Rekam 5 Tahun Perjalanan Suzuki GSX-R150, Mendunia berkat DNA MotoGP
Ary · 2 Sep, 2021 16:00
0
0
Per 2021 ini, Suzuki GSX-R150 memasuki usia 5 tahun. Selama itu pula, satu-satunya motor sport fairing buatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hadir menjadi pilihan motoris. Bukan semata peruntukkan pasar domestik, Suzuki GSX-R150 juga turut serta meramaikan persaingan motor sport 150 cc di mancanegara. Berikut rekam 5 tahun perjalanan Suzuki GSX-R150 yang berhasil mendunia.
Untuk diketahui, Suzuki GSX-R150 sendiri diperkenalkan pertama kali 2016 silam. Akan tetapi, penetapan harga jualnya baru diinformasikan Februari 2017. Prosesinya kala itu bahkan dihadiri langsung oleh pembalap Suzuki Ecstar, tim pabrikan Suzuki di MotoGP. Bukan tanpa alasan, duet Andrea Iannone dan Alex Rins diboyong lantaran kentalnya aura balap sang kuda besi.
Tanpa berlama-lama, di tahun itu pula Suzuki GSX-R150 diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Filipina dan Vietnam. Giat tersebut kemudian berlanjut di tahun berikutnya. Bahkan di 2018, Suzuki Indonesia berhasil mendongrak persentase ekspor Suzuki GSX-R150.
Pada semester 2018, Suzuki Indonesia mengapalkan 3.227 unit Suzuki GSX-R150. Torehan ini naik 106% dibanding jumlah pada periode serupa di 2017 yang hanya 1.568 unit. Bukan cuma itu. Destinasi ekspor motor suzuki termasuk GSX-R150 pun bertambah menjadi ke 36 negara. Dikatakan pula oleh PT SIS, saat itu Suzuki GSX-R150 berkontribusi sebagai model kedua dengan penyumbang ekspor terbesar setelah Suzuki Satria F150.
Jumlah negara tujuan ekspor itu juga meliputi negara-negara Eropa. Hanya saja, motor buatan Suzuki Indonesia ini bukan bukan ditawarkan dengan mesin 150 cc, melainkan 125 cc. Meski begitu, desain yang ditawarkan tak ada bedanya dengan Suzuki GSX-R150.
Ekspor Suzuki GSX-R150 terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Laporan terakhir, sebanyak 3.097 unit Suzuki GSX-R150 sudah dikirimkan selama periode 2020 lalu. Pencapaian itu memang lebih rendah, tepatnya dibandingkan dengan nominal pada 2018. Tak dapat dipungkiri, penurunan ini juga terjadi karena adanya pandemi COVID-19.
Meski begitu, Suzuki Indonesia tetap mengekspor sepeda motor buatannya, termasuk Suzuki GSX-R150. "Bisnis ekspor sepeda motor mulai membaik pada kuartal tiga (2020). Tujuan ekspor ke Jepang, Taiwan, Eropa, Vietna dan Filipina tetap dilakukan di masa pandemi, kata Yohan Yahya yang saat itu menjabat Sales & Marketing Department Head 2W PT SIS.
Daya Pikat Suzuki GSX-R150
Ketertarikan pasar domestik maupun ekspor terhadap Suuzki GSX-R150 tentu tak lepas dari perbekalan yang dibawa. Seperti kami sebutkan di awal, daya pikat berupa aura balap Suzuki GSX-R150 dituangkan secara nyata. Tengok saja desain bodywork Suzuki GSX-R150 yang menajam dan aerodinamis. Perancangan ala motor sport tulen juga diperkuat via terapan setang underyoke.
Perawakan tersebut tentulah dicari para motoris penyuka motor sport. Apalagi, total ukuran tubuhnya hanya 2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm (P x L x T). Terbilang ramping dan cocok untuk pengendara pemula sekalipun. Apalagi dengan perancangan tinggi jok 785 mm dan ground clearance 160 mm.
Rancang tubuh Suzuki GSX-R150 lantas disempurnakan melalui berat tubuh 131 kg. Perlu diketahui, timbangan badan Suzuki GSX-R150 ini paling ringan dibanding kompetitor sekelas yaitu Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15. Dengan bobot entengnya ini, pengendara lebih nyaman saat mengendalikan GSX-R150 di berbagai kondisi.
Tak sebatas desain. Performa Suzuki GSX-R150 pun layak diperhitungkan para rival. Mesin DOHC satu silinder empat katup 150 cc dengan rasio kompresi 11,5:1 dan bore x stroke: 62 x 48,8 mm (overbore), digendong oleh motor sport Suzuki. Dari jantung mekanis itu, tenaga yang disemburkannya mencapai 19,1 PS di 10.500 rpm. Sementara torsi maksimal, tercatat 14 Nm pada putaran 9.000 rpm. Keseluruhan ouput tersebut tersalur ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan.
Bukan semata desain dan performa saja. Daya pikat Suzuki GSX-R150 juga terletak pada penyetelan harga. Di segmen motor sport 150 cc, harga Suzuki GSX-R150 dipatok paling murah yaitu mulai Rp31 juta. Bahkan, teruntuk varian tertinggi yakni Suzuki GSX-R150 ABS, hanya dijual Rp36 juta. Masih lebih murah dibanding Honda CBR150R atau Yamaha YZF-R15 varian standar.
Keberagaman varian juga disuguhkan PT SIS, memasuki 5 tahun perjalanan Suzuki GSX-R150. Di Indonesia terdapat empat varian yang terdiri dari Suzuki GSX-R150 shutter key, Suzuki GSX-R150 keyless ignition system, Suzuki GSX-R150 livery 100th Suzuki dan Suzuki GSX-R150 ABS.
Daftar Harga Suzuki GSX-R150 2021
Suzuki GSX-R150 Shuttered Key
Rp 31.000.000
Suzuki GSX-R150 Keyless Ignition System
Rp 33.000.000
Suzuki GSX-R150 Livery 100th Suzuki
Rp 33.600.000
Suzuki GSX-R150 ABS
Rp 36.000.000
Pertanyaannya, akankah ada transformasi pada Suzuki GSX-R150 di tahun kelima ini? Belum lagi adanya aktivitas 'tetangga' yang belum lama ini menyegarkan pesaing motor buatan Suzuki. "Walau kompetitor ada perubahan, tapi kita tidak tinggal diam. Penambahan fitur di GSX pasti akan kita lakukan untuk perbaikan," kata Yohan sudah menuntaskan masa baktinya bersama Suzuki Indonesia.
Jikapun berkaca kepada para pesaing, tentu menarik apabila Suzuki GSX-R150 terbaru nanti sudah menggunakan suspensi depan upside down (USD) serta assist and slipper clutch. Kita tunggu saja realisasinya!
Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi informasi - tanpa maksud menggurui. Karena sejatinya Anda dan Saya punya kesenangan yang sama yaitu mengendarai sepeda motor!