Vespa Primavera 150 i-Get ABS yang tampil klasik dan feminim
Dibekali mesin 150 cc, SOHC, 3 katup, pendingin udara
Karakter mesin smooth dengan vibrasi yang minim
Salah satu line up Vespa yang khas akan karakter yang elegan juga klasik ada pada Vespa Primavera. Pertama bisa dilihat dari pilihan warna yang dihadirkan, sebagian besar menggunakan warna-warna yang soft, cocok dengan tampang kalemnya.
Seperti warna Green Relax, Orange Tramonto, dan Grey Materia yang hadir pada varian Primavera 150 i-Get ABS dan warna Beige Avvolgente, Blue Estroverso, Grey Delicato, dan White Innocenza pada varian Primavera S 150 i-Get ABS.
Selain ciri warna yang soft, Primavera juga punya ciri desain lampu utama yang membulat sehingga memberikan kesan yang lebih elegan. Desain pelek yang digunakan juga lebih feminim, mirip seperti bunga yang sedang merekah.
Ragam warna Vespa Primavera S 150 i-Get ABS 2022
Elegan banget kan? Meski begitu Primavera disematkan dengan mesin 150 cc i-Get, sama seperti yang digunakan pada Sprint 150 cc i-Get. Tipe mesinnya 4 tak, satu silinder, SOHC 3 katup, dan berpendingin udara.
Piston yang digunakan berdiameter 58 mm dengan kombinasi langkah 58,6 mm membuat kapasitas mesin murninya 154,7 cc. Klaim tenaga maksimalnya 11,8 ps di 7.500 rpm dengan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm.
Salah satu warna Primavera 150 i-Get ABS 2022 yang terasa 'segar'
Memang jika dibandingkan dengan mesin matic merek Jepang, klaim tenaga maksimal yang dihasilkan Primavera ini bisa dibilang tidak terlalu besar. Terlebih harus menopang berat dari bodi besi yang juga menjadi bagian dari rangka monokoknya.
Jadi wajar kalau karakter mesinnya terbilang lembut, tidak terlalu responsif tapi terus mengisi hingga kecepatan penuh. Vibrasi dari mesin juga minim meskipun berkendara di kecepatan tinggi.
Mesinnya punya karakter tenaga yang smooth namun terus mengisi
Begitu pula dengan suara yang dihasilkan oleh mesin dan knalpot terasa begitu senyap. Salah satunya karena teknologi i-Get yang diusung yang merupakan kepanjangan dari Italian Green Experience Technology.
Sistem suplai bahan bakar karburator sudah lama digantikan dengan sistem injeksi elektronik tipe close loop lengkap dengan barometric sensor. Ini membuat suplai bensin dan pembakaran jadi lebih baik.
Dengan segala teknologi tersebut, menurut data spesifikasi Vespa Primavera 150 i-Get ABS punya standar emisi gas buang Euro 3.
Bagasi di bawah joknya cukup luas beralaskan karpet
Fitur Modern Vespa Primavera 2022
Untuk memberi kesan modern, banyak perangkat kekinian yang ditanamkan pada matic ini. Seperti lampu utama yang sudah pakai teknologi LED baik lampu dekat maupun lampu jauh.
Spidometernya kombinasi analog dan digital
Spidometer kombinasi analog sebagai penujuk kecepatan dan digital untuk odometer, trip, juga jam. Di dalam laci depannya, terdapat glove box yang juga tersedia USB port untuk mengisi daya smartphone.
ABS 1 channel disematkan di Primavera 150 i-Get ABS 2022
Membuka jok lebih mudah tanpa perlu memutar atau mencabut kunci kontak, pengendara hanya perlu menekan tombol pembuka jok elektrik yang ada tepat di sebelah kunci kontak.
Untuk fitur keamanan, matic ini sudah dibekali immobilizer pada kunci kontak dan Anti-lock Braking System (ABS) 1 channel yang menjaga roda depan tidak terkunci saat melakukan pengereman keras.
Perkara harga, Vespa Primavera 2022 kini dibanderol dari Rp 47,7 juta sampai Rp 50,2 juta on the road Jakarta. Tinggal pilih deh sesuai budget mau yang mana.
Spesifikasi Vespa Primavera 150 i-Get ABS
Mesin
i-Get 4 langkah, satu silinder, SOHC, 3 katup, pendingin udara
Kapasitas mesin
154,8 cc
Tenaga maksimal
11,8 ps @7.500 rpm
Torsi maksimal
12 Nm @5.000 rpm
Sistem pembakaran
Injeksi elektronik
Sistem transmisi
CVT
Suspensi depan
Lengan tunggal dengan pegas helikal dan peredam kejut hidrolik tunggal dengan aksi ganda
Suspensi belakang
Peredam kejut hidrolik tunggal dengan 4 tingkat setelan kekerasan