Meluncur di awal 2017, All New Yamaha R15 hadir dengan banyak pembaruan, baik di sektor desain maupun mesin. Ia merupakan penerus generasi pertama yang meluncur pertama kali pada Juni 2014. Berdasarkan laman resmi Yamaha Motor Indonesia, All New R15 dijual sebesar Rp 36.080.000 untuk tipe standar dan Rp 37.685.000 on the road Jakarta buat versi Monster Energy Yamaha MotoGP Edition.
Kuda besi ini mendapat banyak perubahan dan peningkatan yang membuat para kompetitornya kerepotan. Berbagai fitur dan teknologi yang belum bisa disajikan oleh Honda maupun Suzuki, kini ada di motor produksi Yamaha.
Dari segi mesin, kapasitasnya sudah naik menjadi 155 cc. Lalu ditambah dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang membuat tenaga tetap maksimal di putaran mesin rendah maupun tinggi. Selain itu, ada fitur baru Assist & Slipper Clutch, yang membuat tuas kopling jadi lebih ringan dan proses perpindahan gigi makin mudah.
Sejak pertama kali diperkenalkan kepada publik, All New R15 berhasil bertransformasi menjadi salah satu motor sport fairing terbaik dan paling digemari di kelasnya. Model ini hadir dengan desain tajam yang aerodinamis sangat menunjukan karakter DNA dari R Series yang ikonik.
Ia memiliki julukan Baby R6 karena hadir dengan tampilan desain yang lebih tajam, dan tegas yang diadaptasi dari motor R series Yamaha yang dipakai di MotoGP. Desain bodi yang meruncing itu memberikan aura balap yang khas. Guratan kokoh dan keren juga tersirat dari aplikasi rangka Deltabox serta suspensi depan up side down. Belum lagi kesan agresif, terlihat dari lampu utama ganda sipit serta lampu belakang khas racing yang mungil, mencirikan sang kakak yang berkubikasi 250 cc.
Untuk ukuran orang Indonesia, motor ini mudah dikendarai. Pasalnya ia memilikiketinggian jok mencapai 815 mm dengan jarak terendah ke tanah 155 mm. Kaki jadi mudah menapak dengan sempurna. Detail dimensinya 1.990 mm x 725 mm x 1.135 mm (PxLxT), dan berat 137 kg. Untuk kapasitas tangki bensin bisa menampung bahan bakar hingga 11 Liter.
Selain itu, All New R15 juga memiliki fitur modern yang mampu meningkatkan performa dan kenyamanan dalam berkendara. Seperti lampu depan maupun belakang sudah mengadopsi teknologi LED, sehingga membuat sistem pencahayaan menjadi lebih terang, awet serta tahan lama. Ditambahkan pula dengan Hazard Lamp yang berfungsi memberi tanda ketika pengemudi sedang dalam kondisi darurat.
Di segi fitur kenyamanan, layar panel instrumennya sudah menggunakan panel LCD utuh serbadigital. Jadi tak ada lagi jarum analog yang menunjukkan putaran mesin seperti generasi sebelumnya. Di dalamnya terdapat putaran mesin, kecepatan, odometer, tripmeter, kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, dan beberapa indikator lain.
Paling mencolok adanya Sift Timing Light yang memudahkan pengendara memperoleh performa optimal. Fitur ini bisa memberikan panduan kapan perpindahan gigi harus dilakukan lewat kedipan lampu yang pancarannya mudah terlihat. Pengguna bahkan bisa menyesuaikan di putaran berapa nyala lampu ini muncul agar sesuai dengan gaya berkendaranya.
Urusan dapur pacu, All New Yamaha R15 menggendong mesin berkapasitas 155 cc, satu silinder, 4-stroke SOHC, 4 Valve. Menggunakan transmisi 6-percepatan yang dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi itu mampu menjaga tenaga serta torsi merata di setiap putaran mesin
Buat tenaganya, ia mampu menyemburkan daya maksimum hingga 19 PS/10.000 rpm, dan torsi mencapai 14,7 Nm/8.500rpm. Dilengkapi juga dengan Liquid Cooled yang membuat suhu mesin stabil. Tak lupa juga hadirnya fitur Assist & Slipper Clutch (ASC) yang membuat kopling menjadi ringan dan proses perpindahan gigi menjadi lebih halus serta akselerasi lebih cepat.
Pada bagian kaki-kaki, All New R15 sudah mengaplikasi suspensi up side down berkelir emas. Handling lebih sempurna, motor lebih stabil, dan terlihat semakin gagah saat berkendara. Ukurannya cukup besar yakni berdiamter 37 mm. Jadi tidak hanya sekadar fungsi, tapi memberikan tampilan yang maksimal. Dikombinasikan dengan alumunium swing arm dan monoshock model link. Mampu menyajikan pengendalian yang lebih rigid dan stabil saat bermanuver di kecepatan tinggi.
Velg di model yang sekarang lebih sporty dan kulit bundarnya jauh lebih lebar. Pakai ban tubeless dengan ukuran 100/80-17 di depan dan 140/70-17 belakang. Dan bagian pengereman sudah mengadopsi cakram depan maupun belakang. Tentunya memberikan pengereman yang optimal.
Model ini tersedia tiga pilihan warna, ada Racing Yellow, Racing Blue, dan Racing Black. Dengan ubahan warna serta striping yang menempel pada bagian luar ini, selain menjadikannya tampil lebih fresh, juga membuatnya jauh lebih keren dibanding generasi sebelumnya
Dimensi |
|
Panjang |
1.990 mm |
Lebar |
725 mm |
Tinggi |
1.135 mm |
Berat Isi |
137 |
Jarak Terendah Ke Tanah |
155 mm |
Kapasitas Tangki BBM |
11 L |
Tinggi Tempat Duduk |
815 mm |
Sasis |
|
Tipe Rangka |
Delatbox |
Suspensi Belakang |
Link Monoshock |
Suspensi Depan |
Teleskopic Fork (Inverted) |
Sistem Rem Belakang |
Cakram |
Ukuran Ban Belakang |
140/70 – 17M/C 66S/Tubeless |
Ukuran Ban Depan |
100/80 – 17M/C 52P/Tubeless |
Mesin |
|
Jenis Mesin |
Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC, 4 Valve, VVA |
Isi Silinder |
155 cc |
Kompresi |
11.6:1 |
Sistem Bahan Bakar |
FI (Fuel Injection) |
Diameter x Langkah |
58,0 mm x 58.7 mm |
Transmisi |
Manual |
Daya Maksimum |
19 PS / 10.000 rpm |
Torsi Maksimum |
14,7 Nm / 8.500rpm |
Harga |
Rp 36.080.000 (standar) Rp 37.685.000 (Monster Energy Yamaha MotoGP Edition) |