Honda Supra GTR150 yang diluncurkan PT Astra Honda Motor sudah full digital. Digital Panel Meter nya menambah futuristic, memberikan sensasi lebih modern dan sporty. Honda Supra GTR150 juga memiliki beberapa modifikasi, dimulai dari sisi grafis baru yang terbagi yaitu versi Exclusive dan Sporty. Yang paling terlihat, ada di bodi bagian belakang yang lebih dinamis.
Selain itu PT Astra Honda Motor memang mengharapkan Honda Supra GTR 150 dapat menggempur pasar motor bebek di Indonesia. Tidak heran jika kemudian AHM merombak desain Supra GTR 150 menjadi terlihat lebih agresif, apalagi motor ini memiliki mesin 150cc Honda yang tangguh, yang mengingatkan para pecinta Honda dengan motor-motor Honda generasi lain seperti CBR 150R, CB150, hingga Sonic 150R.
Honda Supra GTR 150 tersedia dalam pilihan warna, yaitu solid Exclusive Matte Red dan Matte Silver. Untuk merka yang suka ada strippingnya, ada juga pilihan warna, seperti Sporty Spartan Red dan Gun Black. Keduanya masing-masing dibanderol sebesar Rp 24.050.000 untuk varian Sporty dan Rp 24.300.000 untuk varian Exclusive.
Fitur Honda Supra GTR 150
Ada salah satu fitur Honda Supra GTR 150 yang berubah total adalah spidometer, yang mana sekarang sudah full digital, bukan paduan analog-digital seperti model yang sebelumnya. Isinya lumayan lengkap, ada spidometer, takometer, fuelmeter, odometer, gear position, indikator MIL dan lampu-lampu indikator lainnya. Selain itu, spidometer Honda Supra GTR 150 juga punya lampu latar yang berwarna orange, dengan tulisan hitam, Jadi cukup jelas untuk dilihat saat berkendara di siang atau malam hari.
Honda Supra GTR 150 juga mendapatkan sentuhan modifikasi seperti kokpitnya yang sekarang menggunakan master rem Brembo RCS dan di bagiandi sela-sela sayapnya, menyembul sebuah steering damper yang membuat handlingnya tetap stabil saat dalam kecepatan tinggi. Namun, yang istimewa adalah pengeremannya, untuk rem depan ada kaliper Frando empat piston dengan cakram floating dari Brembo.dan rem bagian belakang juga diupgrade dengan kaliper Brembo dua piston dan cakram RCB.
Mesin Honda Supra GTR 150
Untuk bagian mesin, tidak ada modifikasi yang sangat signifikan, Secara performa, Honda Supra GTR 150 tetap menggunakan mesin berkapasitas 149,16 cc, DOHC, 4-Tak, serta berpendingin cairan dengan kipas otomatis.. Selain itu juga hanya ada pemakaian exhayst system dengan muffler STB karbon dan leher titanium. Tenaganya bisa mencapai 16,31 dk / 9.000 rpm dengan torsi 14,2 Nm / 6.500 rpm.
Tidak lupa, AHM (Astra Honda Motor) membuat Honda Supra GTR 150 ramah lingkungan, karena sudah lolos standar emisi EURO3. Selain itu Honda Supra GTR 150 ini pun juga mengusung sistem suplai bahan bakar PGM-FI dan sistem pendingin Liquid Cooled with Auto Fan di mana dengan kehadiran sistem tersebut akan menghemat bahan bakar sehingga membuat motor bebek ini lebih irit dan efisien.
Oleh karena itu performa mesin yang ditawarkan Motor Honda Supra GTR 150 ini mampu disejajarkan dengan motor sport 150cc karena motor ini juga menggunakan teknologi canggih agar mesin motornya semakin bertenaga dan dapat bermanuver secara lancar ketika melewati jalanan yang padat.
Selain itu akselerasi putaran bawahnya terbilang cepat, makanya cocok untuk aktifitas harian di jalanan perkotaan. Alhasil yang membeli Supra GTR 150 ini enggak cuma anak-anak muda yang suka desain dan performa, tapi juga orang dewasa.
Spesifikasi lengkap
Honda Supra GTR 150 Spesifikasi lengkap |
Tipe Mesin |
4-Langkah, DOHC, 4 Katup |
Kapasitas Mesin |
149,16 cc |
Sistem Suplai Bahan Bakar |
PGM-FI |
Diameter X |
57,3 x 57,8 mm |
Tipe Tranmisi |
Manual, 6 Kecepatan |
Rasio Kompresi |
11,3:1 |
Daya Maksimum |
12,0 kW (16,3 PS) / 9.000 rpm |
Torsi Maksimum |
14,2 Nm (1,45 kgf.m) / 6.500 rpm |
Tipe Starter |
Elektric & Kick Starter |
Pola Perpindahan Gigi |
1-N-2-3-4-5-6 |
Tipe Rangka |
Twin Tube Steel |
Tipe Kopling |
Wet Multiplate with Coil Springs |
Sistem Pendingin Mesin |
Liquid Cooled with Auto Fan |
Tipe Suspensi Depan |
Teleskopik |
Ukuran Ban Depan |
90/80-17 46P (Tubeless) |
Rem Depan |
Cakram Hidrolik |
Rem Belakang |
Cakram Hidrolik |
Panjang X Lebar X Tinggi |
2.025 x 705 x 1.105 mm |
Curb Weight |
119 kg |
Jarak Sumbu Roda |
1.284 mm |
Radius Putar |
1.900 mm |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar |
4.5 Liter |
Kapasitas Minyak Pelumas |
1,1 Liter (Penggantian Periodik) |
Tipe Baterai Atau Aki |
MF 12V - 5.0 Ah |
Tipe Busi |
NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |
Kesimpulan
Honda Supra 150 ini mengusung desain dengan lekukan yang terkesan agresif dan elegan sehingga memberikan kesan yang begitu atraktif dan gahar. Dengan desain dan performanya yang semakin tangguh, bebek Honda ini tidak hanya nyaman digunakan sehari-hari, tetapi juga nyaman digunakan untuk berkendara jarak jauh.
Bahkan, Honda mengklaim sepeda motor ini adalah yang pertama di Indonesia yang mengaplikasi teknologi layered body cover sehingga mampu menghasilkan variasi warna yang lebih modern dan terlihat futuristik. Hasilnya, Honda Supra GTR 150 ini berubah jadi begitu menawan dan mewah.