Sebab Setang Motor Tiba-Tiba Berat, Bikin Pegal dan Gak Nyaman Dipakai
Harry · 1 Nov, 2021 10:30
0
0
Tanpa banyak perangkat pendukung yang membantu pengendara, setang motor relatif lebih mudah dan ringan untuk digerakkan. Ini karena motor hanya mengandalkan 2 roda dan hanya roda depan saja yang bisa digerakkan kiri dan kanan.
Tapi ternyata, setang motor bisa tiba-tiba menjadi berat dan sulit digerakkan. Efeknya bisa bikin tangan lebih cepat pegal, mengganggu keseimbangan dan pastinya jadi tak nyaman dipakai.
Kalau kasus setir mobil berat disebabkan karena power steering bermasalah, kalau motor sebabnya ada beragam. Tidak bisa langsung menuduh komponen tertentu, karena harus ditelusuri beberapa kemungkinannya.
Setidaknya ada 4 hal yang bisa jadi penyebab setang motor menjadi berat, apa saja?
Komponen satu ini berfungsi sebagai dudukan untuk menstabilkan gerakan setang motor, yang terdiri dari bantalan bola besi kecil dengan jumlah banyak. Dalam kondisi normal, pergerakan setang motor akan terasa ringan dan halus.
Tapi seiring usia pakai dan guncangan jalan, bola besi kecil tadi bisa juga pecah. "Pecahannya tadi mengganggu gerakan bola besi lainnya, jadi kadang akan ada jeda, atau berat saat setang dibelokkan pada sudut tertentu," kata Heri Prasetyawan, dari Jaw's Speed di Depok.
Sebab lainnya jalur atau bantalan bola besi komstir tadi sudah aus dan terkikis, akibat pelumas yang sudah mengering. Kalau begini, mau tak mau kalian harus ganti dengan komstir yang baru.
2. Benturan Keras
Hal ini dialami sendiri oleh penulis, ketika terjadi tabrakan depan, benturan yang keras menyebabkan komstir terkunci. Setelah dibongkar, sejumlah bola besi pada komstir pecah dan segitiga motor terdorong ke belakang.
Jika mengalami kejadian seperti ini, mau tak mau harus ganti komstir baru dan pastikan juga rumah komstir masih aman. Kemudian tak lupa untuk perbaiki segitiga (bottom shock) dengan cara di press atau ganti baru.
3. Ban Bocor
Ini sebab yang paling gampang membuat setang motor tiba-tiba berat, ban depan bocor. Tanpa adanya udara di dalam ban, tentu permukaan yang menempel dengan aspal semakin banyak dan membuat gaya geseknya lebih berat.
Tak hanya bocor, ban depan yang kempis juga bisa membuat pergerakan setang jadi lebih berat loh, walau memang efeknya tak langsung terasa. Jadi baiknya periksa tekanan ban sebelum berkendara ya.
Kemarin sudah ganti komstir baru tapi kok masih terasa berat? Bisa jadi saat proses pemasangan, caranya tidak tepat. "Biasanya dipukul pakai palu terlalu kuat, bisa juga pemasangan komstirnya terlalu kencang," beber Heri lagi.
Pemasangan komstir yang terlalu kencang, akan membuat pergerakan setang berat meski tak ada efek mengganjal saat dibelokkan. Kalau pun ingin setang sedikit lebih berat, seting mur pengunci komstir dengan perlahan-lahan.
Pemasangan komstir motor, mengharuskan bagian sistem kemudi dibongkar. Bodi motor harus dilepas untuk motor matic dan bebek, atau setidaknya lepas setang dan segitiga atas untuk motor sport.
Pemasangan komstir baru pun harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai untuk melepas bagian yang menempel pada rangka motor, diketok paksa, yang mengakibatkan komstir jadi mudah oblak karena tak terjepit dengan kuat.
Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini.
Facebook : Ainto Harry Budiawan
Instagram : harrykriwil