Kawasaki J300. Dok.Kawasaki
Tersedia opsi mesin 125 dan 300 cc.
Dijual untuk pasar Eropa.
Kerja sama dengan Kymco.
Kawasaki dikenal akan produk-produk motor tipe sport dengan beragam model, tapi mereka juga punya produk motor matic lho!
Bahkan pabrikan geng hijau ini punya dua versi mesin, yakni 125 cc dan 300 cc. Dan tentu saja tak tersedia untuk pasar Indonesia.
Namanya adalah Kawasaki J125 dan Kawasaki J300, yang sering disebut pula dengan nama Ninja matic.
Gak heran karena jika dilihat dari depan, tampangnya memang kental dengan aura Ninja, terutama Ninja 250 FI. Tengok saja bentuk lampunya.
Namun secara keseluruhan sosoknya ini tampil dengan desain sporty dan juga agresif. Sudah sesuai dengan selera orang Indonesia nih!
Baca juga : Moge Murah Kawasaki Z900RS 2024 Tampil Kontras
Bagian tengah motor pun padat berisi, memiliki jok yang berundak serta garis bodi yang tegas dan penuh lekukan.
O iya, baik Kawasaki J125 dan Kawasaki J300 bisa dibilang saling berbagi desain ya, karena keduanya nampak mirip dan punya ukuran yang bongsor.
Dimensi bongsor ala matic Eropa.
Penerapan pelek palang lima pun jadi andalan, dengan kawalan suspensi depan teleskopik dan belakang model ganda dengan setelan preload.
Hanya saja bicara fitur motor ini masih kalah dengan kompetitor semisal Honda PCX atau Yamaha XMax .
Ini lantaran matic Kawasaki itu masih menggunakan lampu-lampu yang non LED, kecuali untuk lampu belakangnya.
Panel meter paduan analog dan digital.
Pun begitu juga dengan area panel meter yang masih analog, dengan paduan layar digital kecil di tengahnya.
Untuk jantung pacunya, pada sosok Kawasaki J125 mengandalkan spesifikasi 4-tak, SOHC, 1 silinder dengan pendingin cairan.
Baca juga : Perjalanan Kawasaki ZX130, Si Bebek Bertangki Nyeleneh Bertabur Fitur
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 12,9 PS pada 8.500 rpm, dengan torsi maksimal yang bisa menyentuh 10,7 Nm di 7.750 rpm.
Sedangkan pada Kawasaki J300, mesin 299 cc, SOHC 4 katup menjadi andalan sebagai sumber penggerak.
Mesin ada opsi 125 cc dan 300 cc.
Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan daya maksimal hingga 28 PS pada 7.750 rpm, serta torsi sebesar 28,7 Nm di 6.250 rpm.
Dan siapa sangka, untuk merakit motor maticnya ini, Kawasaki menggandeng Kymco , merek motor asal Taiwan yang memang piawai meracik skuter.
Maka tak heran pada beberapa bagian terdapat ciri-ciri merek Taiwan tersebut, misalnya bentuk dan desain rumah kunci kontak.
Disebut tak akan masuk Indonesia.
Pun begitu pula dengan windhsield tinggi, bening dan fix tanpa setelan. Lalu desain jok berundak hingga bentuk cakramnya.
Selama ini pihak Kawasaki Motor Indonesia memang selalu menampik jika pihaknya akan memasuki segmen ini, karena mereka fokus pada motor tipe sport.
Tapi siapa tahu, dengan penjualan motor matic yang banyak dan menggiurkan di Indonesia, akan menggoda Kawasaki untuk ikut meramaikan persaingan.