Review Lengkap Vespa Sprint 150 2021, Skutik Premium Ikonik Idola Anak Muda
Nussa · 31 Jan, 2021 12:00
0
0
Vespa termasuk pabrikan sepeda motor yang legendaris. Pabrikan asal Italia ini berhasil mempertahankan desain motornya dari masa ke masa, tak terkecuali dengan Vespa Sprint 2021.
Skuter matik (skutik) ini juga mempertahankan desain dan tampilan khas, khususnya pada bagian lampu depannya. Sejak awal kemunculannya hingga sekarang, Vespa Sprint memang tidak banyak mengalami perubahan dari segi desain dan tampilan.
Vespa Sprint pertama kali diluncurkan pada tahun 2014. Saat itu, mesin yang digunakan masih 3V i.e. Vespa Sprint 150 3V i.e. cukup laris di pasaran.
Baru kemudian pada tahun 2016, Vespa Sprint mendapat peningkatan di sektor dapur pacu. Mesin 3V i.e. diganti dengan mesin berteknologi baru, yakni i-GET (Italian Green Experience Technology).
Sejak tahun 2016 hingga sekarang, Vespa Sprint 2021 hanya mendapat ubahan berupa warna pilihannya saja. Selain itu, PT Piaggio Indonesia juga menghadirkan edisi terbatas dari Vespa Sprint 2021 dengan edisi Racing Sixties.
Sekarang ini, Vespa Sprint 2021 memiliki tiga warna pilihan, yakni Red Scarlatto, Grey Titanio, dan White Innocenza. Terdapat juga varian lain dari skutik ini, yaitu Vespa Sprint S 150 i-GET ABS dan Vespa Sprint Racing Sixties 150 i-GET.
Di kelas skutik retro 150 cc, Vespa Sprint berhadapan langsung dengan Kymco Like 150i. Skutik asal Taiwan tersebut juga menggunakan mesin 150 cc dan sudah berteknologi injeksi. Fiturnya juga bersaing dengan Vespa Sprint 2021.
Kymco Like 150i sudah dibekali dengan sisten pencahayaan LED, sistem pengereman ABS, dan juga terdapat GPS pada panel meternya yang full digital. Kymco Like 150i 2021 dibanderol Rp 28,8 juta (OTR Jakarta).
Penampilan Vespa Sprint 2021
Vespa Sprint 2021 memiliki desain yang klasik dan retro. Lekuk bodinya terlihat sedikit agresif. Bodinya juga dibuat ramping sehingga terlihat lebih sporty juga. Desain lampu depan dibuat dengan bentuk segi enam. Lekuk bodi Vespa memang sangat khas dan menarik.
Material yang digunakan juga besi baja, bukan plastik seperti skutik pabrikan lainnya. Vespa Sprint 2021 memiliki dimensi yang tidak terlalu bongsor, panjangnya 1.863 mm, lebar 695 mm, dan tinggi jok 790 mm.
Untuk kaki-kakinya, Vespa Sprint mengandalkan suspensi depan lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda. Sedangkan suspensi belakang, menggunakan peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan.
Di bagian roda, ban depannya menggunakan ukuran 110/70-12 dan ban belakang berukuran 120/70-12. Kedua ban tersebut juga sudah tubeless alias tanpa ban dalam. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.334 mm.
Spesifikasi Vespa Sprint 2021
Panjang
1.863 mm
Lebar
695 mm
Tinggi Jok
790 mm
Jarak Sumbu Roda
1.334 mm
Suspensi Depan
Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda
Suspensi Belakang
Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan
Ban Depan
110/70-12
Ban Belakang
120/70-12
Posisi Berkendara Vespa Sprint 2021
Vespa Sprint 2021 menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman. Tempat duduknya cukup luas, baik pengendara atau yang dibonceng pun akan terasa nyaman meski perjalanan jauh sekalipun.
Area di bagian kaki pun cukup luas, kaki jadi lebih leluasa untuk bergerak. Untuk menempatkan barang-barang bawaan, kaki juga tidak terganggu.
Namun tinggi jok yang mencapai 790 mm, sedikit menyulitkan bagi pengendara yang memiliki tinggi di bawah 170 cm. Sebab, tempat duduknya yang lebar membuat posisi kaki harus lebih terbuka.
Mesin i-get Vespa Sprint 2021
Untuk mengakomodasi kebutuhan pengendaranya, Vespa Sprint 2021 dibekali dengan mesin berteknologi i-GET, 4 langkah, silinder tunggal, dan 3 katup. Kapasitasnya cukup 154,8 cc.
Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum hingga 11,8 PS pada 7.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 12 Nm pada 5.000 rpm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT otomatis.
Untuk menahan laju Vespa Sprint 2021 dengan tenaga yang dihasilkan mesinnya, rem depan menggunakan rem cakram. Sementara rem belakang, masih mengandalkan rem tromol. Namun, sistem pengeremannya dibantu dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System).
Spesifikasi Mesin Vespa Sprint 2021
Tipe Mesin
i-GET, 4 langkah, silinder tunggal, dan 3 katup
Kapasitas Mesin
154,8 cc
Tenaga Maksimum
8,7 kW / 7.500 rpm
Torsi Maksimum
12 Nm / 5.000 rpm
Transmisi
CVT otomatis
Rem Depan
Cakram
Rem Belakang
Tromol
Fitur Vespa Sprint 2021
Soal fitur, Vespa Sprint 2021 bisa dibilang sederhana. Kalah canggih jika dibandingkan dengan skutik pabrikan Jepang atau Kymco Like 150i. Panel meternya masih gabungan analog dengan digital.
Pada Vespa Sprint 2021 sudah memiliki USB port untuk mengecas baterai ponsel. Selain itu, fitur lain yang bisa dibanggakan hanya sistem pencahayaan LED, sistem pengereman ABS, dan kunci kontak immobilizer.
Harga Vespa Sprint 2021
Harga yang dibanderol untuk Vespa Sprint 2021 saat ini adalah Rp 47,6 juta dan Vespa Sprint S 2021 Rp 50,1 juta (on the road Jakarta. Harganya memang masuk kategori premium, bahkan jika dibandingkan dengan Kymco Like 150i yang dijual Rp 28,8 juta, jadi terasa sangat mahal.
Kesimpulan
Vespa Sprint 2021 merupakan salah satu skutik best seller di Indonesia, untuk segmen premium. Desain ikonik khas Vespa yang tetap dipertahankan sampai saat ini jelas menjadi daya tariknya.
Image sebagai skuter premium yang juga menunjang gaya hidup sangat melekat pada motor ini. Tak heran meski harganya terbilang tinggi, nyatanya peminatnya sangat banyak khususnya anak-anak muda.