuran pistonnya 57,3 mm dan langkah piston 57,9 mm dengan rasio kompresi 10,6:1. Tenaganya mencapai 12,6 PS di 8.500 rpm dengan torsi puncak 12,8 Nm di 5.000 rpm.

Honda Vario 150 2018

Pada model ini lagi-lagi meluncur bersamaan dengan versi 125 cc. Desainnya menjadi lebih agresif dengan bodi depan yang tebal serta lampu LED DRL yang kini tak menempel dengan lampu utamanya. Sepakbor belakang ala motor sport dengan lampu sein model batang. Seluruh lampu pun sudah LED.

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi 03

Honda Vario 2018 saat rilis.

Peningkatan teknologi pada model ini adalah hadirnya Smart Key System atau biasa disebut kunci keyless. Dan hanya Honda Vario 150 yang menggunakan kontak jenis ini, versi 125 cc masih pakai kunci berpengaman magnet.

Update kedua adalah panel meter full digital dengan layar LCD yang terhitung informatif. Dengan isi spidometer, fuel meter, jam digital, trip meter dan konsumsi bahan bakar rata-rata serta aktual berupa bar yang naik-turun sesuai bukaan gas.

Baca juga : Simak 6 Hal Unik Honda Vario 160 2022, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi 04

Tampak belakang sporty sudah jadi ciri khas.

Dengan menggendong dapur pacu yang sama, namun pada generasi ini ada sedikit peningkatan output. Yakni tenaga menjadi 13,1 PS di 8.500 rpm, ebgitu pula dengan torsi yang menyentuh 13,4 Nm di 5.000 rpm.

Honda Vario 160 2022

Pada model terbaru ini, Honda Vario 160 naik kelas dengan mengusung mesin eSP+, 156,9 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI. Ukuran pistonnya 60 mm dengan langkah piston 55,5 mm serta rasio kompresi yang cukup tinggi, mencapai 12:1.

Baca juga : Honda Vario 160 2022 Akhirnya Meluncur, Cek Ubahan Sasis, Mesin Hingga Fiturnya!

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi 05

Honda Vario 160 2022.

Honda Vario 160 mampu menggapai 15,4 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Output ini lebih kecil dari Honda PCX 160, yang juga pakai mesin sama. Tapi karena lebih ringan, performanya jadi lebih gesit.

Pada generasi ini pula Honda Vario 160 dimasukkan kategori matic premium dengan dua tipe pilihan, yakni CBS dan ABS. Pembeda keduanya ada pada opsi warna, emblem dan juga pengeremannya. Untuk tipe ABS sudah pakai cakram pada roda belakang!

Perjalanan Singkat Honda Vario 150-160, Selalu Update Teknologi Ditiap Generasi 06

Honda Vario 160 ditawarkan dengan dua tipe.

Tak hanya itu, desain pelek dan ukuran ban pun diperbesar menjadi 100/80-14 dan yang belakang 120/70-14. Di sisi akomodasi terdapat 2 kompartemen di bawah setang. Yang kiri dilengkapi penutup dan ada power outlet di dalamnya.

Kelengkapan standar pada Honda Vario 150 pun tetap dipertahankan seperti ACG Starter, Idling Stop System, Smart Key System, Side Stand Switch hingga panel meter full digital yang sayangnya punya bentuk masih mirip model sebelumnya.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });