Spesifikasi Yamaha Aerox 2020, Skutik dengan Performa dan Rasa Motor Sport
Yongki Sanjaya · 5 Nov, 2020 16:30
0
0
PT Yamaha Indonesia Motor Mfg di hari Senin kemarin meluncurkan All New Aerox 155 Connected secara virtual. Kehadiran All New Aerox 155 Connected menjadi jawaban atas kebutuhan mobilitas mereka yang berjiwa muda.
Skutik ini menghadirkan peningkatan di sisi desain, fitur, maupun performa dalam menghadirkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan. Di Indonesia, kehadiran sepeda motor skuter matik bergaya sport memang tak banyak.
Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2016, Aerox 155 diciptakan untuk mengakomodir konsumen yang ingin skutik dengan tampilan motor sport. Lekuk-lekuk bodi di Aerox yang agresif yang membuatnya kental aura racy.
Desain X-shape menegaskan konsep crossover, perpanduan antara motor sport dan skuter. Lekuk bodi X-shape semakin tegas menonjol di bagian tengah motor. Kerennya, Aerox ini memiliki kepraktisan tinggi dan nyaman dipakai harian.
Melihat sosok Yamaha Aerox 2020, pada bodi depan nampak lebih lebar, karena bagian fairing dibuat sedikit menonjol keluar. Headlamp LED ukurannya kini lebih besar, dan di atasnya ada LED DRL yang terpisah 2 bagian, membuatnya jadi seperti alis.
Posisi lampu sein mengikuti gaya Maxi Yamaha, terletak di fairing terluar dan posisinya agak di bawah. Sayangnya lampu sein Aerox 155 Connected masih pakai bohlam sehingga kesan modern kurang totalitas.
Desain belakangnya ikut berubah, kini layaknya motor sport yang meruncing dan tinggi. Ukuran bodi belakang juga dibuat lebih pendek dan sedikit lebih tipis. Lekuknya mirip diffuser, yang dipercantik lampu belakang lebih tipis dan tajam.
Fitur Canggih Yamaha Aerox 2020, Panel Instrumen Bisa Terkoneksi Smartphone
Ini dia fitur yang bisa dibanggakan dari Yamaha Aerox terbaru. Skutik ini jadi yang kedua setelah All New NMAX, yang memakai teknologi Connected.
Dengan terkoneksi lewat Bluetooth, pengguna bisa memantau beragam informasi dari ponsel melalui layar instrumen di motor. Kita bisa mengetahui ketika ada notifikasi telepon dan pesan masuk dengan melihat dashboard motor.
Sebaliknya, aplikasi di smartphone yang kita gunakan bisa memberikan informasi konsumsi bahan bakar, informasi lokasi parkir terakhir, waktu perawatan seperti oli dan aki, notifikasi malfungsi dan fitur Revs Dashboard.
Spesifikasi Mesin Yamaha Aerox 2021 Makin Bertenaga, Didukung Tangki Lebih Besar
Dapur pacu All New Aerox 155 Connected sekarang pakai mesin yang baru. Menurut pihak Yamaha, mesin yang digunakan sejenis dengan All New NMAX.
Tenaga yang mampu dihasilkan kini mencapai 15,1 dk @ 8.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 Nm @ 6.500 rpm, atau ada kenaikan tenaga 0,3 dk dari versi lama.
Untuk ukuran bore x stroke mesin Aerox memang masih sama dengan versi sebelumnya. Perubahan terjadi pada area dome piston lebih tinggi. Ini membuat rasio kompresi juga bisa lebih tinggi, sekarang mencapai 11,6:1 lebih tinggi dari model sebelumnya yang hanya 10,5:1.
Kenaikan rasio kompresi ini secara instan meningkatkan power mesin. Pastinya, jenis bahan bakar juga ikut naik nilai oktannya. Kali ini memakai RON 95 setara Shell V-Power atau Performance 95.
Bicara soal bahan bakar, tangki penyimpanan juga diperbesar. Kapasitas tangki All New Aerox 155 Connected kini 5,5 liter atau naik 0,9 liter dibanding model sebelumnya yang cuma 4,6 liter.
Posisi Berkendara Ala Motor Sport
Sejatinya, Yamaha Aerox adalah motor skutik. Tapi, postur dan gaya berkendara mirip seperti motor sport. Artinya, pengguna Aerox ini bisa merasakan sensasi berkendara ala motor sport tapi jauh lebih praktis.
Karena skutik, jadinya pengendara cukup gas dan rem saja. Pijakan kakinya memanjang, dengan bagian belakang ada permukaan kasar sehingga posisi kaki bisa mundur dan bisa untuk cornering.
Tidak Sepadan, Rival Yamaha Aerox Cuma Honda Vario 150
Salah satu hal yang jadi nilai lebih dari Yamaha Aerox 2020 yaitu tidak memiliki lawan sepadan dari merek lain. Rival terdekatnya hanyalah Honda Vario 150 yang secara spesifikasi sedikit tertinggal.
Semestinya, lawan Aerox secara global yaitu Honda Air Blade tapi skuter itu tidak masuk Indonesia. Vario 150 jelas bukan lawan seimbang karena bukan sebagai skutik sport seperti Aerox.
Honda Vario 150 hadir sebagai skutik flatdeck performa tinggi dengan mesin 150cc. Honda menyediakan opsi 150 cc pada Vario untuk pengendara yang ingin skutik harian yang lebih bertenaga.
Pasalnya, mesin 150 cc milik Vario hanya menghasilkan tenaga maksimum 9.7 kW (13.1 PS)/8500 rpm dan torsi 13,4 Nm/5.000 rpm. Tenaganya selisih 1,6 kW dibandingkan Aerox 2020. Itulah mengapa, Honda Vario 150 cuma dapat mencapai top speed 105 km/jam dalam kondisi standar.
Honda Vario 150 lebih fokus sebagai skuter harian yang hadir dengan bagasi luas 18 liter. Ukuran bannya juga cukup besar dan lebar, bagian depan 90/80 dan belakang 100/80 untuk kenyamanan dan kemudahan bermanuver.
secara harga, kedua model ini selisihnya sangat sedikit. Memang, Aerox lebih mahal daripada Vario 150 tapi sepadan dengan fitur yang diberikan.
Harga Honda Vario 150 2020
Vario 150 Exclusive Rp. 24.150.000
Vario 150 Exclusive Matte Black Rp. 24.300.000
Vario 150 Sporty Series Rp. 24.300.000
Harga Yamaha Aerox 2020
All New Aerox 155 Connected/ABS Rp 29.000.000
All New Aerox 155 Connected Rp 25.500.000.
Kesimpulan
Yamaha Aerox kini makin canggih dan berkarakter layaknya motor sport modern dalam wujud skutik. Untuk tipe standar, harganya beda tipis dengan Honda Vario 150. Sekalipun selisihnya cuma Rp 1,2 juta, Yamaha Aerox 2020 menyuguhkan fitur lebih canggih dan desain motor yang sporty.
Aerox dengan gaya agresifnya akan sangat cocok dengan karakter anak muda kekinian. Kini, banyak anak muda yang ingin motor bergaya balap namun enggan repot main kopling. Aerox sebagai skutik jelas bersahabat dengan berbagai karakter pengendara.
Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget.
FB:Yongki Sanjaya Putra